IO Interactive: Franchise Hitman Tak Lagi Dipercaya Square-Enix

in
Hitman3 04 1024x576
Apakah ini yang membuat mereka berikan IP-nya pada IO Interactive?

Seperti yang telah kita ketahui, franchise Hitman awalnya dimiliki oleh Eidos Interactive yang pada akhirnya kepemilikannya diakuisisi penuh oleh Square-Enix setelah mereka membeli Eidos Interactive di tahun 2009 dan mulai aktif sejak tahun 2012.

IO Interactive merupakan developer asal Denmark yang mengembangkan gamenya hingga tahun 2017 di bawah bendera Square-Enix. Mereka kemudian dapatkan judul Hitman setelah perpisahan mereka dengan Square-Enix.

Namun, drama di balik layar perpisahan tersebut, rupanya tersimpan sebuah alasan besar kenapa Square-Enix rela melepaskan IP atau kekayaan intelektual yang telah mereka miliki sejak tahun 2012.

Berbicara kepada GameInformer, CEO IO Interactive Hakan Abrak mengatakan bahwa Square-Enix telah hilang kepercayaan dengan Hitman karena penjualannya yang sangat minim setelah mereka merilis gamenya secara episodik. Abrak menjelaskan bahwa strategi tersebut bernama “Trojan Horse”, dimana pembeli akan lakukan upgrade jika mereka menyukai produknya.

Square-Enix dan IO Interactive percaya bahwa mereka akan dapatkan penjualan besar di awal dan mengubah orang-orang untuk melakukan upgrade jika menyukai gamenya. Namun pandangan skeptis dari para fans yang menganggap Hitman sebagai early access dari publisher besar hasilkan penjualan yang rendah di sepanjang sejarah gamenya.

Abrak menjelaskan penjualan rendah yang terus menerus membuat pemilik IO Interactive asal Jepang tersebut hilang kepercayaan dengan nama Hitman.

Hitman 3 akan menjadi kisah penutup dari perjalanan Agent 47 dalam mengejar Providence. IO Interactive akan melangkah ke depan setelah perilisan gamenya tersebut dan mengerjakan proyek agen rahasia 007.

Hitman 3 direncanakan untuk rilis pada tanggal 20 Januari 2021 mendatang di PC (EGS), PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X, Switch (Cloud), dan Stadia.


Baca lebih lanjut tentang Hitman 3 atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Weird and have passive ability to easily forgotten by people. Multi-platform gamer with PC as his main platform while PlayStation in the second. RPG, MMORPG (any nation), JRPG (JP, EN), FPS, TPS are his main courses. Moving forward, not backward, and evolving without too long dwelling to the past. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).