Google Rilis Web Domain Baru .zip yang Bikin Netizen Bingung

Google Rilis web domain

Tidak biasanya kita melihat sebuah web domain baru di era internet yang mulai merata ini. Karena pengaruh domain dot com yang sudah terpatri di benak kebanyakan orang. Hadirnya domain baru tentu butuh sebuah alasan yang jelas agar orang mau menggunakannya.

Google sepertinya punya ide akan itu dan merilis sebuah web domain baru yang bisa dikatakan membuat netizen yang menanggapinya sedikit bingung. Domain baru Google .zip ini akan dijual dengan harga mulai 15 Dollar per tahun dan mulai membuat orang bertanya-tanya apa alasan dibalik pemilihan nama ini.

Google Rilis Web Domain Baru .zip

Google .zip domain TLD yang membingungkan

Salah satu hal yang menjadi kebingungan dan kekhawatiran netizen adalah domain baru itu menggunakan akhiran yang sama persis dengan ekstensi file .zip sebuah format untuk kompresi data. Sehingga hal ini menimbulkan bentrok antara kedua penamaan yang 100% mirip. 

Penamaan yang mirip dengan format file ZIP

Bisa saja hal ini menimbulkan kesalahpahaman pada pengguna nantinya ketika ingin mendownload file berekstensi .zip malah ditujukan ke sebuah website. Mengingat link phising sangat merajalela belakangan ini, kesalahpahaman tersebut sangat mungkin terjadi.

Khawatir Google .zip akan Jadi Metode Phising Baru

Metode phising ditakutkan akan gunakan domain baru Google

Netizen juga banyak yang tidak setuju dengan top level domain (TLD) yang dirilis Google ini dan mengatakan jika sebenarnya web domain TLD .zip adalah hal yang tidak perlu ada. Banyak yang mengatakan itu adalah desain yang buruk karena akan menimbulkan kebingungan pada pengguna nantinya.

Namun tidak semua yang menganggap ini akan sebuah ancaman. Salah satunya adalah pegawai Microsoft Troy Hunt serta pencipta HaveIBeenPwned yang mengatakan “manusia memang buruk soal URL dan TLD tidak akan mempengaruhinya.” Menurutnya orang kebanyakan tidak akan mengetahui jika link yang mereka kunjungi itu asli atau palsu. Hanya saja situs web berakhiran .zip itu sudah terlalu melekat dengan sebuah format file.

Jadi untuk sekarang, sebaiknya pengguna internet dan netizen harus lebih waspada lagi dan jangan sembarang klik link yang aneh-aneh karena ancaman phising selalu ada dan selalu berkembang.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version