Misteri Pesawat Jatuh di GTA San Andreas Dekat Player Akhirnya Terpecahkan

Pesawat Jatuh GTA San Andreas

Pesawat Jatuh GTA San Andreas – Salah satu fenomena paling aneh yang ada di seri Grand Theft Auto atau GTA adalah pesawat yang jatuh secara misterius. Meski bukan fenomena yang eksklusif di GTA San Andreas, pesawat jatuh menjadi salah satu yang paling sering terjadi di game tersebut dibanding game-game GTA lainnya.

Para pemain mengaku jika mereka berkali-kali melihat pesawat jatuh secara tiba-tiba ketika akan menamatkan game rilisan 2004 itu, terutama di wilayah Las Venturas. Nah baru-baru ini, mantan pengembang Rockstar Games angkat bicara dan menjelaskan misteri dibalik fenomena tersebut.

Misteri Pesawat Jatuh di GTA San Andreas Akhirnya Terpecahkan

Seperti apa jawaban misterinya?

Melalui akun X/Twitter-nya, Obbe Vermeij yang dulunya pernah menjabat sebagai Technical Director untuk GTA San Andreas mengungkap bahwa pesawat jatuh di game tersebut bukanlah fenomena yang sengaja dibuat.

Ia menjelaskan jika fenomena tersebut merupakan hasil dari beberapa masalah koding yang mengakibatkan pesawat kecil yang terbang di dekat pemain, bisa tiba-tiba jatuh.

Lebih detailnya, code buatan Vermeij memastikan jika tidak ada objek yang menghalangi jalur pesawat sebelum pesawat dimunculkan. Namun karena pemindaiannya sangat lambat, Vermeij memutuskan untuk mengatur pemindaiannya ke “minimum absolut”.

Jadi sudah jelas alasannya, bukan karena horror ataupun dark joke, ya….

Alhasil, beberapa objek penghalang yang ramping jadi tidak bisa terpindai dan pesawat akhirnya menabrak objek tersebut.

Selain itu, Vermeij juga mengatakan jika GTA San Andreas seringkali memunculkan pesawat tanpa momentum awal yang cukup untuk mempertahankan ketinggiannya. Akibat, pesawat jatuh di bawah jalur penerbangan yang seharusnya, menabrak objek penghalang dan jatuh.

Ada Banyak Alasan Lain Mengapa Fenomena Itu Bisa Terjadi

Ada banyak fenomena yang menjadi penyebab hal ini bisa terjadi

Tidak hanya karena koding yang bermasalah, fenomena serupa juga muncul ketika model peta dan pemindai objek penghalang baru dimuat setelah pesawat dimunculkan.

Salah seorang pengguna X/Twitter dengan username @__silent_ bahkan menemukan bug di GTA San Andreas yang menyebabkan fenomena itu, sesuatu yang tidak Vermeij sadari ketika mengembangkan game tersebut 20 tahun yang lalu.

Vermeij sendiri menyebut jika ia sempat mempertimbangkan untuk menghapus sistem pesawat yang tiba-tiba muncul di dekat pemain karena masalah tersebut, namun ia memutuskan untuk tidak melakukannya. Saat ini, fenomena serupa dilaporkan masih terjadi di versi remaster yang rilis 2021 kemarin.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait GTA San Andreas atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version