Elon Musk Klaim Implan Chip Neuralink Pertama ke Otak Manusia Berjalan Lancar

Implan Chip Neuralink

Implan Chip Neuralink

Teknologi layaknya film Sains fiksi memang terdengar sulit untuk bisa diwujudkan dalam dunia nyata. Salah satunya seperti menggunakan otak sebagai komputer untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Jika beberapa puluh tahun lalu ini hanya sekadar fiksi, mungkin dalam beberapa tahun terakhir, hal semacam ini akan mulai direalisasikan.

Hal mustahil macam inilah yang sedang dicoba oleh Elon Musk. Lewat perusahaan Neuralink miliknya, ia mencoba untuk melakukan implan chip ke otak manusia dan beberapa saat lalu sedang mencari sukarelawan.

Elon Musk Katakan Implan Chip Neuralink ke Otak Manusia Sukses Dilakukan

Pasang chip ke otak manusia dinyatakan sukses

Sudah beberapa bulan sejak September, sepertinya sukarelawan sudah ditemukan dan persetujuan dari FDA juga sudah beliau dapatkan. Kini Elon Musk pun mengabarkan bagaimana hasil dari eksperimen implan chip Neuralink yang ia canangkan beberapa waktu lalu.

Dari cuitan Elon di akun X miliknya, dia mengatakan kalau operasi implan chip Neuralink ini berjalan dengan sukses. Pasien yang dioperasi ini juga sudah dalam masa pemulihan setelah sehari pasca-operasi.

Bagi yang tidak tahu, Neuralink sendiri merupakan sebuah chip yang berfungsi untuk menciptakan BCI atau brain-computer-interface. Tujuan implan ini agar mereka yang menderita kelumpuhan dari leher ke bawah karena cedera tulang belakang atau gangguan saraf (ALS) bisa menggunakan pikiran mereka untuk mengontrol keyboard dan mouse di komputer.

Bakal Punya Kegunaan yang Luas Jika Berhasil

Bagaimana kedepannya?

Elon sendiri tidak memberikan bagaimana eksperimen tersebut apakah sukses bisa digunakan atau tidak. Jelasnya, dia katakan kalau hasil awalnya menunjukkan adanya kenaikan deteksi neuron. Elon juga sempat katakan beberapa waktu lalu kalau keberhasilan eksperimen ini akan jadi batu loncatan untuk merasakan realitas fiksi.

Bagaimana kedepannya proyek ini tentu sangat bergantung pada keberhasilan kali ini. Dengan tanda-tanda positif yang dikabarkan Elon, bukan tidak mungkin kalau nanti akan ada implementasi lebih luas untuk pasien yang membutuhkan.

Bagaimana menurut kalian brott? Apakah kalian percaya ada masa depan dimana realitas fiktif bisa tercapai lewat alat ini?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version