Larangan Ekspor Amerika Direvisi, NVIDIA Diminta Stop Distribusi VGA Ini

Larangan Ekspor Amerika Direvisi

Persaingan di dunia teknologi saat ini tampaknya semakin sengit saja. Hal tersebut dibuktikan baru-baru ini dengan larangan ekspor Amerika direvisi, di mana NVIDIA diminta untuk stop distribusi VGA yang baru-baru ini meluncur ke pasaran. Memangnya, ada apa dengan VGA tersebut, dan mengapa?

Larangan Ekspor Amerika Direvisi, NVIDIA Diminta Stop Distribusi VGA Ini

Performa terlalu tinggi, VGA ini dilarang didistribusikan ke China

Pada kuartal keempat tahun lalu, sebelumnya kami sempat membahas mengenai larangan ekspor Amerika yang sempat membuat heboh, karena membuat harga sebuah kartu grafis menjadi naik sampai dua kali dari harga normal.

Hal tersebut memang sempat membuat NVIDIA gencarkan distribusi, dan luncurkan versi ‘lite’ dari kartu grafis tersebut untuk menghindari larangan ekspor. Namun, ternyata hal tersebut tak berlangsung lama, karena larangan ekspor Amerika direvisi, dan kembali membuat manufaktur tersebut akhirnya kehabisan opsi.

RTX 4090D yang artinya ‘dragon’

Berdasarkan informasi yang kami lansir dari Reuters, kini larangan ekspor Amerika direvisi dikarenakan NVIDIA ternyata masih berusaha untuk ‘menyelundupkan’ teknologi terbarunya ke China, yang merupakan rival abadi dari Negeri Paman Sam tersebut. Setelah kami ulik, ternyata VGA RTX 4090D adalah sumber masalahnya.

Lebih lanjut, larangan ekspor ini tampak dilakukan untuk menekan angka penyebaran dan kemajuan teknologi di negara China, mengingat kompetisi di dunia teknologi saat ini memang semakin memanas saja.

Revisi Larangannya Efektif di Bulan Ini

Efektif berlaku di bulan April

Imbas larangan ekspor Amerika direvisi disebut akan efektif berlaku di bulan ini. Di mana regulasi terbaru ini akan efektif pada bulan April, tepatnya pada tanggal 4, dan dipastikan akan menyasar komponen desktop, termasuk laptop yang gunakan kartu grafis yang sama.

Dalam revisi terbarunya, dijelaskan bahwa larangan ekspor terbaru dengan jumlah total 166 halaman ini menegaskan bahwa kartu grafis dengan kemampuan komputasi melebihi 70 TeraFLOPS dilarang keras untuk didistribusikan secara bebas, meski sebelumnya sempat diantisipasi.

Entah bagaimana akhir dari larangan ekspor yang dilakukan oleh Amerika ini ke depannya, namun tampaknya persaingan ketat di dunia teknologi semakin tak terhindarkan yah, brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version