Iklan di Game Roblox akan Disembunyikan untuk Pemain di Bawah Umur 13 Tahun

Iklan Di Game Roblox

Iklan Game Roblox – Salah satu cara bagi game dengan sistem free to play untuk menghasilkan keuntungan, adalah mengandalkan iklan sehingga pihak penyedia iklan akan membayar developer/publisher game bedasarkan penayangan iklannya. Namun, terkadang iklan yang ditampilkan cukup menganggu, entah misleading/clickbait, muncul terus – menerus (spam), ataupun tidak bisa di-skip sama sekali dengan durasi yang cukup lama.

Salah satu game free to play yang cukup populer di kalangan anak – anak, yaitu Roblox, juga menerapkan hal yang sama, yaitu juga menaruh iklan saat didalam game. Namun, dikarenakan iklan tersebut tidak dikontrol dengan ketat, maka muncul sebuah peraturan baru yang dibuat oleh Roblox untuk membatasi munculnya iklan di gamenya.

Iklan di Game Roblox akan Disembunyikan untuk Pemain Dibawah Umur

Iklan Game Roblox akan Dibatasi

Organisasi Truth in Advertising yang bergerak dalam pengawasan bidang periklanan, melayangkan komplain/keluhan kepada FTC (Federal Trade Commision) terkait iklan di game Roblox dengan target kepada anak – anak. TINA menyatakan bahwa game yang mirip Minecraft ini tidak membuat sebuah ‘pagar pembatas’ untuk iklan yang akan ditayangkan untuk anak – anak.

Periklanan diam-diam didorong di banyak jutaan konsumen, termasuk lebih dari 25 juta anak-anak dan remaja, oleh banyak perusahaan dan influencer avatar mereka. Penipuan digital semacam itu mungkin terjadi karena Roblox gagal membangun pagar pembatas yang penting untuk memastikan kepatuhan terhadap kebenaran dalam undang-undang periklanan.

TINA (Truth In Advertising)

Setelah muncul keluhan ini, akhirnya game ini mulai menentukan iklan apa saja yang akan dilarang untuk ditayangkan kepada pemain atau player dibawah umur 13 tahun melalui kebijakan barunya yang sudah dirilis pada website resminya.

Beberapa Jenis Iklan yang Dibatasi

Iklan Roblox Dibatasi untuk Pemain Umur 13

Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang dilarang untuk ditampilkan kepada pemain yang dibawah umur 13 tahun :

  1. Iklan yang meminta sumbangan amal
  2. Iklan yang mempromosikan MLM (Multi Level Marketing) baik secara perusahaan maupun produk
  3. Iklan yang mempromosikan pelayanan finansial
  4. Iklan yang mempromosikan kripto dan NFT

Bagaimana menurut kalian? Apakah hal ini diperlukan untuk membatasi iklan yang akan tampil kepada pemain dibawah umur? Atau menurut kalian, ini terlalu berlebihan? Berikan pendapat kalian.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita GameRoblox, atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version