Meski Eksklusif di Epic Store, Jumlah Pemain Anno 1800 di Steam Ditaksir Mencapai Setengah Juta Lebih

3520806 anno 1800 game poster 2019 game wallpaper 5120x2160 18240 16

Jumlah pre-ordernya sangat massif ?

Supaya kamu tidak kebingungan membaca judul, perlu kamu ketahui bahwa sebagian game-game yang direncanakan untuk rilis eksklusif di Epic Games Store juga biasa dapat kamu temui di halaman Steam. Melalui kontrak eksklusif dengan jenjang waktu, terkadang ada satu kondisi dimana kalian masih dapat memainkan game tersebut di Steam setelah masa kontrak mereka habis, ataupun lewat masa pre-order sebelum mereka hendak resmi berpindah. Contohnya seperti yang sudah kamu jumpai pada game Metro Exodus dan yang terbaru kini seperti Anno 1800.


Percaya tidak percaya, Anno 1800 sendiri telah memilih untuk meniru jejak Metro exodus sebagai game yang sebenarnya bisa kamu mainkan saat ini di Steam apabila kalian sudah membelinya pada masa pre-order. Menariknya, para penggemar Anno di Steam justru nampak terlihat sangat bersyukur sekali ketika mereka bisa menjajal game simulasi membangun era revolusi industri buatan Ubisoft tersebut di sana.

Melalui laporan data yang telah dihimpun Steam charts dan press release yang dikirimkan Ubisoft SEA, Ubisoft baru saja membukukan suatu catatan rekor yang membanggakan bagi franchise Anno. Game Anno 1800 rupanya telah berhasil menjadi satu seri Anno tersukses dengan raihan jumlah sebesar 25.214 pemain yang online secara bersamaan pada hari pertama. Jumlah tersebut boleh dibilang merupakan 3 kali lipat lebih banyak dari angka 7.401 pemain yang telah diperoleh Anno 2205.

di situs Steamspy

Bahkan berdasarkan sedikitnya bocoran data dari situs Steam Spy, game Anno 1800 telah digolongkan sebagai game dengan raihan penjualan sekitar 500.000 – 1.000.000 juta unit (total pemain) di platform Steam. Dimana untuk ukuran game bangun-bangun yang baru saja memutuskan rilis secara eksklusif di Epic Store, jelas jumlah ini sangatlah begitu fenomenal untuk dibayangkan. Sedangkan untuk Epic Store sendiri, sayangnya masih belum ada info resmi dari Ubisoft mengenai bagaimana performa penjualan yang sudah berhasil Anno 1800 bukukan di sana.

Boleh dibilang, menawarkan layanan pre-order dalam detik-detik kepindahan mereka ke platform lain adalah sebuah strategi bisnis yang cukup brillian bagi Ubisoft. Secara psikologis, Ubisoft berhasil memaksa para pemain untuk harus berpikir cepat dalam menentukan mau atau tidaknya mereka dalam memainkan game Anno 1800 di Steam saat ini. Dan ternyata, banyak para pemain yang lebih memilih untuk memainkan game ini di Steam sekarang daripada nanti.

Game Anno 1800 sudah lama rilis sejak tanggal 16 April kemarin dan bisa kamu mainkan di platform PC (via Epic Game Store dan Uplay).

Sumber: Steam chart, Steamspy, dan Press Release Resmi Ubisoft SEA


Baca pula informasi lain terkait Anno 1800, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version