Ingin Berpartisipasi Dalam Esports Asian Games? Begini Caranya!

in , , ,

Siapa sih yang tidak ingin unjuk kemampuan dalam ajang bergengsi yang diikuti oleh negara-negara Asia? Setelah beberapa hari yang lalu telah kita telah kedapatan informasi 6 game yang akan meramaikan cabang esports Asian Games, kini kita bakal kasih tahu caranya untuk berpartisipasi dalam salah satu game yang dilombakan tersebut, buat kamu yang memang memiliki keampuan dan tekad yang kuat untuk bisa membawa harum nama Indonesia.


1. Clash Royale

Untuk Clash Royale pendaftarannya mungkin bisa dikatakan cukup mudah, dengan batasan usia minimal 16 tahun, kamu yang tertarik untuk berpartisipasi dalam game ini bisa melihat syarat-syaratnya pada gambar diatas dan segera mendaftar paling lambat 26 Mei 2018 jam 12 siang.

Tentu kamu tidak akan otomatis terpilih untuk mewakili Indonesia setelah mendaftar, karena terlebih dahulu akan dilakukan kualifikasi pada tanggal 26 Mei 2018 dan kemudian diambil sebanyak 16 pemain terbaik untuk mengikuti bracket system yang dilakukan pada hari berikutnya tanggal 27 Mei 2018.

Pendaftaran: kirim email ke [email protected]


2. Pro Evolution Soccer 2018

Buat kamu penggemar bola tapi nggak bisa main bola, tapi bisa main PES 2018 dan ingin unjuk kebolehan dalam menggiring bola dalam layar kaca TV, juga berkesempatan untuk membawa harum nama ibu pertiwi dalam ajang Asian Games.

Namun penyeleksian untuk game yang satu ini nampaknya sedikit lebih ketat karena harus melewati beberapa pertandingan terlebih dahulu, hingga terpilih sebagai juara nasional dan sekaligus mewakili Indonesia dalam pertandingan PES 2018 di Asian Games. Untuk detail pendaftaran, syarat dan berbagai informasi lainnya bisa kamu langsung cek melalui website dibawah ini.

Pendaftaran: Website Liga1PES Indonesia


3. StarCraft II

Kamu yang merasa jago dalam game-game RTS, dan tentu menguasai seluk beluk permainan StarCraft II garapan Blizzard, tentunya juga bisa unjuk kemampuan dalam pagelaran Asian Games demi mengharumkan nama negeri ini.

IeSPA yang bekerja sama dengan komunitas Facebook Blizzard Gamers Indonesia ini membuka pendaftaran yang sebenarnya sangat mudah, karena hanya perlu mengisi formulir yang mereka. Namun nampaknya pihak mereka akan langsung menyaring mana-mana saja pemain yang sekiranya sangat aktif bermain dan telah memperoleh prestasi dalam bermain StarCraft II.

Pendaftaran: Formulir Pendaftaran StarCraft II


4. Hearthstone

Mungkin kalian terheran-heran kenapa ada CCG dalam perlombaan sekelas Asian Games? Well, jangan salah, Hearthstone sudah seringkali mengadakan turnamen internasional berkali-kali lho! Bahkan sudah beberapa orang Indonesia menjadi juara dalam turnamen-turnamen tersebut.

Sama seperti sebelumnya, pendaftaran Hearthstone juga dikelola oleh komunitas Facebook Blizzard Gamers Indonesia, kamu bisa langsung melihat formulir pendaftarannya dibawah ini.

Pendaftaran: Formulir Pendaftaran Hearthstone

Update: Terlepas dari drama yang ada, nampaknya pendaftaran khusus Hearthstone sudah ditutup karena waktu yang mepet dengan waktu penyisihan yang akan datang dan dengan segala persiapannya demi mengirimkan pemain Hearthstone ke Asian Games.

Update 2: Karena suatu alasan, IeSPA membuka lagi kesempatan untuk mendaftar untuk Hearthstone dan menambahkan slot hingga total 32 peserta.


5. Arena of Valor

AoV

Mungkin salah satu game MOBA yang kalian tertarik untuk ikuti pertandingannya dalam Asian Games. Jadi kalau ada yang MOBA(log) nya tidak kepilih dalam Asian Games jangan berkecil hati ya!

Untuk pendaftaran yang satu ini dikelola langsung oleh Garena, sehingga mungkin penataan tahap-tahap penyisihannya lebih tersusun dengan rapih. Walaupun demikian, pihak Garena nampaknya ingin peserta membaca peraturan dengan baik sebelum memutuskan untuk mendaftar, agar tidak ada peserta yang sekedar ikut-ikutan. Pendaftaran khusus AoV ini dibuka hingga 22 Mei 2018 mendatang. Kamu bisa cek informasi dan syarat-syarat pendaftaran melalui link dibawah ini.

Pendaftaran: Formulir Pendaftaran Arena of Valor


6. League of Legends

Salah satu game yang bisa dikatakan dapat menyaingi kepopuleran Dota 2. Walau memang League of Legends lebih terkenal di Amerika dan Eropa, di Asia sendiri terdapat banyak bibit-bibit unggul dalam game besutan Riot yang satu ini. Oh, dan Riot ternyata merasa terhormat karena LoL masuk Asian Games!

Masih dengan publisher yang sama yaitu Garena, pemain dapat melihat informasi dan syarat-syarat pendaftaran melalui link yang tersedia dibawah ini, dengan batas pendaftaran paling lambat adalah 24 Mei 2018.

Pendaftaran: Website LoL Garena


Kira-kira itulah cara pendaftaran mengikuti Esports Asian Games. Kamu yang benar-benar tertarik dan punya kemampuan bisa berkesempatan untuk mengikuti ajang bergengsi di Asia ini dan bertemu dengan berbagai player hebat dari seluruh dunia! Nah, apakah kamu siap membawa nama Indonesia?

Dengan begitu mepetnya penyeleksian tiap-tiap game yang dipertandingkan, maka dari itu penulis berharap siapapun yang ingin berpartisipasi agar memikirkannya dengan matang-matang dan keseriusannya dalam mengikuti setiap peraturan dan tahap-tahap yang berlaku.

Karena ini bukan sekedar perlombaan biasa yang sering diadakan di mall-mall, melainkan dalam lingkup negara-negara Asia. Terlebih kamu akan membawa nama Indonesia saat bertanding nantinya.

So, good luck and have fun!

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]