Mediatek Kenalkan Dimensity 800, SoC 5G Dari Mediatek Untuk Kelas Menengah

in ,

Mediatek baru-baru ini secara official telah mengumumkan sebuah chipset baru, yaitu Mediatek Dimensity 800. Chipset ini merupakan chipset yang sudah mendukung konektivitas 5G dengan harga yang lebih murah dibanding seri Dimensity 1000.

Chipset buatan Mediatek ini sudah mendukung konetivitas 5G dan mendapatkan sertifikasi jaringan modul ganda SA / NSA. Dibangun menggunakan proses 7nm TSMC, Dimensity 800 sudah mendukung pita frekuensi 5G Sub-6GHz, konektivitas jaringan selular generasi kedua 2G-5G, teknologi berbagi spektrum dinamis (DSS) dan layanan suara VoNR.

Mediatek mengklaim jika Dimensity 800 adalah sebuah SoC yang “menghadirkan fungsi tingkat atas, efisiensi energi, dan memungkinkan pengalaman ponsel 5G kelas atas”.

Secara teknologi, Dimensity 800 juga mendukung 5G dual carrier aggregation (2CC CA). Jadi, dibandingkan dengan procesor lain yang hanya mendukung single carrier (1CC tanpa CA), jangkauan jaringan 5G dari Dimensity 800 meningkat 30% dengan mengaktifkan beberapa koneksi. Selain itu, saat diaktifkan pergantian koneksi menjadi mulus dan tingkat output rata-rata yang lebih tinggi.

Untuk kamera, Mediatek Dimensity 800 dikatakan sudah mampu menangani hingga Quad Camera. Dimana maksimum sensor tunggal yang mampu ditangani adalah 64MP. Selain itu, Dimensity juga sudah mendukung AI autofocus, Auto exposure, auto white balance, AI NR noise reduction, AI HDR high dynamic range, face detection dan pertama didunia yang mendukung fungsi multi-frame 4K HDR video.

Untuk ketersediaanya, Mediatek Dimensity dikatakan akan mulai tersedia di pasaran mulai Quartal pertama 2020. Sehingga kemungkinan pada Quartal 2 tahun 2020 sudah banyak vendor ponsel yang mengeluarkan ponsel 5g murah yang ditenagai oleh Chipset ini.

 

Sumber: Gizchina

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]