Metro Exodus Ternyata Lebih Lancar di Xbox One Ketimbang di PS4

metroexoduscharacter

Metro Exodus garapan 4A Games mungkin menjadi game salah satu game dengan grafis dan atmosfir permainan yang sangat memukau di tahun ini. Dan sudah bisa dipastikan bahwa kamu membutuhkan spesifikasi PC yang ganas jika ingin memaksimalkan performa serta keindahan yang dihadirkan dalam Metro Exodus.

Namun bagaimana dengan performa Metro Exodus di konsol? Digital Foundry (via wccftech) mencoba membandingkan game tersebut antara konson-konsol PS4 dan Xbox One. Dan siapa menyangka, konsol besutan Microsoft kini lebih unggul daripada konsol besutan Sony tersebut.

Kamu bisa cek video penjelasannya di bawah ini.



Perlu diketahui bahwa Metro Exodus pada PS4 Pro dapat berjalan hingga resolusi 1440p, sedangkan Xbox One X dapat berjalan pada native 4K. PS4 dan Xbox One S sama-sama dapat berjalan hingga 1080p, namun Xbox One S memiliki fitur dynamic resolution yang dapat turun hingga 900p.

Fitur tersebut lah yang membuat Metro Exodus dapat berjalan lancar 30fps pada konsol Xbox One S, dimana secara otomatis resolusi akan menurun jika memasuki bagian game yang dinilai terlalu berat. Bahkan Xbox One X sendiri juga masih cukup lancar walau sesekali memang mengalami sedikit penurunan fps pada momen-momen tertentu.

Sedangkan konsol besutan Sony agaknya tidak bekerja terlalu baik karena PS4 Pro saja bisa menurn hingga 20fps dan PS4 versi biasa bisa menurun hingga 15fps. Hal ini tentunya menjadi momen langka dimana Xbox One bisa mengalahkan performa PS4.

Mungkin persoalan menurunnya fps saat bermain game di konsol menjadi hal yang bisa dikatan nitpicking. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa cukup banyak orang-orang yang terganggu momen bermainnya ketika fps tersebut menurun dan mengurangi rasa estetika permainan.

Konsol besutan Sony tersebut biasanya memang bisa lebih diandalkan dalam kualitas performa, namun Microsoft sendiri nampaknya juga tidak mau kalah begitu saja. Hal ini juga tentunya secara tidak langsung membuatmu bertanya-tanya akan persaingan kedua konsol kedepannya, mengingat konsol PS5 sendiri dikabarkan akan segera hadir, namun saat ini belum ada kabar pasti akan konsol terbaru dari Microsoft.

Metro Exodus bisa kamu mainkan pada platform PC, PS4 dan Xbox One. Kamu yang tertarik mengetahui first impression dari kami bisa mengunjungi halaman ini.


Baca juga informasi menarik terkait Metro Exodus atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Exit mobile version