Berapa Modal untuk Rakit PC Gaming di Tahun 2023? Ini Dia Penjelasan dan Estimasinya!

Rakit Pc Gaming

Rakit Pc Gaming

Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan tiba sesaat lagi. Tentunya, musim liburan ini akan marak dengan pertanyaan semacam ‘berapa modal untuk Rakit PC Gaming di tahun depan’, atau semacamnya untuk jadi bahan referensi.

Di luar rontoknya cryptocurrency dan chip shortage, ada banyak sekali faktor yang harus kita awasi saat kita berencana untuk kalkulasi Harga Rakit PC Gaming. Termasuk di antaranya ketersediaan komponen yang kita incar untuk merakit komputer impian sedari nol.

Nah, menurut observasi kilat dari penulis, inilah estimasi modal untuk Rakit PC Gaming di tahun 2023 beserta penjelasannya!

Alokasikan Dana Lebih untuk Rakit PC Gaming

Alokasi dana lebih yang dimaksud penulis untuk merakit PC Gaming bukan untuk sekadar ‘mendang-mending’, melainkan hal lain yang harus diawasi dan diantisipasi. Adalah kenaikan pajak yang sebelumnya penulis bahas di sini, yang tentunya boleh jadi bahan evaluasi kalau kalian benar-benar mau merakit sebuah komputer.

Meski dalam artikel di atas komponen yang bakal terkena imbas, utamanya adalah kartu grafis atau VGA, namun tidak ada salahnya untuk alokasikan dana lebih kalau kalian benar-benar diharuskan untuk Rakit PC Gaming.

Besaran pajaknya pun bisa dikatakan cukup masif, yakni sampai kisaran 20-30% yang artinya kita harus persiapkan diri untuk alokasikan selisih dana tersebut untuk semua komponen incaran.

Meski belum tentu akan berdampak ke pasar tanah air, namun kalian tentunya ‘hafal’ gerak-gerik mereka yang tertarik raup cuan, bukan? Tidak, kita tidak membahas dampak pandemi, chip shortage, dan dampaknya ke perekonomian secara global, termasuk resesi, melainkan potensi laten untuk cari cuan.

Jadi, berdasarkan pertimbangan tersebut, penulis amat yakin bahwa Harga PC Gaming incaran kalian akan naik cukup ‘masif’ berdasarkan nilai totalnya.

Misalkan kalian tertarik untuk membeli RTX 3060 Ti misalkan, pastikan kalian untuk persiapkan dana ekstra 1-2 Juta Rupiah, dan itu baru untuk sebuah VGA.

Lantas, gimana dengan komponen lainnya, semacam prosesor, power supply, dan lain-lainnya? Yah, meski ‘belum tampak’ rencana dari bermacam pihak untuk menaikkannya, namun tak salah rasanya penulis wanti-wanti kalian untuk terapkan hal serupa, yakni alokasikan dana ekstra sekitar 10-20% dari harga seharusnya.

Estimasi Harga Rakit PC Gaming di Tahun 2023

Semua tulisan di atas agaknya bakal sedikit sulit terlebih bila tak ada semacam simulasi. Nah, izinkan penulis berikan contoh Harga Rakit PC Gaming di tahun 2023.

Nama KomponenHarga
Intel i7-127004.600.000
B660M-HDV1.600.000
DDR4 2x8GB800.000
PSU 600W 80+ Gold1.400.000
RTX 3060 Ti7.000.000
NVMe 512GB800.000
TOTAL14.760.000

Nah, berdasarkan nilai-nilai di atas, kalian cukup tambahkan nilai total dari semua tersebut sekitar 10-20%, setidaknya untuk antisipasi kenaikan harga.

Atau kalau mau sedikit ribet, kalian bisa menambah kisaran tersebut dari harga saat ini, misalkan prosesor AMD Ryzen 7 5700X ada di kisaran 3.155.000 per 20 Desember 2022, cukup tambahkan 20% untuk menentukan kemungkinan terburuk dari sebuah komponen. Jadi, totalnya bakal bisa menyentuh 3.786.000 bila ditotal.

Namun, semua hal tersebut masih sekadar perkiraan, karena bisa saja kebijakan tersebut hanya akan berlaku untuk VGA, atau malah akan dieksekusi secara bertahap supaya konsumen tidak merasa ‘ditodong’ mencari rekomendasi prosesor terbaik.

Meski ini hanya sekadar estimasi atau contoh, namun penulis rasa tidak ada salahnya mewanti-wanti kalian untuk alokasikan dana ekstra, khususnya untuk kalian yang sibuk mentotal Harga PC Gaming untuk dipinang tahun depan.

Tips Memilih Komponen Terbaik Sesuai Budget

Ketika kalian masih membuat daftar Harga Rakit PC Gaming incaran, tentunya kalian harus paham gimana sih cara antisipasi lompatan harga yang tentunya tak kita inginkan tersebut. Nah, di bawah ini ada beberapa tips supaya kalian dapat memilih komponen terbaik untuk merakit PC Gaming sesuai budget:

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

1. Carilah Komponen yang Value-nya Mantap dan Pas

Untuk kalian yang benar-benar serius mencari Harga PC Gaming supaya tak membengkak dan membuat kantong kering alias kanker, tentunya kalian harus mencari komponen yang value-nya mantap dan pas di zamannya.

Bisa saja komponen ideal untuk prosesor saat ini adalah Intel Core i7-12700F yang miliki 12 core (8P+4E) dan 20 thread yang berkisar di 4 Jutaan Rupiah. Atau bisa saja prosesor semacam AMD Ryzen 7 5700X yang tawarkan 8 core dan 16 thread untuk menuntaskan kebutuhan sehari-hari secara efisien.

Berarti, meski tak bisa kita sama ratakan, namun tetap saja ketika menentukan totalan PC Gaming haruslah tepat sasaran, sesuai dengan kapasitas kita.

2. Sesuaikan dengan Standar Minimal di Zaman Now

Menentukan total Harga Rakit PC Gaming di tahun 2023 rasanya takkan bisa kita eksekusi secara sempurna kalau kalian asal membeli komponen yang tak sesuai standar minimal di zaman now.

Di antaranya adalah standar memory yang kini ada di kisaran 16GB atau 2x8GB, yang tentunya sudah dicap standar untuk temani produktivitas atau menjalankan bermacam game kekinian tanpa masalah.

Sama halnya memilih kartu grafis yang sama sekali tak boleh diabaikan, karena komponen ini justru yang rentan akan cepat tak relevan karena bermacam kartu grafis yang senantiasa rilis secara periodik untuk gantikan versi terdahulu. Tentu saja, kalian tetap harus berpedoman dengan standar minimal di zaman now, yakni VRAM sebesar 8GB.

3. Jangan Biasakan Mendang-Mending, Sesuaikan dengan Kebutuhan

Masalah utama ketika kalian akan meracik dan mentotal Harga PC Gaming salah satunya adalah dikompori mendang-mending. Walau hal ini kita butuhkan untuk menentukan dasar rakitan PC Gaming di zaman now, namun tetap saja pada akhirnya kita harus sesuaikannya kembali dengan kebutuhan, termasuk casing.

Tentu saja tidak ada salahnya untuk menjadikan mendang-mending sebagai bahan evaluasi, khususnya kalau kalian benar-benar membutuhkan tenaga ekstra untuk jalankan bermacam game dalam resolusi dan pengaturan tertentu.

Namun, akan lain halnya bila kalian justru hanya membutuhkan tenaga komputasi dan olah visual ‘seadanya’ untuk memainkan game sekelas Genshin Impact, game online, atau bahkan Zuma pada resolusi 1080P misalkan.

Justru mubazir malah kalau kalian hanya mainkan game seremeh titel di atas namun kalian tetap keukeuh membeli RTX 4080 misalkan, kecuali niat kalian merakit komputer benar-benar untuk flexing.

4. Cari Komponen yang Tak Boros Listrik

Yap, tips terakhir dari kami ini tampaknya tak terlalu penting, namun akan menjadi poin menarik untuk kita evaluasi. Ketika kita ada rencana Rakit PC Gaming, sudah barang tentu kita harus mencari komponen ideal supaya tak berat sebelah alias boros listrik.

Yaaa gak mesti GT 1030 juga!

Dan tentunya, sebagaimana yang kita ketahui, mencari komponen yang tak boros listrik tampaknya cukup tricky karena bisa dilihat ada berapa komponen yang tak membutuhkan listrik banyak.

Menurut penulis, daya sebesar 300-600W hanya untuk menyuplai sebuah kartu grafis rasanya tidak masuk akal hanya demi memainkan game dalam resolusi besar atau multi-monitor. Meski secara teknis akan menciptakan ‘kepuasan’, namun hal tersebut justru membunuh esensi dari menikmati gaming dalam artian sebenarnya, bukan flexing.

Untungnya, penulis tak sendirian, karena CEO Intel ternyata memiliki pemikiran yang sama, di mana kartu grafis tak selamanya harus membutuhkan konsumsi daya listrik masif untuk menampilkan visual apik nan ciamik. Jadi, kalian tak butuh rekomendasi power supply yang mahal-mahal untuk dapat menikmati hiburan semata.

Nah, itulah dia sekiranya cara Rakit PC Gaming yang bisa kalian terapkan. Apakah kalian memiliki cara lain yang efektif untuk menentukan modal rakit komputer di tahun depan? Yuk, kalian bisa coba komentar di bawah!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version