Model Ini Berencana Tuntut Dev. LOL karena Telah Menggunakan Wajahnya Tanpa Izin


Follow Us

Beberapa hari yang lalu, League of Legends baru saja mengeluarkan sebuah trailer sinematik terbaru untuk musim ke-9 dari gamenya. Trailer musikal berdurasi 3 menit 28 detik tersebut memang menampilkan banyak champion dari League of Legends mulai dari Jhin, Sion, hingga Akali yang semapat booming karena muncul di video klip K/DA beberapa bulan lalu. Namun, salah satu yang ternyata membawa masalah adalah kemunculan Irelia yang memang menjadi salah satu champion yang mendapat porsi besar dari sinematik tersebut. Karena ternyata wujud Irelia yang ditampilkan secara realistis tersebut dituduh mencuri wajah salah satu model.

Nulis artikel dibayar

 

Kamu tentunya bisa melihat dari gambar utama di atas, atau melihatnya langsung lewat video di atas bahwa ternyata karakter model dari Irelia ini memang memiliki kemiripan dengan wajah seorang model asal Kazakhstan  bernama Aya Shalkar. Model berusia 22 tahun ini bahkan membuat postingan di Instagram yang menunjukkan gambar berdampingan antara Irelia dalam trailer tersebut dengan dirinya. Hal ini sendiri ia lakukan sebagai bentuk konfirmasi bahwa dirinya tidak memiliki hubungan apapun dengan Riot Games, pengembang dari game League of Legends.

View this post on Instagram

*cough cough* Hello to everyone. Especially to those 3K of you who have followed me since the release of the new @leagueoflegends cinematic from 2 days ago. ?? I have been receiving hundreds and hundreds of screenshots of Irelia from LoL players asking if I had a collaboration with the creators of the game. And the answer is no. Not to mention all of the times I have been called Irelia within the past two days here on Instagram. I understand the concept of “inspiration”. I do, however, feel the need to defend my identity in certain cases, especially the ones that happen without my consent. I have never been in such a situation before and I have mixed feelings. I’m already consulting with professionals, but if you think this case might not be a coincidence too, feel free to share this post and tag @leagueoflegends or @riotgames to support me. Thank you ?? #IreliaIRL

A post shared by Aya Shalkar (@aya_shalkar) on

Sebelumnya ia dibanjiri oleh para fansnya yang mengiriminya screenshot atau gambar dan mempertanyakan apakah dirinya memang menjadi model untuk karakter tersebut. Dan ia pun merasa bahwa karakter tersebut telah menggunakan model wajahnya tanpa izin. Dilaporkan bahwa sang model juga akan berencana mengajukan tuntutan kepada Riot Games atas dasar “Mempertahankan identitasnya dalam kasus-kasus tertentu, terutama untuk hal yang terjadi tanpa persetujuannya”.

Ia pun meminta dukungan dari para fansnya untuk memperkarakan hal ini dengan Riot Games dan League of Legends. Postingan Aya pun dibanjiri komentar netizen yang menunjukkan pro dan kontranya masing-masing. Bagaimana menurutmu sendiri? Apakah hal ini termasuk dalam plagiarisme?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang League of Legends atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+