[OPINI] Kenapa Game Horror Seru Dimainkan dan Semakin Banyak Peminatnya?

Game Horror Seru Dimainkan

Game Horror Seru Dimainkan – Dari sekian banyak genre yang dihadirkan dalam industri gaming, genre Horror masih mendominasi pasar dan selalu melahirkan banyak peminat baru. Terutama di negeri Indonesia yang selalu kental akan nuansa mistis yang kerap menjadi perbincangan.

Sama halnya dengan game, game Horror juga bukan pengecualian kesukaan orang – orang Indonesia. Terlebih jika game tersebut hadir dengan jumpscare dan tantangan yang memacu adrenalin.

Kenapa Game Horror Seru Dimainkan?

Alasan gamer masih suka main game horor

Tak jarang lho kita lihat gamer ngaku seorang penakut dan jantungan tapi tetap memainkan game horror. Terkadang ia memainkannya bukan semata – mata hanya ingin memenuhi permintaan fans, bahkan gamer biasa yang bukan streamer juga memiliki kebiasaan yang sama. Berlaku untuk yang bukan pemainnya sekalipun (sekedar nonton gameplay).

Fenomena ini menimbulkan tanda tanya di kepala penulis: Kenapa? Apakah gamer secara tidak sadar memiliki sifat masokis terpendam? Kenapa memaksakan diri untuk tetap memainkan game horror meskipun tahu jantung tidak kuat?

1. Berbahaya Tapi Aman

Berbahaya Tapi Aman

Ketika seseorang bermain video game, tidak ada bahaya sungguhan yang mengancam si pemain secara fisik sebab yang ditampilkan hanyalah ilusi semata. Maka dari itu, game horror dianggap sebagai ‘bahaya yang aman’.

Memang secara fisik kita tidak menghadapi ancaman sungguhan seperti halnya ketegangan dari karakter yang tengah kita mainkan di game tersebut. Namun di sisi lain, game horor bisa berbahaya dan tidak jarang ia mentrigger sesuatu di dalam diri kita seperti rasa waspada yang meningkat drastis dan adrenalin yang kencang.

Sama halnya seperti kalian bermain wahana Roller Coaster. Ketegangan yang dihasilkannya menjadi kesenangan tersendiri bagi para gamer.

2. Jadi Terapi ‘Kecil-kecilan’

Jadi Terapi ‘Kecil-kecilan’

Mungkin kalau hidupmu normal – normal saja, mungkin kamu tidak begitu sering bertemu dengan momen menakutkan dan mengejutkan. Namun, ketika memainkan game horror dan bertemu dengan berbagai jumpscare, sebenarnya bisa menjadi efek kejut yang baik untuk jantungmu!

Memang efeknya membuat pemain bengek, letih, dan adrenalin yang terpacu, dopamin, dan seluruh zat – zat ditubuh yang berkaitan dengan rasa takut mengalir lebih cepat. Neurotransmitter ini disertai dengan peningkatan detak jantung, pernapasan, dan gula di dalam darah.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 32 orang, game horror bisa membantu meningkatkan sel darah putih! Sel darah putih ini berfungsi sebagai imun sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit.

3. Uji Nyali

Uji Nyali

Alasan paling utama mengapa gamer suka main game horror adalah untuk uji nyali. Bermain game horror menjadi ajang untuk para pemain untuk menemukan rasa takut, kekhawatiran, dan keraguan apa yang sebenarnya mereka miliki.

Tentu saja setiap orang memiliki phobia-nya sendiri. Entah itu takut pada kegelapan, ruang yang sempit, cacat, ruang yang kosong, dan lain sebagainya. Dan game horror dijadikan alat sebagai uji nyali untuk melawan rasa takut tersebut. Dan ketika berhasil melewatinya, maka para gamer ini akan merasa lega dan bangga.

4. Rasa Penasaran yang Tinggi alias Kepo

Rasa Penasaran yang Tinggi

Ngaku siapa yang main game horror karena kepo? (Penulis tunjuk tangan!) Saya yakin bukan hanya saya sendiri yang main dan nonton gameplay horror karena kepoan atau penasaran sama jalan ceritanya, pasti para pembaca Gamebrott yang budiman juga memiliki alasan yang serupa dengan penulis.

Disamping sensasi menyeramkan dan menegangkan yang bikin susah tidur, tapi saya pribadi bakal jadi lebih susah tidur karena penasaran banget sama jalan game – game horror yang dimainkan. Daripada mati penasaran, mending ditelan bulat – bulat saja segal ketegangan yang ada.

5. Makin Lokal, Makin Seru!

Makin Lokal, Makin Seru!

Menyambung dari penjelasan pembuka artikel, Indonesia masih suka mengaitkan segala kejadian aneh dengan aktivitas mistis. Maka, game horror yang mengangkat tema lokal atau yang berkaitan dengan kegiatan paranormal asli Ibu Pertiwi seperi Dread Out atau Pulang Insanity pasti lebih menarik perhatian kita.

Meskipun dari segi kualitas tidak bisa disamakan dengan game di luar sana, namun, dari segi cerita, konsep, dan karakter, tentu game horror lokal jauh bisa memenangkan hati. Hal ini disebabkan karena gamer lokal lebih relate dengan konsep yang disajikan bahkan lebih kenal dan familiar dengan setan – setan yang dihadirkan.

Itulah alasan kenapa game horror seru dimainkan dan semakin banyak melahirkan peminatnya. Kalau kalian sendiri, main game horror karena apa, brott? Sharing pengalamanmu di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version