Hindari DMCA, Twitch Ganti Konser Metallica di BlizzCon dengan Musik Bebas Royalti

in ,
Image 80

Hukum copyright itu memang merepotkan, bahkan sang pemiliki properti sendiri dibuat kesulitan untuk menunjukan karyanya di internet. Apa yang dialami Metallica di konser virtual selama acara BlizzConline 2021 menjadi contoh terbaru.

Pada pertengahan acara, Metallica tampil memainkan lagu ‘For Whom the bell Tolls‘. Apabila kamu menonton di Youtube atau dari channel Twitch dari Blizzard, maka kamu akan mendapatkan pengalaman konser singkat yang penuh, namun fenomena menarik muncul dari livestream di channel resmi Twitch Gaming.

Apabila kamu menonton konferensi tersebut di channel Twitch Gaming, maka kamu akan sadar bahwa sesudah pembuka lagu, audio konser langsung dimatikan dan diganti dengan melodi bebas royalti. Dapat dipastikan bahwa hal ini dilakukan untuk menghindari larangan DMCA.

Twitch punya sejarah buruk dengan cara mereka mengurus DMCA. Banyak streamer yang terkena blokir karena memutar lagu atau video dengan copyright. Twitch hanya dapat menyarankan para streamer untuk hindari memainkan lagu apapun dengan hak cipta bahkan jika itu datang dari game yang mereka mainkan. Tampaknya mereka konsisten dengan aturan tersebut karena di livestream yang ditayangkan di channel resmi mereka sendiri, mereka tak mau berurusan dengan DMCA.

Keputusan mematikan audio konser dan menggantinya dengan musik bebas royalti ini tentunya memancing respon menarik dari penonton. Banyak yang hanya dapat tertawa dan memberikan komentar sarkastis seperti “Ini trap remix baru Metallica” atau “Ini beneran lagu yang gua ingat”.

Mesin pendeteksi DMCA memang sangatlah rancu. Memang penting untuk melindungi properti karya seseorang, namun mayoritas lebih banyak muncul permasalahan yang tidak terduga ketimbang pelanggaran hak cipta sesungguhnya. Streamer hanya dapat menerima peraturan yang ada karena Twitch tidak memiliki solusi yang lebih baik dalam menghadapi masalah ini.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.