Komunitas CS:GO Inginkan Player Profesional yang Gunakan Cheat Saat Turnamen Dibanned Selamanya

in ,
Tak ada ampun bagi player pro yang gunakan cheat.

Cheater bukan sebuah hal yang baru bagi dunia game multiplayer, khususnya first-person shooter. Umumnya player akan dibanned permanen karena ulahnya. Namun berbeda cerita apabila yang melakukannya adalah player profesional, seperti player Counter-Strike: Global Offensive atau CS:GO berikut.

Player bernama Nikhil “forsaken” Kumawat menggunakan cheat saat turnamen OpTic India BO3 melawan Revolution. Pria berumur 23 tahun tersebut akhirnya didiskualifikasi dari eXTREMESLAND 2018 Asia Finals dan dikeluarkan dari timnya.

Detil turnamennya tak begitu jelas, namun menurut CSGO2ASIA yang hadir saat turnamen, anti-cheat B5 mendeteksi aktivitas mencurigakan saat event tersebut, buat admin harus memeriksanya sendiri. Ketika Forsaken diperiksa, ia langsung mengubah layarnya dan mencoba untuk menghapus program ilegal yang ia jalankan di balik layar.

Insiden ini buat banyak orang mempertanyakan prestasi OpTic India yang telah mereka raih hingga memenangkan ESL India Premiership. Kenaikan dan kemundurannya telah menarik jutaan pasang mata, dan beberapa darinya meminta penindakan lebih lanjut. Video saat Forsaken menggunakan cheat di atas buat mereka geram dan meminta Valve untuk melakukan banned permanen pada Forsaken selamanya. Namun selama VAC tak mendeteksi player tersebut, maka kewenangan ini ada di tangan para admin eXTREMESLAND untuk membuat laporan dan mengirimkannya pada Valve.

Berbicara dengan HLTV, Direktur Development Internasional OpTic Gaming, Jesal Parekh menjelaskan bahwa Forsaken telah dikeluarkan dari tim. “Kami tidak akan berikan toleransi apapun tentang hal ini. Kami ingin meminta maaf kepada tim dan organisasi lain yang berada di sana saat insiden ini terjadi. Kami juga ingin meminta maaf kepada negara dan fans kami yang telah mendukung kami.” imbuhnya.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at author@gamebrott.com