Penggunaan Kartu VGA Berat Tanpa Penyangga Terindikasi Bisa Merusak Modul Memory

Kartu Vga Berat

Kartu VGA berat tanpa penahan – Sepertinya teknologi VGA atau kartu grafis saat ini sedang tren hadirkan ukuran body yang bongsor. Lihat saja seri NVIDIA RTX flagship terbaru yaitu 4090 punya ukuran lebih panjang dari motherboard kebanyakan. Hal ini tentu mengundang berbagai kekhawatiran atas bobot yang berat tersebut akan mengundang malapetaka yang merugikan.

Fenomena bernama GPU Sagging atau dalam bahasa Indonesianya, kartu VGA menurun kerap terjadi. Kondisi ini adalah ketika sebuah VGA mengalami bengkok pada papan PCB dan membuatnya jadi melengkung. Kebanyakan kejadian ini menimpa kartu yang punya ukuran bongsor dan setidaknya punya triple fan dan slot lebih dari dua.

Penggunaan Kartu VGA Berat Terindikasi Merusak Modul VRAM Bila Tanpa penahan

VGA sagging bisa merusak modul VRAM

Hal ini tentu sedikit banyak menyita perhatian pengguna karena indikasi sagging seperti ini dikhawatirkan bisa merusak komponen ataupun socket PCIe. Dan ternyata benar saja, masalah sagging ini benar-benar bisa merusak  salah satu komponen pada VGA terutama seri high end RTX 20 dan 30 series.

Kejadian VGA rusak karena sagging ini ditemukan oleh sebuah jasa reparasi komputer di Jerman bernama KrisFix lewat kanal YouTube-nya (via Tomshardware). Dalam videonya dia mendemokan VGA NVIDIA RTX 2080 Ti yang rusak karena modul VRAM GDDR6 dibagian bawah VGA mengalami koneksi kendor. Jika hal ini benar adanya, kemungkinan besar kedepan tidak hanya akan menimpa VGA dari NVIDIA saja dan tim merah AMD juga tidak akan absen dari hal ini.

Pada kasus diatas, bagian VRAM GDDR6 yang berdekatan dengan jalur PCIe x16 mengalami putus jalur dan longgar karena papan PCB yang bengkok. Hal ini disebabkan oleh berat dari heatsink yang harus ditopang oleh PCB setipis itu.

Bagian yang kendor ini akan menyebabkan oksidasi pada contact point VRAM tersebut disebabkan karena solderan yang longgar. KrisFix sendiri memperbaiki kasus ini dengan melakukan reball pada chip memory yang bermasalah.

Tidak Perlu Penyangga VGA Khusus, Bisa Gunakan Benda Sehari-hari

Ide penahan VGA unik

Bila hukum fisika memang tidak bisa dilawan, sepertinya kegunaan bracket penahan VGA tampaknya menjadi sebuah keharusan dimiliki oleh pengguna VGA dengan bentuk bongsor. Isu ini tentu mengkhawatirkan dan sebagai pengguna sangat disarankan untuk menggunakan penyangga VGA untuk menghindari hal semacam ini terjadi.

Penahan menggunakan Lego

Namun jika dirasa penyangga khusus terlalu mahal, sebenarnya ada banyak benda sehari-hari yang bisa digunakan untuk menyangga VGA. Mulai dari mainan seperti Lego, atau bahkan balok kayu sekalipun juga bisa digunakan asal tidak konduktor atau terbuat dari logam.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version