Ironis, Jumlah Pemain Dota Underlords Melebihi Total Pemain Artifact

in , , , ,

Popularitas Dota Auto Chess melahirkan sebuah tren baru dalam perkembangan industri game hingga menggeser sebuah game yang digadang-gadang sebagai konsep baru permainan kartu atau biasa dikenal sebagai TCG (Trading Card Game) dengan tiga field berbeda didaptasi dari permainan MOBA fenomenal Dota 2, yaitu Artifact.

Gameplay Artifact

Seperti yang kita ketahui, pengumuman Artifact pada tahun 2017 silam mengundang berbagai macam respon dari para penggemar Dota 2. Terlepas positif dan negatifnya, Artifact akhirnya rilis dengan sistem pay-to-play dimana pemain harus membeli game-nya terlebih dahulu. Tak berhenti disitu saja, Valve juga menawarkan deck-deck serta kartu yang harus dibeli dengan uang “asli” untuk membuat deck uniknya masing-masing. Pada awal peluncuran pemain Artifact mencapai 60.000, namun setelah beberapa bulan jumlah pemainnya terus terjun hingga mencapai angka dibawah 7.000 dan sejak bulan Februari yang lalu bahkan tak bisa menyentuh angka 1.000 sekalipun.

Kehadiran Dota Autochess yang kini mendorong Valve untuk membuat Dota Underlords menambah keterpurukan Artifact. Meskipun Artifact dan Dota Autochess mengadaptasi aset-aset dari Dota 2, ironisnya Dota Autochess justru menarik pemain yang lebih banyak daripada Artifact, begitupun dengan Dota Underlords yang baru memasuki tahap open beta.

source: Steam Charts
source: Steam Charts

Kurang lebih pemain Dota Underlords saat ini hampir mencapai tiga kali lipat dari total seluruh pemain Artifact. Jika total pemain Artifact terbesar hanya menyentuh angka 60.000-an itu pun saat awal perilisan, jumlah pemain Dota Underlords yang saat ini tengah memasuki tahap open beta telah mencapai hampir 170an ribu pemain di seluruh dunia. Kurang lebih pemain Dota Underlords saat ini mencapai tiga kali lipat total pemain Artifact.

Langkah Valve sendiri cukup bagus dimana saat ini tengah ramai persaingan game dengan konsep “Autochess” dimana sang developer Dota Autochess juga memiliki game-nya sendiri di platform mobile berjudul Autochess dan kedepan kabarnya akan rilis ekslusif di Epic Games Store untuk versi PC-nya, sementara itu Riot juga menawarkan konsep yang sama dalam mode baru di League of Legends dengan nama Teamfight Tactics yang baru tersedia di server tes PBE. Saat ini Dota Underlords bisa kalian mainkan secara gratis di Steam hingga platform mobile iOS dan juga Android.

 


Mau baca artikel seputar Dota Underlords hingga informasi menarik lainnya kunjungi tulisan dari Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.