10 VGA Terbaik dan Paling Populer di Kalangan Gamer PC – 4 Oktober 2023

Vga Terbaik Dan Paling Populer Oktober 2023

Mencari rekomendasi VGA terbaik dan paling populer, terutama di kalangan gamer PC sebenarnya bukanlah hal mudah. Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali faktor yang menentukan worth atau tidaknya VGA tersebut untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

Di antaranya harga, jenis memori, merk, dan tentunya tuntutan spesifikasi game yang akan dimainkan. Bila kita mengacu pada standar komputer zaman now, VGA dengan memori 4GB adalah ambang batas terendah untuk dapat memainkan game dengan nyaman.

Alhasil, kenyataan tersebut seolah meminta kita untuk selektif dalam memilih VGA terbaik untuk temani semua aktivitas. Mulai dari gaming sampai pembuatan konten, yang tentunya membutuhkan VGA yang memadai.

Untuk mudahkanmu mencari referensi VGA terbaik dan paling populer di kalangan gamer PC, kami akan menderetkan VGA terbaik dan terpopuler versi Gamebrott khususnya di bulan Oktober.

Disclaimer: Harus dicatat bahwa semua VGA gaming yang kami rekomendasikan ini berdasarkan pada survei bulanan yang dilakukan secara berkala oleh Steam Hardware. Jadi, tidak menutup tingkat akurasi dari daftar ini mungkin agak sedikit berbeda dengan yang terjadi di tanah air.

VGA Terbaik dan Paling Populer

VGA Terbaik dan Paling Populer

Inilah kumpulan VGA terbaik dan paling populer yang bisa kalian jadikan referensi.

1. RTX 3060

RTX 3060

Di bulan oktober ini, VGA RTX 3060 tampak berhasil dominasi dari GTX 1650 yang secara teknis, kemampuannya terpaut amat jauh di bawahnya. Baik itu memori 8GB maupun 12GB, dibekali kemampuan dan memori besar yang ditawarkannya, berhasil jadikannya salah satu VGA terbaik dan amat populer di kalangan gamer PC.

Harganya sendiri sudah mulai menunjukkan adanya penurunan, yang tentunya akan membuat gamer dan kreator dengan senang hati melirik VGA ini untuk temani aktivitasnya sehari-hari.

2. GTX 1650

GTX 1650

Kemampuan dan ketenaran dari GTX 1650 tampaknya sudah mulai berkurang. Entah itu yang gunakan memori 4GB DDR5 maupun DDR6, kemampuan VGA entry-level dari kubu hijau NVIDIA ini tampaknya sudah mulai sedikit kurang relevan dengan zaman.

Untuk harganya sendiri masih ada di kisaran 2 Jutaan Rupiah, menjadikan VGA ini adalah salah satu VGA terbaik di harganya. Walau kemampuannya masih kalah dengan RX 6500 XT, namun GTX 1650 masih lebih dipilih karena memiliki encoder yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.

3. RTX 2060

RTX 2060

Sama halnya dengan VGA RTX 2060 yang merupakan VGA keluaran 4 tahun silam, ternyata masih ada saja yang mengincar VGA ini untuk temani aktivitas sehari-hari, baik itu gaming maupun pembuatan konten. Terlebih dengan dihadirkannya varian memori 12GB, yang meluncur tahun lalu seolah menambah alternatif.

Walau menurut kami RTX 2060 masih bisa dikatakan relevan, namun tidak dengan harganya yang menurut kami terlalu mahal untuk performa yang ditawarkannya. Dengan harganya yang ada di kisaran 4 Jutaan Rupiah untuk varian 12GB, kami kurang merekomendasikan VGA ini, kecuali bila kalian tidak ada pilihan.

4. GTX 1060

GTX 1060

Wow, siapa yang bakal menyangka VGA keluaran 7 tahun silam masih boleh masuk ke dalam daftar VGA terbaik ini? Tampaknya memori 6GB yang menjadi andalan VGA ini lah yang masih bolehkan VGA ini masih tetap relevan, setidaknya untuk mereka yang ingin merakit PC dengan dana terbatas.

Dikarenakan tidak ada GTX 1060 6GB yang masih dalam kondisi bersegel alias baru, kami hanya menaksir harga bekasannya yang hanya di kisaran 800 Ribuan Rupiah masih lumayan worth untuk VGA dengan memori di atas 4GB.

5. RTX 3060 Ti

RTX 3060 Ti

Hei, siapa yang menyangka RTX 3060 Ti bisa memasuki deretan VGA terbaik dan paling populer di kalangan para gamer di tahun 2023? Meski lompatan performanya tidak masuk akal, namun setidaknya VGA ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk saat ini.

Memang, selisih performanya tidak terlalu jauh dari RTX 3060 8-12GB, namun setidaknya embel-embel ‘Ti’ memang memiliki peranan penting di sini. Sayangnya, harganya masih terpantau cukup mahal di 6 Juta Rupiah, dan tidak menunjukkan adanya kemungkinan akan turun dalam waktu dekat.

6. RTX 3060M

RTX 3060M

Tidak hanya VGA komputer saja, namun VGA terbaik dan paling populer di kalangan para gamer PC salah satunya adalah RTX 3060M, yang menegaskan ketenaran dari RTX 3060M ini cukup layak mendapat sorotan, terutama bila kalian mencari rekomendasi laptop gaming dengan VGA ini.

Harganya pun bervariasi, tergantung jenis laptop yang ingin kalian beli. Namun, saat kami mengecek e-commerce, terdapat sebuah brand yang meluncurkan RTX 3060M versi desktop di kisaran 4 Juta Rupiah, menawarkan memori 12GB namun dengan kemampuan setara mobile.

7. RTX 3070

RTX 3070

Di antara semua VGA terbaik yang kami kumpulkan, ternyata RTX 3070 mampu mengisi deretan VGA terbaik yang disukai para gamer. VGA ini dipersenjatai memori 8GB, menjadikannya salah satu VGA andal untuk dapat jalankan bermacam game tanpa masalah.

Sayangnya harga RTX 3070 masih terlalu mahal untuk ukuran VGA dengan memori 8GB, yaitu di kisaran 7 Jutaan Rupiah ke atas. Makanya, kami tidak heran bila RTX 3070 ada di urutan ketujuh di daftar ini.

8. GTX 1050 Ti

GTX 1050 Ti

Siapa yang tidak kenal dengan penerus ‘Lord Cespleng’ alias GTX 750 Ti satu ini? Walau kemampuan dari VGA ini sudah mulai menunjukkan umurnya di tahun ini, namun julukannya sebagai salah satu VGA terbaik pada masanya ini tidak boleh kita lupakan loh, brott.

Uniknya, VGA GTX 1050 Ti ini masih diproduksi sampai detik ini, namun dengan harga yang menurut kami kurang masuk akal. Yah, 2 Jutaan Rupiah untuk VGA keluaran tujuh tahun yang lalu jelas sama sekali kurang masuk akal, karena seharusnya VGA ini ada di kisaran 1 Juta Rupiah saja.

9. RTX 3050

RTX 3050

Menutup rekomendasi VGA terbaik dan paling populer di kalangan gamer PC ialah RTX 3050 yang menawarkan memori 8GB. Sayangnya, gimmick ray-tracing pada RTX 3050 ini tampaknya benar adanya, karena banyak yang menilai VGA ini hanya mampu menjalankan game dengan ray-tracing namun dengan performa ala kadarnya.

Harganya sendiri masih terlalu mahal di 3 Jutaan Rupiah, yang tentunya membuat para gamer dan kreator berpikir setidaknya tujuh kali untuk sekalian membeli VGA yang lebih kuat namun selisih ratusan ribu Rupiah saja.

10. GTX 1660 SUPER

GTX 1660 SUPER

Di urutan terakhir, GTX 1660 SUPER tampak duduk nyaman di urutan yang mepet, seolah menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu VGA yang ‘aman’ untuk dapat memainkan game zaman now.

Harga VGA termurah yang dapat kami temukan ada di kisaran 2 Jutaan Rupiah sampai 3 Jutaan Rupiah, yang tentunya masih merupakan batas nyaman untuk dapat dijadikan patokan oleh perakit PC dengan budget terbatas sekalipun.

Itulah dia deretan VGA terbaik dan paling populer di kalangan gamer PC pada bulan Oktober 2023 yang dapat kami hadirkan. Tentu saja, semua rekomendasi di atas akan tidak berguna bila kalian tidak menyesuaikannya dengan kebutuhan kalian, baik itu gaming tipis-tipis, atau membuat konten.

Jadi, VGA mana yang kamu yakini untuk ditandem dengan PC kesayanganmu, dan apakah kalian setuju dengan popularitas dari RTX 3060 yang berada pada urutan pertama? Yuk, share komentar kalian!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version