Tidak Lagi Manusia, Interviewer AI Mulai Digunakan oleh Beberapa Perusahaan

Interviewer Ai

Pelamar kerja mungkin menggunakan Artificial Intelligence seperti ChatGPT untuk mengoptimalkan resume atau CV mereka agar terlihat lebih menarik dan gampang dilirik oleh calon perusahaan. Hanya saja karena keterbukaan teknologi seperti ini, tidak hanya pelamar kerja yang melakukan hal serupa. 

Pihak perusahaan juga menggunakan teknologi kecerdasan buatan ini untuk menyaring pelamar dan interviewer AI mulai dikenalkan untuk mengurangi beban kerja. Karena kita sama-sama tahu pelamar kerja itu jumlahnya terkadang tidak sedikit terutama kalau untuk perusahaan berwibawa tinggi.

Interviewer AI akan Mulai Gantikan Pewawancara Manusia

Pewawancara AI akan mulai gantikan manusia

Melansir dari Resumebuilder, saat ini sudah ada 4 dari 10 perusahaan di dunia yang menggunakan AI interviewer untuk menggantikan manusia melakukan wawancara kerja. Mereka mengungkapkan kalau 43% dari perusahaan akan mengadopsi teknologi ini mulai 2024 nanti. 

Alasan yang dikemukakan juga karena efisiensi perekrutan yang lumayan tinggi dan 15% diantara perusahaan tersebut bahkan sudah secara autonomous memilih kandidat pegawai tanpa bantuan manusia sama sekali.

Booming AI merambah ke berbagai industri

Ketika ditanya apakah mereka menggunakan teknologi kecerdasan buatan ini untuk menyaring pegawai baru, 10% diantaranya mengatakan kalau mereka sedang menggunakan AI untuk wawancara, 17% akan mulai menggunakan di tahun ini, dan 17% akan mulai di tahun depan.

Tidak Semua Perusahaan Ingin Bergantung pada Teknologi AI

AI bisa jadi pedang bermata dua

Sedangkan 32% dari perusahaan tersebut mengisyaratkan kalau mereka tidak berencana menggunakan teknologi AI Interviewer karena alasan: menginginkan tatap muka langsung dengan pelamar kerja, tidak costeffective untuk perusahaan, atau terlalu banyak hasil yang mungkin akan rancu serta resiko yang tinggi.

Namun diluar penggunaan AI tersebut, masih banyak juga perusahaan yang memilih menggunakan ATS (applicant tracking software) yang memang sudah ramai digunakan perusahaan perekrut tenaga kerja. Mereka juga menilai software ini masih lebih dapat diandalkan dibanding teknologi AI yang masih baru ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version