Inilah 5 Game di Tahun 2018 Dengan Gelar “Game of The Year” Terbanyak Sejauh Ini!


Follow Us

Tahun 2018 menyimpan banyak kejutan & hal luar biasa untuk ranah industri video game, hadirnya ragam karya luar biasa dari para developer & publisher ternama terbukti mampu puaskan para gamer. Memang banyak yang pula yang tak mampu penuhi ekspetasi dan berakhir sebagai sebuah game gagal, namun sesuai judul, jelas disini kita tak hendak membahas hal tersebut.

Nulis artikel dibayar

Dari deretan game luar biasa yang dirilis di tahun lalu, ada yang mampu mendulang berbagai prestasi, tak hanya dalam segi penjualan, namun juga dalam segi penghargaan yang mampu diperoleh. Tak tanggung tanggung, diantaranya ada yang mampu menyabet hingga lebih dari 100 “Game of The Year” awards melalui berbagai media & ajang bergengsi. Dan berikut ini adalah 7 game yang mampu menyabet gelar GOTY terbanyak sejauh ini.


5. Return of the Obra Dinn (5 GOTY Awards)



Unik, itulah pasti yang terlintas dipikiran kita mengenai game besutan Lucas Pope yang satu ini – Return of the Obra Dinn. Game bertemakan detektif dengan sudut pandang first person ini dibalut dengan style grafis yang tak biasa, tentunya hal tersebut membuat kita seakan-akan dibawa dalam sebuah lukisan yang diwarnai dengan tinta hitam.

Tiap puzzle yang dihadirkan terasa sangat menarik & menantang untuk diikuti, tak hanya memecahkan misteri pembunuhan yang timbul dari menusia biasa, kalian juga akan dihadapkan dengan legenda kuno seperti Mermaid & Kraken. Dengan konsepnya yang unik & solid tersebut, akhirnya Return of the Obra Dinn mampu jadi penyabet 7 gelar Game of the Year di berbagai media & ajang, mengalahkan Super Smash Bros yang hanya mengantongi 4 GOTY Awards.

BACA JUGA  Berikut Penampakan Perdana Red Dead Redemption 2 PC

4. Celeste (7 GOTY Awards)



Suguhkan inovasi game platformer yang bisa dikatakan revolusioner, Celeste mampu mendulang berbagai kesuksesan yang luar biasa. Game indie racikan Matt Makes Games ini mampu hadirkan sensasi game platformer yang sangat menantang sekaligus adiktif.

Lebih dari sekedar perusak kontroler belaka melalui tigkat kesulitannya, Celeste punya segudang hal yang patut diacungi jempol, seperti style grafis retro yang unik, soundtrack ciamik, hingga cerita narasi yang unik. Dengan segudang kelebihan yang ditawarkan, tak heran bila Celeste mampu mendulang 7 gelar GOTY, tak hanya itu, game tersebut juga sering kali jadi nominasi yang langsung berhadapan dengan deretan game AAA lainnya.

3. Marvel’s Spider-Man (16 GOTY Awards)



Kegagalan muthlak Beenox dalam 2 seri The Amazing Spider-Man terakhir memang jadi tamparan keras bagi reputasi game sang manusia laba-laba. Namun akhirnya Insomniac Games hadir sebagai penyelamat dengan Marvel’s Spider-Man yang akhirnya mampu memulihkan sepenuhnya reputasi game Spider-Man yang sebelumnya terasa hancur lebur.

Berbagai ekspetasi besar dari para fans berhasil terpenuhi, bahkan lebih dari itu, Marvel’s Spider-Man berhasil hadirkan beragam kejutan yang mampu melayangkan sebuah senyuman puas kepada para fans Spider-Man. Cerita menarik nan emosional, gameplay solid nan adiktif, hingga beragam kejutan yang familiar bagi para fans, kesemuanya tersebut mampu mendorong kesuksesan luar biasa bagai Marvel’s Spider-Man. Hasilnya? ia mampu jadi salah satu game eksklusif di tahun lalu, lebih dari itu, ia mampu menyabet 16 penghargaan GOTY.

BACA JUGA  Death Stranding Unjuk Trailer Sinematik Keren - The Drop!

2. Red Dead Redemption 2 (131 GOTY Awards)



“Penantian panjang berbuah manis”, tiada lagi kata yang mampu mendeskripsikan Red Dead Redemption selain kata tersebut. Butuh waktu setidaknya 8 tahun bagi para fans untuk menanti seri kedua ini, dengan waktu pengembangan selama bertahun-tahun, akhirnya Red Dead Redemption 2 berada dalam genggaman dan mampu penuhi segala ekspetasi.

Beragam hal luar biasa yang ditawarkan Rockstar dalam game ambisiusnya yang satu ini benar-benar terasa sangat signifikan dibanding seri pertamanya. Kami bahkan tak ragu untuk menyebut maha karya luar biasa yang satu ini sebagai sebuah game yang fantastis dan takkan bisa dilupakan. Hasil konkritnya? Red Dead Redemption 2 mampu menyabet sebanyak 131 penghargaan GOTY dalam perilisannya yang masih terhitung 4 bulan ini. Tak hanya itu, game tersebut juga berhasil menjadi game dengan rating tertinggi dalam sejarah PS4 dan juga Xbox One.

BACA JUGA  Red Dead Redemption 2 Versi PC Dikabarkan Miliki Konten Story Mode Baru

1. God of War (192 GOTY Awards)



Pada akhirnya pepatah “kerja keras tak pernah membohongi hasil” menjadi buah manis yang layak dipetik oleh Santa Monica Studio. Dengan berbagai perombakan masif dibanding berbagai seri sebelumnya, akhirnya God of War meluncur sebagai maha karya yang terasa sempurna.

Tentunya dalam menciptakan berbagai inovasi yang bisa dikatakan “revolusioner” tersebut tak terjadi dalam waktu sehari semalam saja. Ada kerja keras luar biasa dibalik para talenta bertangan dingin dari Santa Monica Studio, dan akhirnya hasil kerja keras selama 5 tahun tersebut berhasil terbayar manis. God of War mampu meledak di pasaran dan mampu mendulang segudang apresiasi, sejauh ini game tersebut telah mampu mendulang nyaris 200 penghargaan GOTY.


Masih ada beberapa ajang bergengsi yang masih belum mengumumkan penyabet gelar Game of The Year 2018, beberapa diantaranya adalah Game Developers Choice Awards & DICE Awards. Tentunya di tahun 2019 ini kita semua berharap agar semua game yang hadir ditahun ini mampu penuhi berbagai ekspetasi, dan yang terpenting mampu mengungguli line up luar biasa yang hadir di tahun lalu.

Sumber data: GotyPicks


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item