Modder Skyrim Manfaatkan Fitur ChatGPT agar NPC Bisa Terasa Lebih Hidup

Modder Skyrim Manfaatkan Fitur Chatgpt

Modder Skyrim Manfaatkan Fitur ChatGPT – Setelah kita sering mendengar manfaat ChatGPT yang bisa digunakan untuk mencari data secara cepat. Tampaknya manfaat dari AI chatbot ini tidak berhenti sampai disini saja. Apalagi dengan banyak sekali pengaplikasian yang belum dilakukan oleh para developer.

Termasuk salah satunya adalah menggabungkan ChatGPT dengan game dalam bentuk dialog NPC. Seperti yang kita tahu, dialog NPC memang tidak terasa realistis mengingat batasan dalam game masih sangat sangat bergantung dengan engine gamenya sendiri.

Modder Skyrim Manfaatkan Fitur ChatGPT, Jadikan Dialog NPC Lebih Hidup

Skyrim VR dapatkan mod NPC disusupkan AI

Apalagi kalau kita membahas soal game Skyrim yang memang sering kita ketahui dialognya terkesan aneh. Sampai menimbulkan banyak sekali meme yang beredar. Tapi bagaimana kalau kita bisa mengintegrasikan kecerdasan buatan tersebut ke dalam game Skyrim yang umurnya sudah belasan tahun ini.

NPC Skyrim bisa jawab pertanyaan dengan bantuan AI

Jawabannya adalah bisa. Hal ini dikembangkan oleh seorang modder Art From The Machine yang mengintegrasikan artificial intelligence besutan OpenAI tersebut ke game Skyrim VR. Dengan integrasi ini, NPC bisa mengingat pilihan jawaban kita sebelumnya dan meskipun kita menanyakan pertanyaan random, dia masih bisa menjawabnya sesuai konteks.

Modder ini menggunakan software xVASynth untuk menjadikan teks ke suara yang nantinya digunakan pada NPC. Player bisa berdialog dengan NPC tersebut lewat mic dan para NPC bisa menjawab sesuai yang ditanyakan.

Belum Rilis dan Masih Terus Dipoles oleh Pembuatnya

Kecerdasan buatan ChatGPT

Dialog yang diucap juga cukup realistis berkat teknologi AI sekelas ChatGPT. Dia bahkan bisa mendeskripsikan berapa lama lagi sebuah toko dalam game akan tutup berdasarkan waktu serta meminta NPC untuk menjelaskan item yang sedang ditunjuk player dengan akurat.

Sang modder juga sampai memasukkan fitur mengingat percakapan sehingga mereka bisa ingat apa yang sudah ditanyakan dan menjawab sesuai konteks. Meskipun dia menggunakan ChatGPT, modder Art From the Machine mengatakan sebenarnya ada software yang lebih baik untuk pekerjaan seperti ini contohnya Langchain. Dia pun berencana untuk mengimplementasikan software tersebut kedepannya.

Memang benar dengan pengaplikasian AI pada game dalam bentuk dialog ini memang bisa membuat gamenya jadi lebih hidup. Kedepannya mungkin kita akan melihat banyak game yang menggunakan fitur seperti ini dalam game secara resmi dan bukan dalam bentuk mod.

Mod dari Art From the Machine ini belum tersedia untuk di-download per saat ini. Mengingat sang modder masih ingin terus memoles dan menambahkan berbagai fitur pada mod yang sedang ia kerjakan itu. Selain Skyrim, game Mount & Blade: Bannerlord sebelumnya juga pernah mendapatkan mod serupa. Jadi ini bukan pertama kalinya sebuah game mendapatkan mod sejenis ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version