Rumor Jumlah L2 Cache Intel 15th Gen Arrow Lake Naik 75%

L2 Cache Intel 15th Gen

Kalau sebelumnya vendor prosesor berbondong-bondong menaikkan L3 Cache, kini Intel sepertinya akan melakukan hal yang sama pada L2 Cache prosesor mereka. Seperti yang kita tahu, peran Cache pada semikonduktor ini bisa menaikkan performa, dan kebanyakan dirasakan ketika bermain game.

Dengan Intel menaikkan L2 Cache akan berpengaruh pada aplikasi yang bergantung pada bandwidth memori. Tapi, seberapa besar pengaruh yang ia bawa bila dibandingkan dengan L3 Cache?

Jumlah L2 Cache Intel 15th Gen Arrow Lake Naik Jadi 4MB Per P-Core

Jumlah Cache Level 2 dikabarkan meningkat di gen 15

Menurut leaker Golden Pig Upgrade via HXL, Intel Arrow Lake atau generasi ke-15 nantinya akan mempunyai L2 Cache 3MB per core dan jika terus mempertahankan 8 P-core seperti sebelumnya, kemungkinan besar jumlah Cache L2 akan naik menjadi 24MB. 

Ini merupakan kenaikan yang cukup besar dimana sebelumnya Intel Raptor Lake menggunakan 2MB L2 Cache untuk P-Core ditambah dengan 512KB untuk E-Core berarti total 32MB L2 Cache bisa dinikmati konsumen.

Arrow Lake gunakan fabrikasi Intel 20A

Arrow Lake nantinya akan di manufaktur menggunakan fabrikasi Intel 20A (atau penamaan konvensionalnya adalah 2nm). Dikabarkan juga intel akan menaikkan jumlah E-Core pada Core i9-15900K menjadi 32 Core.

Tentu ini jumlah yang naik sangat signifikan dibanding jumlah E-Core pada 13900K yang berjumlah 16 Cores. Anggapan seperti ini berarti jumlah Cache L2 akan meningkat menjadi 56MB jika menggabungkan P-Core dan E-Core sekaligus.

Naik Jumlah Cache Intel Arrow Lake Berarti Performa Seharusnya Semakin Ngebut

Kenaikan L2 Cache bisa jadi kenaikan performa

Jumlah L3 Cache juga dikabarkan naik ke 64MB dari generasi 13 yang masih berjumlah 36MB. Tapi apakah kenaikan ini berpengaruh besar pada kecepatan yang dirasakan? Cache level semakin rendah berarti jaraknya semakin dekat terhadap prosesor. Ini sangat berkontribusi terhadap latency yang dihasilkan.

Hasilnya, jika memperbesar Cache L2 berarti data yang diproses oleh prosesor lebih cepat karena data yang dibutuhkan sudah masuk ke Level 2 Cache. Hanya saja jenis Cache ini memang sangat ngebut dan membutuhkan harga yang sangat mahal dalam proses pembuatannya.

Semua ini tentu masih sebatas rumor belaka. Mengenai apakah harga juga ikut naik seperti berita sebelumnya, belum diketahui sampai sekarang. Bagaimana menurut kalian, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version