GPU Palsu – Pengertian, Resiko, dan Cara Menghindarinya

in , ,

GPU palsu, mendengar istilah ini mungkin buat para PC enthusiast di sini bakalan ketawa cringe. Nggak bisa dipungkiri, kehadirannya emang ganggu dan kesannya konyol banget kalo ada orang yang ampe beli GPU model ginian.

But, what if I tell you ternyata masih ada orang yang terlanjur ketipu salah beli GPU seperti ini! Nah, ketimbang ada korban lain yang berjatuhan, kami rasa perlu untuk publish artikel ini sebagai pengingat memori dan edukasi khususnya buat yang belom tau.

So without further ado, let us begin.


Apa Itu GPU Palsu?

Sebelum kita masuk lebih dalem ke artikel ini, ada baiknya kita satukan mindset dulu (halah) tentang fake GPU/GPU tipu-tipu/kawe-kawean ini. Hal ini penting biar nggak ada salah persepsi diantara masyarakat (kek stigma bottleneck misalnya).

ya ginian juga bukan gpu palsu kalik

Oke, here goes

Sebenernya statement “GPU Palsu” disini nggak bisa dibilang tepat sih, karena gpu-gpu palsu tersebut sebenarnya juga dulunya lahir sebagai GPU official produksi Nvidia/AMD. Namun, yang bikin mereka “palsu” dan “nipu” adalah para produsen licik dibalik upaya “pendaur ulangan” GPU lawas tersebut. Dosa besar yang mereka lakukan adalah mereka mengambil stok GPU lawas tersebut, lalu memodifikasi softwarenya sedemikian rupa hingga muncul dalam sistem sebagai GPU baru.

Contoh aja nih, penulis sebagai produsen nakal punya stock GPU Nvidia GT 730 yang pengen dijual. Tapi, dengan akal bulus penulis, GPU tersebut kita modifikasi vBios nya sehingga sistem akan mengenali GPU tersebut sebagai GTX 1050. Dengan begitu, kita sukses mengelabui pembeli untuk percaya bahwa GPU tersebut adalah GTX 1050

Contoh vBios yang dimodifikasi

Karena aspek hardware tidak disentuh sama sekali, maka Performa GPU tersebut akan tetap sama, tanpa adanya peningkatan sedikitpun. Hal ini jadi masalah besar, karena GPU tersebut bakal perform sebagaimana GT 730 akan bekerja, bukan GTX 1050. Disinilah aspek penipuannya muncul, karena kita goblok-goblokin pembeli yang order GPU kita, believing kalo GPU itu GTX 1050, padahal aslinya cuman GT 730.


Kenapa GPU Palsu Banyak?

ya apalagi si kalo bukan duit, hoam

Ini pertanyaan receh si, cuman ada alasan kuat kenapa GPU palsu marak banget. Jualan GPU palsu kek gini profitnya luar biasa banyak. Bayangin, kalian cuman butuh GPU ampas, mod bios (biar kedetek jadi GPU baru), rebrand fisik dikit, and viola! GPU lawas yang aslinya worthless bisa dijual lagi dengan harga at least $50! Siapa yang nggak mau?

Sumber dari GPU bahan ginian bisa didapet dimana-mana. Karena teknologi always evolving, maka GPU lawas dari tahun berapapun aja bisa dijadiin tumbal. Selama ada supply GPU seken dan adanya pembeli yang clueless plus penegakan hukum yang kurang, rasanya kecil kemungkinan model bisnis ginian bakalan surut.


Ciri-Ciri GPU Palsu

1. Brand Gak Jelas

Packaging GPU Palsu
Contoh SUPER OBVIOUS packaging GPU palsu

Oke walaupun ini obvious banget, nyatanya masih ada orang yang kena jebakan betmen model ginian. As you know, kebanyakan GPU sekarang jarang sekali dijual langsung ama pabrikan GPU tanpa melalui OEM tertentu (kecuali Founder Edition card misalnya).

Maka dari itu, pay extra attention buat GPU non FE yang nyantumin nama NVIDIA secara terang terangan di kardusnya tanpa embel-embel lain, kemungkinan besar GPU itu palsu.

Selain itu, hati-hati ama merek yang kalian nggak familiar ato nggak keluar di AIB list dari manufaktur GPU. Walau bukan berarti yang nggak terdaftar itu palsu, ada baiknya kalian double check ama populasi GPU tersebut di internet. Toh, kalo GPU kalian juga terlalu rare ntar kalo mau diagnosis problem ato warranty claim juga bakal repot kan.

2. Harga Gak Masuk Akal

Yakali 2019 jual 1050ti cuman 500k doang

Let’s face it, pepatah “ada harga ada rupa” emang nggak pernah boong. Salah satu cara paling mujarab buat pastiin itu GPU asli ato aspal bisa diliat langsung dari harganya. Kalo emang harganya JAUH dibawah pasar, (even mau pasaran GPU seken pun) bisa dipastikan itu sellernya ngga bener.

But, what if orangnya emang beneran butuh duit trus ngejual murah banget? Well, kalo kalian decided to take the risk, pastiin kalian dapet garansi retur or uang kembali kalo itu GPU nggak sesuai as advertised. Kalo nggak gitu, jangan mau ambil, simpel kan?

3. Spesifikasi Nggak Cocok Ama Tech Sheet

Ini nih yang penting banget. Karena GPU palsu cuman GPU lawas modifan sedemikian rupa, maka spesifikasinya nggak akan sama dengan GPU yang mereka jadiin patokan. Contoh aja kita bandingin GT 730 vs GTX 1050 tadi. GT 730 dengan kode GF108 memiliki shader core sebanyak 96 unit saja, sedangkan GTX 1050 (dengan kode GP107) yang dicontek punya shader core 640 unit! Itu baru CUDA cores nya aja loh! belum clockspeed, tipe memory, dan lain sebagainya.

Spek lengkap GTX 1050

Kalian bisa lihat spesifikasi lengkap GTX 1050 diatas, lalu sekarang bandingkan dengan GT 730 dibawah.

Spek lengkap GT 730

Tanpa harus dijelaskan secara detail, terlihat perbedaan jelas antara kedua GPU tersebut di segala aspek. Itupun juga kita belom bahas teknologi baru yang dipunyai 1050 dibandingin 730, kek TXAA misalnya. So, nggak kebayang kan gimana njomplangnya sebuah GT 730 kalo disuruh ngaku-ngaku jadi GTX 1050?

4. Ngaco Kalo Dipake

Contoh artifuck artifact parah gegara chip GPU yang rusak

Ini salah satu efek dari penggunaan komponen daur ulang bin nggak standar itu sih. Besar kemungkinan para GPU palsu itu bakalan rewel kalo kalian pake, khususnya buat heavy load. Salah satu bukti nyata kebobrokan GPU palsu tersebut ya terjadinya artifact kek skrinsut diatas. Selain itu, GPU ga jelas tersebut biasanya juga pilih-pilih soal driver, a-k-a dia gabakal jalan kalo ngga pake driver bawaan. So, kalo CD driver GPU modifan gajelas bawaan box GPU kalian ampe ilang, yaa you’re shit outta luck deh.


Bahaya dan Kerugian Pake GPU Palsu

As you know, karena GPU palsu/kawe-kawean itu literally kek GPU refurbish + boongan (udah refub boongan pula), maka ada beberapa resiko yang (mungkin) bakal muncul ketika kalian pake GPU tersebut di sistem kamu. Berikut diantaranya:

1. Performa Ngga Sesuai

Ngakunya kencenk kok lemot

Karena GPU palsu dasarnya cuman GPU lawas yang “disamarkan” supaya seolah-olah terlihat baru, maka perbedaan performanya bakalan tetep kelihatan jelas. Asal kita tahu, chipset gak bakal boong kalo udah bicara performa. Maka dari itu, chipset boongan yang “menyamar” itu tadi pasti punya performa yang jauh lebih buruk ketimbang chipset asli yang diimpersonate.

Contoh dari perkataan kami bisa dilihat diatas. GPU GTX 1050 palsu yang didapat di eBay tersebut punya performa yang amat sangat jauh dibawah 1050 asli yang bisa mencapai 31 FPS. Sedangkan GPU kawe kawean tersebut cuman bisa gaspol ampe 7 FPS doang.

Dengan asumsi kedua GPU sehat tanpa overheat bin throttling, maka perbedaan kedua GPU tersebut udah sangat terlalu jauh untuk bisa dibilang margin benchmark. Satu satunya penjelasan logis dari grafis gak masuk akal itu ya karena yang eBay punya itu palsu. (duh)

2. No Official Support

Jangan harap dapet dukungan resmi dari Nvidia/AMD kalo pake GPU palsu. Hell!\, boro boro mau dapet support resmi dari produsen GPU kalo even MSI aja pernah melarang buat beli GPU di outlet tertentu karena ketauan palsu. Plus, anak-anak forum pastinya juga nggak bakal bisa bantu kalian kan kalo ada perkara ngga jelas ama kartu grafis kamu (secara GPU palsu juga jarang ada kembarannya).

So jawaban dari poin ini cuman 2. Either kalian keep baik baik itu isi kardus GPU palsu kalian ato siap-siap jadiin itu GPU buat ganjelan pintu kalo aja ada trouble tertentu, as they ain’t worth more than a pile of bricks.

3. Potensi Ngerusak

Press F to pay respect

Masalah artifact diatas bukan satu-satunya potensi kelainan yang ada didalam GPU palsu. Sekali lagi, karena alasan pemilihan komponen substandar tersebut, nggak nutup kemungkinan bahwa komponen-komponen GPU palsu bakal mengganggu part lain dalam PC kamu. Contoh paling gampang ya grounding listrik yang jelek bisa bikin short ato konslet, atau GPU overheat yang panasnya bisa merambat ampe SSD M.2 kamu! Ngeri juga kan kalo ampe kenapa-napa.

4. Kagol

Of course! siapa juga yang mau beli GPU palsu yekan? Selain rugi effort buat nyari, rugi nunggu, pusing-pusing troubleshoot, pastinya kalian juga rugi duit! Apalagi kalo abis itu tau kalo kalian bisa dapet GPU seken yesteryear yang lebih kenceng n jujur dengan harga yang sama! Lengkap deh penderitaannya.


Cara Avoid

Seenggaknya ada 4 step pengecekan yang bisa kalian lakuin untuk mastiin GPU kalian bukan abal-abal. Cara cara tersebut bisa kalian lakukan sebelum dan sesaat GPU pesenan kalian datang. berikut diantaranya:

1. Cek Reputasi

Yakali official store jualan gpu kawe kawean

First thing first, pastikan kalian beli di tempat yang bisa dipertanggungjawabkan barang jualannya. Ada baiknya kalian keluar duit agak banyak buat cari aman ketimbang hemat ratusan ribu tapi beresiko dapet kawe kawean. Atau, pastikan toko yang kalian beli punya garansi perlindungan konsumen or semacamnya, supaya kalo ada kenapa-napa bisa kalian klaim.

Selain itu, pilih distributor yang track record nya jelas juga ngga rugi loh! Hal itu buat menjamin peace of mind kamu selama punya GPU tersebut. Siapa tau kan kalian bisa klaim garansi kalo-kalo ada musibah update driver bikin brick GPU lagi.

2. Cek Fisik

Next order of business tentunya ya barangnya sendiri. Ketika GPU pesenan kalian sampai, langkah paling gampang yang bisa kalian lakuin adalah cek fisik GPU kalian secara visual. Walaupun kasus GPU rip off yang shroud nya ampe bisa mirip itu jarang sekali tapi nggak ada salahnya kalian ngecek. Minimal barang yang kalian terima emang bener-bener sesuai kondisi (baru/bekas) and tipe GPU yang dipesen juga ngga salah kirim.

Kode chip GPU

Kalau kalian mau cek fisik ekstrim and nggak sayang garansi (ato skeptis banget kalo itu GPU bau baunya kawe), kalian bisa aja copot heatsink, trus bersiin thermal paste buat tau kode GPU kamu. Kode yang muncul seperti gambar diatas merupakan kode serial number GPU yang bisa kalian search melalui GPU database. Sebagai contoh, GP104 diatas merupakan kode buat GPU GTX 1060, jadi jika kalian temui kode itu di 1060 kalian maka you’re on the right track.

Eit, jangan lupa buat reapply thermal paste yak kalo kalian abis lakuin hal diatas, kalo ngga ntar GPU kamu bisa overheat loh!

3. Cek Via Software

Nah, sebenernya ada cara simpel sih buat tau kode GPU kalian tanpa harus copat-copot heatsink kek diatas. Salah satunya pake app seperti GPU-Z buat analisis spek secara mendetail. (by the way, kita pernah bahas ini di artikel yang dulu-dulu loh)

Kiri: 1070 Ti asli | Kanan: 1050 Ti palsu

Khusus di GPU-Z, dia bisa langsung identifikasi suatu GPU palsu kalo emang itu emang keliatan banget. Kalo itu belom cukup, kalian juga bisa lakuin verifikasi ekstra step melalui data-data yang ditampilin di aplikasi mereka. Lalu, kalian bisa cocokin data yang keluar di layar kalian ama data yang ada di GPU database yang udah disebut diatas.

Tapi jangan percaya gitu aja sih kalo identifikasi lewat software model begini, karena bisa jadi ada pabrikan nakal yang udah lumayan jago buat otak atik parameternya. Bahkan, ada juga yang ampe ngelabuin tipe gpu nya juga loh! Maka dari itu, aspek lain seperti clockspeed serta jumlah Raster Operations Pipeline dan Texture Mapping Unit yang berbeda jauh juga harus diperhatikan.

Kalau andaikata detek lewat software ngga mempan, maka cara terakhir kami adalah..

4. Cek Performa Lewat Benchmark

Ini step terakhir yang biasa penulis lakuin kalo emang nggak percaya banget ama suatu GPU. Yup, performa ngga bisa boong. Kalian bisa aja bikin replika Agera pake basis Avanza, tapi sekalinya diajak tarik tarikan pasti bakal ketauan kalo itu mobil bukan Koenigsegg kan?

Nah, prinsip yang sama bisa kita apply disini. Mau serapi apapun itu GPU, ampe mod bios + shroud miriiip banget ama yang asli pun kalo emang chipsetnya pelan ya bakalan pelan ketika di benchmark.

Contoh hasil benchmark

Trus gimana caranya? gampang! Kalian cukup download app buat benchmark GPU kalian (kita pake 3dmark), run benchmarknya, trus bandingin deh skor yang kalian dapetin sama yang ada di database result GPU yang kamu punya.

Kalo GPU kalian asli, maka skornya nggak bakal jauh-jauh ama rata-rata yang biasanya orang lain dapetin. As expected, jika GPU kalian palsu, maka skor kalian juga bakal anjlok.

Sebagai contoh,dengan skor 3dmark SkyDiver sejumlah 13K sekian, GPU kami menduduki peringkat #19 dari seluruh GTX 950M yang dites saat artikel ini ditulis. Itu berarti kemampuan GPU kami sudah memenuhi ekspektasi yang diharapkan dari sebuah chipset GM107.

Namun misalnya, jika skor benchmark kami menunjukkan hasil yang jauh lebih rendah (misal 4384) maka ada yang tidak beres dari sistem kami, baik itu masalah overheat hingga throttling, driver issue, atau vga kami ternyata palsu.


Kesimpulan

So itulah beberapa hal yang bisa kita sampaiin tentang GPU palsu. Jika kalian merasa jadi korban salah beli GPU palsu kek gini, segera hubungi seller yang bersangkutan. Sukur-sukur mereka juga ngga berniat untuk ngerugiin kamu and minimal kalian dapet refund ato dikasi GPU yang sesuai.

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person