Investigasi Pelecehan Buat Banyak Karyawan Ubisoft Cuti

in
Ubisoft Games
Karyawan Ubisoft terpaksa cuti.

Setelah kasus para karyawan dan atasan perusahaan video game melakukan pelecehan yang terungkap di media sosial, termasuk penulis kawakan seri Fallout yang akhirnya harus putus kontrak oleh beberapa studio. Beberapa perusahaan khususnya Ubisoft mengaku akan lakukan investigasi terkait kasus tersebut dan berikan konsekuensi yang setimpal atas perbuatan mereka.

Investigasi tersebut akhirnya membuahkan hasil di mana beberapa karyawannya harus lakukan cuti administratif dari perusahaan asal Perancis tersebut.

Seperti laporan Jason Schreier dari Bloomberg, tercatat dua eksekutif dan beberapa karyawan lain mau tak mau cuti dari Ubisoft. Dua eksekutif yang tengah dalam pengawasan adalah Tommy Francois dan Maxime Beland. Mereka berdua merupakan orang yang mengawasi beberapa pengembangan game di Ubisoft.

Keduanya dituduh oleh tiga pengguna Twitter yang tak mau disebutkan namanya, karena perbuatan tak mengenakkannya di Twitter. Ketika ditanya lebih lanjut oleh Bloomberg, juru bicara Ubisoft, Stephanie Magnier mengatakan bahwa mereka belum bisa berkomentar tentang hal tersebut karena masalahnya tengah diinvestigasi.

Gerakan #MeToo mendadak soroti masalah yang terjadi di industri video game berkat seorang wanita menceritakan bagaimana pelecehan yang diterimanya dari seorang oknum industri tersebut. Dari banyaknya tuduhan tersebut, karyawan pria di Ubisoft menjadi yang paling banyak mendapatkan tuduhan atas kasus tersebut.

Ubisoft sendiri mengaku sangat serius menanggapi tuduhan tersebut. Mereka bahkan memposting dalam blog resminya bahwa mereka akan melakukan investigasi atas masalah tersebut. Menanggapi postingannya, ratusan karyawan Ubisoft mengaku skeptis mereka akan memberikan hukuman karena kasus serupa juga pernah diangkat di masa lampau. Beberapa bahkan sudah tidak percaya lagi dengan para staff di divisi Human Resource.


Baca lebih lanjut tentang Ubisoft, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Hailing from East Java, Indonesia. Akbar plays almost all video game genres except horror games, but still trying to play it. A simple man who specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]