Microsoft Paten Controller Barunya, Ada Kemiripan dengan Joycon

Controller Microsoft

Controller Microsoft — Handheld Console bisa dibilang masih merajai pasar mobile gaming untuk di beberapa region. Sudah banyak para perusahaan tech raksasa maupun developer game yang sudah mengeluarkan produk handheld console mereka sendiri demi menjangkau pasar mobile gamer.

Melihat salah satu contoh fenomena tersebut, Microsoft pun mencoba untuk melakukan mengikuti pasar mobile gaming kembali dalam waktu dekat ini. Mereka memutuskan untuk mengeluarkan sebuah paten terbaru yang bahkan terlihat tidak asing. Paten apakah itu?

Microsoft Paten Controller Terbaru, Terlihat Mirip dengan Joycon

Memang seperti apa Controller Microsoft terbarunya?

Controller Microsoft terbaru ini mungkin sebagai salah satu langkah mereka untuk semakin menjajah pasar gamer yang belum tersentuh oleh mereka dengan produk buatan mereka. Salah satunya adalah mematenkan sebuah device baru, yang justru terlihat mirip dengan Joycon Nintendo.

Adaptable Input Devices

Melalui laman Organisasi Paten Internasional, perusahaan tersebut telah mendaftarkan sebuah paten teknologi yang disebut sebagai “ADAPTABLE INPUT DEVICE“. Dari dokumen paten tersebut, ditemukan beberapa hal menarik soal bagaimana cara kerja device baru ini.

Controller baru milik perusahaan tersebut sepertinya sama sekali tidak membutuhkan sebuah konsol baru, tapi justru memanfaatkan beragam handheld device seperti smartphone atau mungkin sebuah tablet untuk dapat digunakan.

Sistem model Lepas-Pasang Microsoft pada Smartphone

Melihat dari salah satu ilustrasi pada dokumen paten, terlihat jika memang controller ini akan memaksimalkan potensi beragam device yang sudah hadir di pasaran. Hal ini membuat controller tersebut bebas digunakan untuk device atau smartphone apapun. Ukuran grip controller tersebut terlihat dapat diukur sendiri menyesuaikan ketebalan device atau display.

Kemiripan controller ini sendiri membuat beberapa gamer tidak dapat memungkiri bila suatu saat posisi Nintendo Switch sendiri dapat terancam di masa depan dengan ide baru Microsoft. Terutama bila controller tersebut justru mampu digunakan untuk next-gen smartphone atau bahkan seri iPhone terbaru.

Controller Microsoft Terbaru Siap Berkompetisi di Masa Mendatang

Adaptable Input Device

Persaingan semakin ketat bila melihat dari beragam handheld lain seperti ROG Ally, Steam Deck, Lenovo Legion Go serta PlayStation Portal untuk dapat menggaet gamer baru. Mengingat pasar mobile gaming masih lumayan menjanjikan dan terbilang luas.

Hanya saja, dokumen tersebut sama sekali tidak menyebutkan handheld console untuk controller ini. Esensi hadirnya controller beserta handheld console sebenarnya jauh lebih berarti daripada sekedar ‘ada untuk gamer’ dan mengandalkan smartphone untuk dapat digunakan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait dengan Microsoft atau artikel lainnya dari Lazuardi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version