GTX 1650 Masih Jadi Andalan Kaum Rakit PC Budget, Kok Bisa?

Gtx 1650

GTX 1650 – Membeli kartu grafis atau sebutan awam VGA kini sudah semakin mudah. Setelah demam cryptomining yang mereda akibat Ethereum yang kini sudah habis masa mining-nya. Para penambang terlihat berbondong-bondong menjual mesin mining mereka karena tidak bisa mendapatkan cuan.

Hilangnya miners berarti kartu VGA kembali menjadi properti pemilik aslinya, yaitu gamers. Perlahan-lahan harga kartu grafis menurun kembali normal. Pasar juga dibanjiri dengan banyaknya VGA ‘bekas mining’ yang dijual harga miring.

Gamer dengan gembira menyambut anjloknya pasar kripto dan mereka yang punya bajet pas kini sudah bisa membeli VGA dengan harga ‘ngotak’ alias tidak di-markup hingga 100% seperti sebelumnya.

GTX 1650 Masih Populer di Kalangan Gamer Merakit PC Budget

VGA GTX 1650

Salah satu kartu grafis yang cukup menjadi incaran gamer adalah kartu grafis mid range dari kubu hijau, GTX 1650. Selain soal harga GTX 1650 yang sekarang sudah lumayan terjangkau, apa saja faktor para gamer masih memilih kartu grafis kelas menengah dari NVIDIA ini. Apakah memang masih reliable buat ngangkat game-game baru di akhir tahun 2022 (saat artikel ini ditulis). Mari kita ulik bersama.

Spesifikasi GTX 1650

Spesifikasi GTX 1650

Awalnya hadir dengan VRAM GDDR5 berukuran sebesar 4gb yang kemudian direvisi oleh NVIDIA menggunakan GDDR6 dengan kapasitas yang sama. Dikarenakan versi GDDR5 sudah tidak tersedia lagi di pasaran, artikel ini hanya akan membahas versi GDDR6 saja agar lebih relate dengan stok baru di pasar.

Mengusung Base Clock 1.410Mhz dengan Boost Clock 1.590Mhz, VRAM 4gb, dan Memory Bandwidth 128-bit. Dengan spesifikasi diatas tentu sudah cukup baik dari segi harga yang ditawarkan terlebih jika kalian ingin adu head to head dengan brand kompetitor AMD RX 6500XT yang memiliki harga mirip walau masih lebih unggul tim merah dalam urusan gaming karena punya clock speed lebih tinggi.

Namun absennya hardware encoder dan juga hanya menggunakan PCIe 4.0 x4 tentu menghambat kalian yang ingin bermain game sambil streaming. Alternatif lain adalah memilih kartu grafis ini dengan mengorbankan sedikit frame per second, kalian sudah mendapatkan paket lengkap namun masih menggunakan PCIe gen 3.

Masih Mampu Melibas Game Terbaru Walau Penuh Kompromi

Mampu melibas game e-sport

Yah memang kita tidak bisa meminta terlalu banyak apalagi dengan harga 2 jutaan seperti ini. Bermain game Triple A terbaru dengan grafis Low sampai Medium di resolusi 1080p asal bisa playable sudah cukup senang bagi pengincar VGA bajet.

Kita yang berada di range harga segini memang tidak perlu yang namanya Ray Tracing, DLSS (walau sebenarnya jika ada bisa sangat membantu), atau berbagai istilah-istilah marketing lainnya.

Kartu grafis ini sudah mampu melibas game e-sport seperti Valorant, Apex Legends, Dota 2, CS:GO, Overwatch, dan PUBG Battlegrounds dengan lancar. Tidak jarang pula fps yang dihasilkan bisa diatas 60 terlebih jika kalian menggunakan settingan grafis medium atau low

Sedangkan untuk game triple A terbaru mungkin sudah agak kesulitan menjaga frame sampai 60fps. Asal kalian masih nyaman dengan 30fps, GTX 1650 ini terbukti bisa jadi daily driver sebagian gamer yang punya bajet pelajar. Toh masih banyak  juga gamer yang betah dengan 30fps gaming.

Solusi Alternatif Lainnya Selain GTX 1650

Keluarga GTX 1650 Series dan GTX 1050

Sebenarnya selain RX 550, tidak banyak yang bisa jadi referensi beli dengan harga yang sama. VGA yang paling mendekati mungkin hanya GTX 1650 Super yang sudah mulai turun harganya. Dengan harga 3 juta Rupiah bisa menjadi alternatif pilihan jika mengincar 1080p gaming lebih powerful.

Pilihan pada sisi mobile juga tersedia GTX 1650 Ti yang untuk saat ini sudah tergantikan oleh RTX 3050 mobile. Sedangkan range 3 jutaan keatas untuk desktop sudah diisi oleh GTX 1660 Super dan Ti. Jika kalian memang sanggup menambah bajet lebih dari 1 juta yang penulis rasa cukup berat untuk pengejar build bajet, seri 1660 bisa jadi pertimbangan.

Kesimpulan

Masih worth it?

Sebenarnya membahas VGA GTX 1650 ini adalah hal yang menarik. Walau performa yang tidak kencang-kencang amat, masih bisa merajai popularitas di Steam Hardware Survey bulan November yang kalian bisa baca artikelnya di sini. Bukti bahwa era GTX 1060 telah berakhir dan gelar raja VGA bajet kini dipegang oleh GTX 1650.

Mungkin karena itu juga VGA ini banyak dicari oleh gamer karena tak hanya cukup reliable, stok generasi sebelumnya juga sudah menipis kalau tidak habis dipasaran serta harga GTX 1650 yang relatif rendah di angka 2 jutaan saja. Oleh sebab itu, GTX 1650 bisa dengan gampang penulis rekomen untuk kalian yang punya bajet 2 jutaan dan ingin icip-cip game e-sport terbaru.

Bagaimana tanggapan kalian terhadap GTX 1650 ini, apakah sudah bisa disebut sebagai lord cesplenk mk.II?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version