Phil Spencer Akui Microsoft Beli Bethesda untuk Cegah Starfield Jadi Eksklusif di PlayStation

Microsoft Bethesda

Microsoft Bethesda – Pada September 2020 kemarin, Xbox membuat salah satu pengumuman terbesar dengan akuisisi Microsoft terhadap Bethesda. Tidak hanya itu saja, Microsoft mengakuisisi induk perusahaan tersebut, yaitu ZeniMax yang membuat Xbox jadi bisa mendapat hak atas game-game mereka yang sudah pernah dirilis atau akan dirilis seperti Starfield.

Setelah akuisisi, Microsoft juga berusaha untuk mengakuisisi perusahaan game besar lainnya yaitu Activision Blizzard. Proses akuisisi tersebut tidak semulus yang diharapkan seperti dengan Bethesda.

Itu karena Microsoft saat ini sedang dalam menghadapi persidangan hukum dengan US Federal Trade Commission atau FTC, yang memberikan denda atas pembelian tersebut senilai US$68,7 miliar itu.

Microsoft Beli Bethesda untuk Cegah Starfield Menjadi Game Eksklusif PlayStation

Ada alasan tertentu kenapa Microsoft membeli Bethesda

Pada sidang FTC melawan Microsoft tak lama ini, bos Xbox, yaitu Phil Spencer maju sebagai salah satu saksi. Dalam sidang tersebut, Spencer mengutip banyak hal di mana salah satu yang paling menarik adalah alasan mengapa Microsoft mengakuisi Bethesda.

Ia mengakui bahwa akuisisi terhadap perusahaan tersebut dilakukan akan Xbox tetap bisa bertahan di bisnis konsol.

Starfield

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa setelah kehilangan hak eksklusifitas untuk dua game Bethesda ke PlayStation yaitu Ghostwire: Tokyo dan Deathloop, ia takut jika Starfield akan jadi yang berikutnya. Dengan kata lain, salah satu alasan terbesar mengapa Microsoft membeli Bethesda adalah untuk mencegah Starfield agar tidak menjadi game eksklusif PlayStation.

Ada Cukup Banyak Kesepakatan Eksklusifitas Game yang Kontroversial dalam Beberapa Tahun Terakhir

Eksklusifitas game sering menjadi bahan perbincangan dalam beberapa tahun terakhir

Dalam beberapa tahun terakhir, ada cukup banyak kesepakatan eksklusifitas yang kontroversial dari industri video game. Beberapa diantaranya seperti Bayonetta 2 yang jadi game eksklusif Nintendo Wii U.

Selain itu Call of Duty yang beberapa mode dan DLC-nya eksklusif untuk konsol tertentu dan Rise of the Tomb Raider yang sempat jadi game eksklusif sementara untuk Xbox 360 dan Xbox One.

Meski setiap pemain pasti ingin jika semua game dapat dinikmati di platform apapun tanpa terkecuali, petinggi seperti Phil Spencer merasa bahwa game eksklusif sangatlah penting untuk keberlangsungan hidup konsol itu sendiri.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Starfield atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version