Kominfo Resmi Cabut Blokir Steam, PayPal dan Yahoo, Sudah Bisa Diakses Normal Sekarang!

Kominfo Resmi Cabut Blokir Steam 2

Kominfo Resmi Cabut Blokir Steam – Pemblokiran sejumlah platform ternama sepertinya masih menjadi perbincangan hangat hingga kini. Peraturan Kominfo mengenai pendaftaran PSE menjadi penyebab utama sejumlah platform seperti Steam, PayPal dan Yahoo tidak dapat diakses oleh masyarakat Indonesia. hal tersebut pun cukup menimbukan respon negatif dari para pengguna layanan akibat akses yang dibatasi.

Namun, baru saja dikabarkan bahwa kini instansi pemerintah ini resmi normalisasi akses dari sejumlah platform yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan kata lain, pemblokiran dari ketiga platform tersebut telah resmi dicabut dan kini sudah dapat diakses dengan normal.

Kominfo Resmi Cabut Blokir Steam, PayPal dan Yahoo

Pemblokiran pada beberapa Website dan Platform layanan sudah resmi dicabut

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan resmi bahwa status blokir dari Steam, PayPal dan Yahoo sudah resmi dicabut. Normalisasi ini juga sekaligus mencakup game naungan Valve yakni Counter-Strike dan Dota 2 yang kini sudah dapat dimainkan dengan normal.

Sebelumnya, pihak pemerintah sudah berhasil berkomunikasi dengan pihak Valve selaku pemilik platform Steam dan juga Yahoo mengenai pendaftaran PSE. Mereka juga sempat bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat dalam membantu menghubungi sejumlah perusahaan tersebut agar segera melakukan pelengkapan dalam pendaftaran PSE Lingkup Privat.

“Akses keempat sistem elektronik tersebut telah dinormalisasi sejak 08.30 WIB hari ini 2 Agustus 2022, kami juga sudah berkomunikasi dengan pihak PayPal dan saat ini akses ke layanan tersebut sudah kembali dibuka.”

Semuel Abrijani Pangerapan

Bagaimana Kondisi Epic Games, Origin dan Sejumlah Platform Lainnya?

Epic Games Store

Sayangnya, pencabutan pemblokiran tidak mencakup semua platform. Situs Epic Games, Origin, Ubisoft Connect dan berbagai platform lainnnya masih berstatus diblokir. Hingga kini, belum ada kabar lebih lanjut dari pihak Epic Games, Electronic Arts maupun Ubisoft mengenai pendaftaran PSE asing.

Sebelumnya, akses dari platform game milik Gaben juga sudah dapat dibuka secara normal mulai pagi ini, namun hanya untuk beberapa provider tertentu saja. Sedangkan untuk platform PayPal juga sempat dicabut blokir untuk sementara. Hal tersebut dimaksud agar para pengguna dapat menarik uang sebelum kembali diblokir. Namun, saat ini dapat dipastikan bahwa pihak PayPal sudah berkomitmen untuk melakukan pendaftaran PSE, sebagaimana disampaikan oleh Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi melalui Kompas.com.

“Kementerian Kominfo juga telah berhasil berkomunikasi dengan pihak Paypal. Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat. Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat,”

Dedy Permadi

Mudah-mudahan saja, dengan berbagai layanan yang sudah berangsur-angsur dapat kembali diakses dapat diikuti oleh platform lainnya agar situasi kembali normal. Untuk saat ini, meski sejumlah layanan sudah kembali dibuka hal tersebut tidak menghentikan para netizen untuk terus melontarkan kritikan berkat kekecewaan atas kebijakan. Sehingga, selain masalah pemblokiran, tentu instansi pemerintah ini juga harus kembali merevisi ulang peraturan PSE demi kembali meraih kepercayaan masyarakat.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait SteamKominfo atau artikel lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version