Konsep Dongle Audio Baru dari Qualcomm Disinyalir Bisa Kurangi Latency Gaming

Konsep Dongle Audio

Diluar segala keuntungan yang ditawarkan headset wireless selalu punya penyakit yang sama, yaitu tidak cocok digunakan untuk bermain game. Alasan yang paling sering diungkit adalah soal latency.

Ya memang benar kalau sebenarnya wireless audio itu memang punya delay atau latency tinggi. Apalagi kalau kita lihat kebanyakan masih menggunakan teknologi Bluetooth. Tapi, sepertinya masalah ini ada solusinya oleh Qualcomm.

Konsep Dongle Audio Wireless dari Qualcomm Bisa Kurangi Latency Gaming

Sebatas konsep yang masih belum dijual bebas

Melansir dari TechRadar, Guy Campbell seorang Staff manager dan Product marketing Qualcomm mengungkapkan sebuah konsep audio dongle baru yang akan gabungkan teknologi Bluetooth LE dengan Auracast. Fitur ini nantinya akan tersedia di S3 Gen 2 Snapdragon Sound Platform dan dikhususkan untuk hadirkan low-latency gaming.

Ini berarti kedepannya fitur dongle audio baru ini akan disematkan dalam sertifikasi Snapdragon Sound. Dan produk yang boleh memakai fitur ini hanyalah yang sudah lolos uji dari Qualcomm. Sama seperti logo Hi-res yang biasa ditemui pada berbagai perangkat audiophile.

Termasuk dalam Snapdragon Sound Platform

Konsep USB dongle ini nantinya bisa digunakan untuk perangkat apapun yang bisa menjadi source audio seperti smartphone, konsol, laptop, PC, dan mungkin malah DAP sekalipun.

Dongle Audio Qualcomm Bisa Kurangi Hingga lebih dari 75% Latency

Wireless headset mungkin akan dapatkan fitur low-latency

Qualcomm memang belakangan ini memang terlihat ada indikasi kalau mereka tertarik dengan hi-res audio streaming. Tapi, Campbell juga mengatakan kalau pasar gamer juga tidak bisa lagi diabaikan.

Pengguna juga nantinya akan mendapatkan pengalaman gaming low-latency yang bahkan bisa mencapai <20ms. Padahal biasanya jika melihat teknologi Bluetooth biasa ada latency sebesar 80ms dan bisa dikurangi hingga 48ms lewat LE Gaming.

Latency yang rendah ini juga tidak mengorbankan fidelity atau kualitas audio. Setidaknya kualitas 24bit/96kHz yang memang tidak begitu lossless namun tidak jauh lossy ini tetap bisa hadir via aptX Adaptive. Dan karena Adaptive kalian tetap bisa mendapatkan jarak yang luas tapi ya latency tetap akan meningkat.

Konsep audio dongle ini memang masih sesuai nama, hanya sebatas konsep untuk saat ini. Namun, pihak mereka mengumumkan kalau memang sedang berbincang dengan beberapa manufaktur dan kita mungkin tidak harus menunggu lebih lama lagi.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version