Model Ini Berencana Tuntut Dev. LOL karena Telah Menggunakan Wajahnya Tanpa Izin

dfgyse 3

Beberapa hari yang lalu, League of Legends baru saja mengeluarkan sebuah trailer sinematik terbaru untuk musim ke-9 dari gamenya. Trailer musikal berdurasi 3 menit 28 detik tersebut memang menampilkan banyak champion dari League of Legends mulai dari Jhin, Sion, hingga Akali yang semapat booming karena muncul di video klip K/DA beberapa bulan lalu. Namun, salah satu yang ternyata membawa masalah adalah kemunculan Irelia yang memang menjadi salah satu champion yang mendapat porsi besar dari sinematik tersebut. Karena ternyata wujud Irelia yang ditampilkan secara realistis tersebut dituduh mencuri wajah salah satu model.

 

Kamu tentunya bisa melihat dari gambar utama di atas, atau melihatnya langsung lewat video di atas bahwa ternyata karakter model dari Irelia ini memang memiliki kemiripan dengan wajah seorang model asal Kazakhstan  bernama Aya Shalkar. Model berusia 22 tahun ini bahkan membuat postingan di Instagram yang menunjukkan gambar berdampingan antara Irelia dalam trailer tersebut dengan dirinya. Hal ini sendiri ia lakukan sebagai bentuk konfirmasi bahwa dirinya tidak memiliki hubungan apapun dengan Riot Games, pengembang dari game League of Legends.

Sebelumnya ia dibanjiri oleh para fansnya yang mengiriminya screenshot atau gambar dan mempertanyakan apakah dirinya memang menjadi model untuk karakter tersebut. Dan ia pun merasa bahwa karakter tersebut telah menggunakan model wajahnya tanpa izin. Dilaporkan bahwa sang model juga akan berencana mengajukan tuntutan kepada Riot Games atas dasar “Mempertahankan identitasnya dalam kasus-kasus tertentu, terutama untuk hal yang terjadi tanpa persetujuannya”.

Ia pun meminta dukungan dari para fansnya untuk memperkarakan hal ini dengan Riot Games dan League of Legends. Postingan Aya pun dibanjiri komentar netizen yang menunjukkan pro dan kontranya masing-masing. Bagaimana menurutmu sendiri? Apakah hal ini termasuk dalam plagiarisme?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang League of Legends atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

Exit mobile version