Lakukan Praktek KKN, Gamer Politisi Ini Resmi Diban Permanen di Eve Online


Follow Us

Korupsi dalam gamenya, bukan di dunia nyata

Bila kalian belum familiar, game Eve Online adalah sebuah game MMO bertajuk luar angkasa yang setiap tahun selalu rutin mengadakan acara mirip semacam pesta demokrasi atau pemilu (pemilihan umum). Semua pemain-pemain yang terpilih nantinya akan dipercaya untuk tergabung sebagai salah satu anggota CSM (Council of Stellar Management). Mirip seperti DPR, para CSM nantinya akan siap bertanggung jawab dalam memediasikan berbagai ide serta feedback yang muncul diantara para pemain dan pihak developer game.

Nulis artikel dibayar

Yang paling menarik, acara pemilihan anggota CSM di tahun kemarin rupanya diwarnai oleh hadirnya sesosok politisi asli yang kebetulan ingin merasakan serta mengaplikasikan pengalaman politiknya di dunia Eve Online. Bernama Brian Schoeneman atau Brisc Rubal (nama beliau di dalam game), ia terlihat nampak begitu serius untuk mendapatkan satu kursi jabatan CSM.

Dengan sampai rela membuat video kampanye seperti seorang calon wakil rakyat yang sesungguhnya, Brisc Rubal akhirnya bisa meraih tempat dan kepercayaan besar untuk memimpin para pemain-pemain Eve Online sebagai salah satu anggota CSM di periode yang ke-13 pada tahun 2018 kemarin.

 

Namun, tahun 2019 nampak bukan menjadi tahun yang baik untuk Brisc Rubal. CCP Games selaku developer Eve Online dengan berat hati harus mencopot jabatannya akibat suatu skandal yang diduga telah ia dalangi. Brisc dituding telah membocorkan banyak informasi rahasia kepada para pemain-pemain di grup aliansi guna dimanfaatkan untuk melakukan suatu transaksi yang seharusnya tidak diperbolehkan.

Tidak hanya dicopot sebagai anggota CSM saja, sebagai salah seorang pemain, ia pun juga harus menerima ban hammer langsung di dalam game secara permanen. Brisc sendiri sangat menyesalkan tindakan sadis CCP tersebut sekaligus menyangkal tuduhan tentang dirinya yang sudah melakukan semacam praktek “KKN” di Eve online.

Tidak hanya mengungkapkan asas praduga tak bersalah di Twitter saja, Brisc pun juga berupaya untuk membersihkan reputasi serta nama baiknya dengan mengungkapkan sebuah klarifikasi yang cukup panjang di Reddit. Yang menjadi masalah, para netizen di sana nampak tidak terlalu menanggapi secara positif keluhan Brisc. Dikarenakan bahwa ia selalu membawa-bawa jabatan profesionalnya ke dalam sebuah video game.

Terlepas bahwa ia mengaku masih belum mendapat keterangan yang jelas mengenai alasan mengapa dirinya harus dideportasi dari Eve Online, game MMO ini memang terkesan tidak sesantai yang semua orang kira. Keberadaan isu-isu tentang drama konspirasi ataupun upaya penjatuhan seorang figur-figur pemain yang populer juga adalah hal yang banyak diakrabi di Eve Online.

Baik mengenai kemungkinan-kemungkinan status Brisc Rubal sebagai salah seorang korban yang dijebak ataupun si pelaku itu sendiri, setidaknya kita semua bisa mulai belajar untuk lebih berhati-hati lagi ketika mengemban sebuah tanggung jawab yang amat sangat krusial di game online. Dan selalu pula mengupayakan untuk tidak pernah sekalipun mengumbar-umbar potret kehidupan nyata kalian secara publik di sana.  Menjadi gamer yang low profile jelas adalah opsi terbaik yang tidak bisa kamu kesampingkan begitu saja.

Game Eve Online sendiri bisa kalian mainkan secara free to play di PC baik melalui Steam ataupun situs resminya langsung.


Baca pula informasi lain terkait game Eve Online, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia vidoe game dari saya, Ido limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item