Masih Berupa Himbauan, Kominfo Sebut Youtuber Kimihime Belum Langgar UU ITE

Untitled 1 2

Masih seputar Youtuber yang cukup kontroversional, Kimi Hime, pada Senin (22/7) mendapatkan panggilan resmi dari Kominfo akibat aduan konten “vulgar” miliknya. Meski sudah diisukan mendapat panggilan resmi, namun pada kasus ini Kominfo mengaku hal tersebut masih berupa himbauan saja belum akan terjadi pemblokiran terhadap channel Youtube miliknya.

Kimberly Khoe atau yang akrab dipanggil Kimi Hime ini merupakan seorang content creator dari platform Youtube. Layaknya Pewdiepie ataupun Miawaug, Kimi Hime sebagai Gaming Youtuber, kerap memproduksi konten-konten berupa gameplay sebuah game. Meski begitu yang membedakan Kimi Hime dengan beberapa Content Creator Youtube lainnya, Kimi kerap mengenakan pakaian-pakaian yang “sensual” saat memainkan Video Game tersebut.

“Nanti akan dibahas bersama terkait konten dia agar dikurangi supaya sesuai. Karena secara umum dia belum memenuhi unsur pornografi dalam regulasi UU ITE,” dilansir dari CNN Indonesia.

Source: Instagram Kimi Hime

Kominfo sendiri baru memanggil Kimi Hime pasca mendapat aduan dari Komisi I DPR RI. Dimana sebelumnya Komisi I DPR RI juga baru mendapat laporan dari Asosiasi Pengawas Penyiar Indonesia (APPI) terkait konten milik Kimi Hime yang sensual. Salah satu perwakilan dari APPI bernama Nando mengaku sudah berusaha menghubungi Kimi Hime melalui Instagram dan nomor ponselnya, namun nampaknya belum ada balasan.

“Kami baru benar-benar tahu konten itu, dan itu diputar dalam rapat di Komisi I. Memang dia bermain (sejenis) PUBG, dan kalau di YouTube itu hasil permainannya ditayangkan dan dia sendiri sambil komentar dan pakai baju seksi,” ujarnya.

Meski begitu Kominfo sendiri secara jelas menganggap bahwa belum ada pelanggaran yang memenuhi unsur UU ITE sehingga pihak mereka belum bisa melakukan apa-apa selain usaha pemanggillan. Diharapkan setelah pemanggilan Kimi Hime tak lagi membuat konten dengan pakaian yang terbilang seksi.

Source: CNN Indonesia

Jika kalian tertarik membaca artikel lain perihal Kimi Hime kalian bisa membacanya disini. 

Exit mobile version