Masalah dengan Publisher, Dev The Sinking City Harap Fans Jangan Beli Game Mereka di Steam

in ,
Sinking City 8

The Sinking City didiskon minggu ini di Steam. Untuk banyak developer, momentum diskon ini dipergunakan untuk menarik lebih banyak orang yang belum sempat mencoba game mereka, namun developer dari game The Sinking City – Frogwares – meminta gamer untuk tidak membeli game mereka tersebut di Twitter.

Belum ada keterangan jelas dari Frogwares alasan mengenai tweet tersebut, namun kemungkinan besar ini dikarenakan permasalan mereka dengan sang publisher yaitu Nacon atau sebelumnya bernama Big Ben Interactive.

Pada akhir tahun 2020 lalu, Frogwares tarik peredaran The Sinking City dari platform distribusi digital dan menghentikan kontrak mereka dengan Nacon karena mereka mengklaim sang publisher tidak membayar royalti kepada mereka setelah mencapai performa jual yang baik. Menurut isi gugatan, Nacon berutang kepada Frogwares royalti sebesar 1 juta euro.

Bulan lalu, game kembali didistribusi setelah hasil keputusan dari pengadilan Paris yang memenangkan pihak Nacon dan menetapkan Frogwares telah melanggar kontrak “secara nyata dan melanggar hukum.”

Versi PS5 kemudian dirilis dan Frogwares menjelaskan bahwa versi tersebut adalah versi yang mereka rilis sendiri tanpa keterlibatan Nacon. Sementara itu, versi PS4 yang telah lama rilis masih diterbitkan oleh Nacon, hal ini dikarenakan masalah legalitas yang belum tuntas sekarang dengan publisher alhasil pemilik versi PS4 tak akan mendapatkan upgrade gratis next-gen layaknya game-game PS4 menuju PS5 lainnya.

Versi Steam yang dirilis sekarang tampaknya diterbitkan oleh Nacon, dengan dendam Frogwares dengan perusahaan tersebut, sedikit wajar apabila mereka berharap gamer tak membeli versi Steam sama sekali. Belum diketahui saat ini apakah Frogwares masih mendapatkan porsi pendapatan dari rilisan publisher lama tersebut, namun kemungkinan hal tersebut akan dijelaskan lebih detil nantinya oleh mereka.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.