Konami Tutup Server Metal Gear Solid V di Konsol PS3 dan Xbox 360

823156

Konsol last-gen seperti PS3 dan Xbox 360 tak terasa saat ini sudah menginjak usia 15-16 tahun. Dengan hadirnya generasi konsol terbaru seperti PS5 dan Xbox Series X/S tentunya tak heran apabila beberapa pelayanan online di kedua konsol lawas tersebut secara perlahan mulai dicabut satu-persatu.

Beberapa contohnya seperti server untuk game Halo dan GTA V Online yang akan segera ditutup di akhir tahun ini. Dan kini giliran salah satu game populer karya Hideo Kojima yaitu Metal Gear Solid V: The Phantom Pain yang kabarnya baru saja mengakhiri pelayanan onlinenya di konsol PS3 dan Xbox 360.

Konami Tutup Server Metal Gear Solid V di Konsol PS3 dan Xbox 360 3

Menurut laporan situs Eurogamer, Metal Gear Online dan seluruh online-only DLC nya sudah dicabut dari PlayStation Store dan Xbox 360 Marketplace pada 30 Agustus lalu. Kemudian di tanggal 31 Agustus, Konami menutup seluruh layanan server sehingga game tak lagi dapat diakses atau dimainkan secara online. Dan rencananya, game juga akan ditarik peredarannya dari online store mulai 31 Maret 2022 mendatang.

Konami Tutup Server Metal Gear Solid V di Konsol PS3 dan Xbox 360 4

Saat ini, game masih dapat dimainkan secara offline dengan lancar dan seluruh kontennya juga masih dapat diakses secara normal, selama konten tersebut tidak memerlukan koneksi internet. Namun, yang dikhawatirkan oleh para fans adalah mengenai salah satu cutscene rahasia di MGS V yang sering disebut sebagai Nuclear Ending dimana cutscene hanya dapat diakses setelah pemain berhasil menonaktifkan senjata nuklir pemain lainnya dan tentunya hal tersebut hanya dapat dilakukan secara online.

Hingga kini, Konami sendiri belum memberikan klarifikasi mengenai nasib dari cutscene Nuclear Ending. Jadi, untuk saat ini sepertinya pemain yang ingin mendapatkan cutscene tersebut hanya bisa memperolehnya melalui PC atau konsol modern seperti PS4, Xbox One, PS5 atau Xbox Series X.


Baca juga artike-artikel lainnya terkait Metal Gear Solid V serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version