Mengenal Cheat Engine, Software Cheat Populer yang Digunakan oleh Gamer PC

Cheat Engine

Mengenal Cheat Engine – Berbicara soal cheating dalam gaming, biasanya yang sering gamer generasi sekarang dengar adalah bagaimana sebuah game online dipasangkan auto-aim atau wall hacking yang membuat pengguna bisa melihat player lain dari balik dinding.

Tapi nyatanya, cheat di video game tidak hanya sebatas itu saja. Bahkan game single player juga punya cheat mereka sendiri. Kalau masa kecil kalian di tahun 90an, kalian mungkin mengenal istilah GameShark untuk konsol PlayStation.

Hanya saja, kalau pembahasannya soal game yang lebih ramah tembus cheat, game PC sudah pasti adalah rajanya. PC memang sebuah alat yang mampu untuk menciptakan berbagai software sejenis cheat yang nantinya akan kalian kenal sebagai ‘Cheat Engine.’

Saking populernya banyak sekali gamer yang menggunakan software ini terbukti dari kalau kita menuliskan kata kunci ‘cheat engine download’ di mesin pencari, tanpa perlu menuliskan kalimat utuh langsung ada saran kalimat lengkapnya.

Bagaimana dengan sejarah terbentuknya software cheat ini? Siapa pembuatnya? Apakah menggunakan Cheat Engine itu legal dan etis? Mari kita bahas lebih lanjut, brott.

Fakta Cheat Engine dan Sejarah Terbentuknya

Tampilan di software cheat populer

Apa itu Cheat Engine? Cheat Engine adalah sebuah aplikasi untuk melakukan cheat pada game PC dan pengguna banyak menggunakannya untuk berbuat curang seperti mendapatkan gold dan parameter lainnya dalam game secara instan.

Pencipta Cheat Engine adalah Eric Heijnen, dan pertama kali software ini dirilis pada tahun 2008 untuk digunakan pada sistem operasi Windows. Seperti namanya, software ini digunakan untuk melakukan cheating pada berbagai game dan seiring berjalannya waktu, software ini terus di recompile dan dimodif untuk mendukung game yang lebih baru.

Pengguna dapat mendownload software ini secara gratis hanya saja, pembuatnya yaitu Eric Heijnen menetapkan kalau software ini memang tidak open-source. Jadi, Cheat Engine sebenarnya bukanlah sebuah FOSS (Free and Open-Source Software) karena software ini tidak boleh didistribusikan kembali.

Memang sebenarnya fungsi Cheat Engine ini kebanyakan digunakan untuk game. Sebenarnya tidak menutup kemungkinan kalau software ini juga bisa digunakan untuk keperluan di luar itu. Jadi bisa dikatakan kalau kegunaan Cheat Engine sekarang banyak didominasi oleh gamer untuk memodifikasi game yang mereka mainkan.

Bagaimana Cara Menggunakan Cheat Engine?

Cara menggunakan

Untuk memahami bagaimana cara gunakan software ini, pertama-tama kalian harus paham dulu bagaimana cara kerjanya. Ketika kalian menjalankan sebuah aplikasi atau game, file yang berisi code-code disimpan sementara di memory RAM kalian. Cheat Engine bisa memindai apa saja yang ada di RAM dan mengubah value yang ada didalamnya.

Dengan begitu kalian bisa mengubah value misalnya HP kalian atau Gold menjadi sebanyak-banyaknya. Asalkan kalian tahu value awal yang ingin kalian ubah lalu melakukan pemindaian sekali lagi ketika value berubah, maka kalian bisa mengubah value tersebut sesuka hati.

Selain angka, software ini juga sedikit banyak bisa memanipulasi Direct3D hanya saja aksi yang ini cukup sulit dilakukan orang awam karena membutuhkan pengetahuan yang cukup mendalam soal software terkait yang ingin diubah.

Apakah Cheat Engine Bisa Digunakan di Game Online?

Apakah bisa digunakan di game online?

Untuk pertanyaan ini sayang sekali jawabannya adalah tidak. Cheat Engine memerlukan kalkulasi yang ditempatkan pada RAM untuk bisa berfungsi. Sedangkan semua game online itu kalkulasinya dilakukan pada sisi server dan tugas klien hanya menyesuaikan tampilan saja.

Untuk melakukan hacking atau cheating di game online, kalian memerlukan software khusus yang memang dibuat untuk game tersebut.

Jadi kalau kalian ingin mencurangi sebuah publisher game dengan menggunakan Cheat Engine, hal itu tidak bisa dilakukan. Tapi, kebalikannya kalau game tersebut murni dimainkan secara online, kemungkinan besarnya software cheat ini bisa digunakan.

Apakah Cheat Engine Aman dan Legal?

Apakah legal?

Kalau pertanyaannya apakah software cheat ini legal atau tidak, jawaban yang kalian dapatkan akan bervariasi dan tidak segampang legal atau tidaknya. Sebenarnya software-nya sendiri tidak melanggar apapun karena tujuan penggunaannya juga universal.

Hanya saja jika sebuah program atau game memang melarang penggunaan cheat, maka bisa dipastikan kalian tidak boleh menggunakan software ini. Entah itu karena ada elemen tertentu yang memang tidak boleh diubah atau berhubungan dengan monetisasi. Jadi kalau ditanya kalau Cheat Engine apakah aman? Ya jawabannya aman-aman saja selama tidak melanggar aturan dari game.

Download Cheat Engine Sering Dianggap Virus

Kadang disusupi malware

Salah satu kekurangan yang biasa sering ditemukan oleh pengguna ketika memasang software ini adalah sering terdeteksi oleh anti-virus baik itu bawaan seperti Windows Defender atau anti-virus pihak ketiga.

Kebanyakan memang software ini disusupi oleh malware sehingga Windows secara otomatis menghapus software ini begitu langsung terdeteksi. Cara yang paling aman untuk download software ini dan menggunakannya adalah lewat source yang tersedia. Hingga kemungkinan installer nantinya terdeteksi oleh anti-virus cukup kecil.

Situs Cheat Engine Download Versi Terbaru

Dimana tempat download yang aman?

Kalian bisa langsung membuka situs resmi mereka untuk mendownload langsung. Cara ini lebih terbukti aman dibanding kalian mendownloadnya dari situs pihak ketiga yang mungkin sudah disusupi malware. Tinggal ketika saja cheatengine.org di browser kalian.

Jadi itulah sedikit penjelasan mengenai software cheat yang populer untuk PC ini. Apakah kalian pernah menggunakan software ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version