Tak Lagi Dikekang, Apple Bolehkan Servis iPhone Pakai Parts iPhone Lain

Iphone Pakai Parts

Terdengar seperti angin segar bagi pengguna iPhone, Apple yang selama ini bersikeras membatasi perbaikan produk mereka dari sumber lain kian melunak. Jika biasanya perbaikan diharuskan melalui campur tangan Apple baik itu membawanya menemui Genius Bar di Apple Store, atau melalui jasa servis yang diakui oleh Apple. Kini sepertinya usaha yang ribet-ribet itu tak lagi diperlukan.

Apple sepertinya sadar kalau mereka terlalu mengekang pengguna yang gawainya rusak dan tidak tidak diberikan banyak pilihan ketika ingin memperbaikinya sendiri. Maka bisa dikatakan kebijakan baru ini terdengar sebagai arah yang benar dalam komitmen mereka mengurangi limbah elektronik.

Apple Izinkan Pengguna iPhone Pakai Parts HP Seken

Servis iPhone kini boleh pakai part second-hand

Ya, meski terdengar cukup menggiurkan, Apple tetap saja membatasi hanya produk original copotan iPhone lain saja yang dibolehkan. Dengan kata lain, produk KW yang tidak terdaftar dalam database Apple tetap saja akan tidak terbaca sebagai produk asli dan menimbulkan pesan kalau parts tersebut tidak ori, sama seperti yang terjadi selama ini.

Tapi, dengan berubahnya kebijakan ini, pengguna tidak perlu lagi membeli parts langsung dari Apple dan bisa memanfaatkan iPhone second yang sudah tidak layak pakai namun masih memiliki beberapa parts yang masih berfungsi.

Mengenai bagaimana kalibrasi yang biasa dilakukan ketika mengganti parts baru, Apple lewat newsroom-nya mengabarkan kalau cara barunya akan mulai tersedia pada musim gugur tahun ini. Yang jelasnya, pihak yang melakukan perbaikan tidak perlu lagi mengirimkan angka seri kepada Apple untuk diaktivasi lewat mereka.

Bagaimana Soal iPhone Curian?

Cara akali parts iPhone curian?

Jika yang terbesit selama ini adalah bagaimana Apple menghalangi perbaikan dari pihak yang tidak diakui, biasanya yang pertama dibahas pasti tentang kekhawatiran iPhone tersebut adalah hasil curian.

Untungnya, nanti parts yang berasal dari iPhone curian atau yang sudah diaktifkan Activation Lock/Lost Mode, parts tersebut tidak akan berfungsi di iPhone yang baru nanti. Sehingga meskipun pelaku mempreteli iPhone tersebut untuk diambil parts-nya, tetap akan terdeteksi oleh Apple.

Bagaimana menurut kalian soal kebijakan baru ini? Menurut penulis ini adalah salah satu langkah yang sudah tepat dan seharusnya dilakukan sejak dulu. Tapi, ya lebih baik telat dari tidak sama sekali, ‘bukan?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version