Kreator Sonic Yuji Naka Dihukum 2,5 Tahun Penjara Terkait Kasus Insider Trading

Yuji Naka Dihukum

Kreator Sonic Dihukum Penjara – Yuji Naka merupakan salah satu co-creator serial Sonic the Hedgehog juga mantan presiden Team Sonic di Sega. Ia kemudian keluar dari Sega lalu bergabung dengan Square Enix dan mengerjakan proyek Balan Wonderworld.

Sayang, game ini dinilai gagal oleh para gamer dan hanya mendapat skor 36 di Metacritic. Lalu, dikabarkan pula dia telah hengkang dari Square Enix setelah gagalnya proyek Balan Wonderworld ini.

Sang kreator franchise game Sonic tersebut baru-baru ini dikabarkan telah dijatuhi hukuman berdasarkan hasil persidangan terkait kasus yang sedang dia hadapi.

Kasus Perdagangan Orang Dalam, Yuji Naka Dihukum 2,5 Tahun Penjara

Dijatuhi Hukuman Penjara Selama 2,5 Tahun

Dilansir dari Abema Times, jaksa penuntut di Pengadilan Distrik Tokyo menuntut agar Yuji Naka dipenjara selama dua setengah tahun dan membayar lebih dari $1,2 juta. Tuntutan tersebut berhubungan dengan keterlibatan dia dalam perdagangan orang dalam selama bekerja di Square Enix.

Tidak diam begitu saja, pembela menyerukan agar adanya pengurangan hukuman penjara dan denda ini. Nantinya keputusan akhir diekspektasikan akan diberikan pada 7 Juli 2023 mendatang. Jaksa juga melaporkan bahwa Naka sama sekali tidak menunjukkan penyesalan, indikasikan bahwa perbuatannya memang sudah ia niatkan.

Kasus Sebelumnya Sang Kreator Sonic Terkait Perdagangan Orang Dalam

Kreator Sonic

Yuji Naka dilaporkan membeli 130.000 saham di ATeam dan Aiming Co sebelum mereka mengumumkan kerja sama dengan Square Enix dalam pembuatan dua game mobile, Final Fantasy 7: The First Soldier dan Dragon Quest Tact.

Tindakannya ini melawan UU Jepang tentang Instumen Keuangan dan Pertukaran. Hal ini menyebabkan dia ditangkap dua kali karena tindakannya tersebut. Dilaporkan pula ia mendapat untung sebesar $146.000 dari praktik ilegalnya ini.

Pada akhirnya, Yuji Naka juga mengakui ketidakwajaran ini pada bulan Maret lalu dengan mengatakan bahwa dirinya mendapat keuntungan bersih dari penjualan saham tersebut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version