Meski Dapat Resepsi Buruk, Anthem Justru Malah Menjadi “Primadona” di Jepang

anthem image 1024x576

Hasil penjualan yang laris manis di sana

Harus diakui, peluncuran game Anthem memang tidaklah sebaik ekspektasi yang telah diungkap oleh banyak pihak. Beragam masalah teknis dan minimnya konten di dalam game yang awalnya langsung dibanderol dengan harga sekitar $60 lebih tersebut benar-benar sukses menjadikan game ini menuai banyak celaan serta review yang tidak terlalu positif.

Meski tak lama Metacritic terkesan sangat kejam dalam menganggap Anthem sebagai game buatan Bioware terburuk sepanjang sejarah, hingga berujung ke pihak Sony yang secara mengejutkan mau menawarkan layanan refund. Tak adil rasanya apabila kita tidak mau untuk mencoba melihat suatu perspektif positif yang sebenarnya juga patut diapresiasi dari keberadaan Anthem.

Di negeri dimana game-game buatan negara barat tidaklah terlalu ramah dan populer bagi para komunitas gamernya, siapa yang menyangka jika gamer-gamer Jepang ternyata sangat begitu serasi atau cocok dengan game Anthem ? Dan bahkan lebih dihargai tinggi dibandingkan game ikonik buatan negeri tanah air mereka sendiri seperti Super Mario Bros U Deluxe dan Jump Force ?

Dilansir dari rekapan data penjualan game-game yang berhasil dihimpun oleh Media Create, Anthem ternyata telah uskses dinobatkan menjadi game dengan hasil penjualan fisik terlaris dalam rentang satu minggu pertamanya khusus di wilayah Jepang. Dengan mencatatkan jumlah 77.938 kopi di platform PS4, Anthem berhasil unggul secara 3 kali lipat lebih banyak dari Super Mario Bros U Deluxe yang hanya mampu menjual sebanyak 23.235 kopi saja di Nintendo Switch.

Menariknya, Jumlah yang hampir mencapai 78.000 ribu tersebut merupakan 92% dari keseluruhan total unit game Anthem yang telah didistribusikan di banyak toko-toko game retail Jepang.

 

Walaupun hal ini nampak tak terlalu banyak menolong Bioware ataupun EA dalam menghadapi berbagai celaan atas ketidakpuasan para gamer-gamer di belahan bumi yang lain, setidaknya mereka dapat melihat itu sebagai bentuk motivasi positif untuk sesegera mungkin menyempurnakan Anthem menjadi game yang betul-betul diharapkan. Tentu tak ada yang tak mungkin apabila Bioware/EA memang benar-benar berusaha untuk mau mengubah keterpurukan mereka menjadi sebuah “kemakmuran”.

Game Anthem sendiri sudah lama rilis sejak tanggal 22 Febuari kemarin di platform PC (via Origin), PS4, dan Xbox One.

Sumber: Media Create


Baca pula informasi lain terkait Anthem, beserta dengan kabar-kabar menarik lain seputar video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version