Mengenal Parasit Las Plagas yang Jadi Ancaman Berbahaya di Resident Evil 4

Las Plagas

Las Plagas Resident Evil 4 – Seri RE4 merupakan salah satu yang paling spesial dari game survival horror buatan Capcom ini. Bagaimana tidak, kepopuleran game RE bisa dikatakan mencapai puncaknya pada seri keempat sebelum akhirnya menurun di seri kelima berkat perubahan mekanis yang lebih ke arah action.

Sebagai sebuah game konsol PS2, seri RE4 sukses menyajikan gameplay imersif yang mencekam serta jalan cerita yang seru buat diikuti. Jajaran karakter mulai dari protagonis hingga antagonis cukup membuat seri ini dikenang hingga sekarang.

Las Plagas Resident Evil 4, Parasit yang Berbahaya dan Mampu Mengontrol Manusia

Parasit yang mengerikan di seri RE4

Salah satu yang menjadikan seri RE ini cukup berbeda adalah bagaimana asal muasal konflik ini bisa terjadi. Jika seri RE sebelumnya mengawali cerita dengan infeksi virus, kali ini sumber infeksinya berasal dari parasit bernama Las Plagas. Seperti apa ancaman yang dihasilkan oleh parasit ini, mari kita bahas di artikel kali ini.

Sejarah dan Etimologi Plaga Resident Evil 4

Kastil Salazar yang menjadi latar cerita RE4

Seperti yang kita tahu, Plaga Resident Evil 4 bukanlah virus melainkan parasit, lebih tepatnya merupakan bagian dari genus arthropoda atau hewan berkaki ruas. Sedikit yang diketahui selain penamaannya dalam bahasa Spanyol berarti Plague atau wabah.

Walau pertama kali kita mengenal parasit ini dari Spanyol, Plagas kemungkinan berasal dari Afrika barat tepatnya di kerajaan Ndipaya yang sudah ada sejak zaman Neolitikum.

Parasit ini hidup pada area pegunungan di Spanyol dan berkembang biak secara aseksual. Telur parasit tersebut akan menetas dalam tubuh inang dan mencapai masa dewasa hanya dalam kisaran hari sejak menetas.

Plagas mempunyai tiga fase perkembangan yang diberi nama A, B, dan C. Keunikannya sebagai hewan parasit adalah mampu mengendalikan aksi dari inangnya. Para inang yang sudah terjangkiti oleh parasit ini pun disebut sebagai Ganados atau hewan ternak.

Catatan sejarah paling awal datang dari bangsawan bernama Salazar. Dia memimpin sebuah pembasmian pada wilayah pegunungan Spanyol untuk membasmi para Ganados dan menyegel parasit Plagas. Salazar pun membangun kastil diatasnya dan bertugas untuk menjaga agar para parasit ini tidak kabur.

Biologis Las Plagas

Konsep parasit di RE4

Sebagai sebuah parasit di RE4, ia mempunyai kemampuan untuk mengambil alih kendali sistem saraf manusia diantara paru-paru dan jantung. Infeksi ini terlihat menyakitkan dan menyebabkan penderita sampai memuntahkan darah, pembuluh darah membengkak, hingga halusinasi. 

Manusia yang sudah terjangkiti olehnya akan mengalami peningkatan kekuatan fisik dan ketahanan. Hal ini terlihat dari beberapa Ganados bahkan sanggup menahan hujan peluru dan menggunakan senjata yang cukup besar dan berat.

Selain itu mereka juga hidup secara berkelompok dan berkomunikasi menggunakan frekuensi gelombang suara tinggi dan hewan ini bisa menangkap gelombang tersebut berkat bantuan organ khusus pada tubuh mereka. Karena inilah Ganados yang terjangkiti oleh parasit yang lebih dominan bisa memberikan arahan pada Ganados biasa.

Tampaknya tidak semua Ganados senang pada satu sama lain. Terbukti dari Los Illuminados yang tetap mengeksekusi warna setempat dan saling menyerang sesama host. Meskipun terdengar menyeramkan, mereka punya satu kelemahan yaitu sinar UV. Maka kebanyakan dari parasit ini sangat menghindari siang hari atau tempat yang banyak paparan UV. Jadi infeksi ini masih bisa disembuhkan dengan cara operasi laser UV.

Tipe-tipe Las Plagas

Ganados, inang para parasit

Ada beberapa macam tipe parasit berdasarkan umur dan perkembangannya. Berikut penjelasannya:

Plaga A

Ini merupakan fase paling awal setelah menetas. Bentuknya seperti tentakel dan punya mata pisau seperti sabit pada ujung tentakel terpanjangnya. Plaga tipe ini juga pernah terlihat menjangkiti anjing seperti pada kasus Colmillos.

Plaga B

Parasit ini berbentuk seperti tangan dan tentakelnya menjadi semakin kuat dan mampu memegang musuh. Bagian bawah tangan tersebut juga terdapat mulut berukuran besar uang dapat menggigit mangsa.

Plaga C

Plaga C lebih terlihat bagaikan laba-laba dengan tangan yang lebih tipis dan panjang. Tipe ini merupakan yang paling dewasa dan mampu meninggalkan inangnya jika perlu.

Kemunculan di RE4

Leon melawan para Ganados di RE4 Remake

Seperti yang sudah kita kenal, insiden ini didasari oleh Osmund Saddler, orang misterius yang menggunakan parasit tersebut untuk kekayaan dan berniat menguasai dunia dengan mengontrol manusia lainnya. Dia pun mendirikan organisasi kultus Los Illuminados dan mendapatkan gelar Prophet Saddler.

Saddler mendapatkan kepercayaan Ramon Salazar, pemimpin ke-8 dari keluarga Salazar dan keduanya menggali tempat dikuburnya para Ganados. Para pekerja yang melakukan penggalian pun mengalami penyakit aneh dan akhirnya Saddler sadar impiannya ini sudah bukan sekadar mimpi belaka.

Saddler membangun sebuah tempat penelitian dan basis militer di pulau sekitar dan disana, para Los Illuminados mempelajari parasit tersebut dan menciptakan veri yang lebih dominan. Dimana orang yang terjangkiti oleh Plaga dominan ini masih akan tetap memiliki kesadaran namun tetap bisa memberikan arahan kepada para Ganados atau inang lainnya.

Varian dominan ini juga mampu bermutasi sesuka mereka dan berkat ditemukannya Ratu Plaga, yang bisa menciptakan telur baru tanpa reproduksi secara seksual. Dalam riset berkelanjutan, dipastikan juga parasit ini mampu membuat manusia yang terjangkiti jadi lebih kuat atau mampu menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang dalam hitungan detik.

Konflik dengan Leon dan Ada Wong

Kemunculan Leon di RE4 Remake

Seperti yang kita tahu, konflik utama dari cerita Resident Evil 4 adalah usaha Leon S. Kennedy yang berangkat ke desa penuh parasit tersebut dengan satu tujuan yaitu menyelamatkan Ashley Graham, putri dari mantan Presiden Amerika Serikat yang diculik oleh Jack Krauser.

Tujuan Los Iluminados tentu tidak lain adalah menjangkiti Ashley dengan parasit dan dikembalikan ke Amerika. Dengan begitu mereka bisa menyusupi dan menghancurkan AS dari dalam.

Namun usaha ini tentu tidak berhasil, jika kalian sudah memainkan RE4 tentu sudah paham jika rencana ini kelak akan digagalkan oleh Leon dan Ada Wong. Kastil Salazar hancur dan Saddler sendiri berhasil dikalahkan oleh Leon.

Meski sekilas terlihat seperti ambisi Saddler berhenti disitu, nyatanya gen dari Las Plagas kelak akan digunakan untuk menciptakan A-Virus yang muncul di cerita Resident Evil Vendetta.

Itulah sedikit sejarah akan parasit yang menjadi sumber masalah di RE4. Menurut kalian apakah tingkat horor di RE4 Remake nanti akan lebih mengerikan lagi mengingat grafis parasitnya akan dibuat lebih HD? Beri pendapat kalian ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait RE atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version