Mozilla Katakan Fitur Baru Chrome Bisa Melanggar Privasimu!

Chrome92 Ntp Hero

Chrome92 Ntp Hero

Chrome 94 resmi bisa di download, namun sebelum kalian mendownload browser versi terbaru tersebut. Kalian mungkin harus melihat patch notenya terlebih dahulu, karena ada beberapa fitur yang memprihatinkan, termasuk dengan salah satu fitur yang menurut browser sebelah “Mozilla” yang bisa mengawasimu.

Chrome 94 sendiri menghadirkan sebuah fitur baru bernama idle detection API. Dimana secara simplenya, memperbolehkan website untuk bertanya kepada chrome apakah website itu dibuka dalam keadaan “idle” atau tidak. Idle yang berarti, kamu sedang AFK dan tidak menggunakan komputermu, ataukah sedang membuka website dan membaca artikel yang ada di dalamnya.

Hal ini tentu sangat berguna untuk para developer, karena mereka bisa mendapatkan informasi lebih banyak terkait dengan aplikasi ataupun web page yang digunakan sedang diinteraksi oleh pengunjung ataupun tidak. Namun, hal ini cukup intrusive terutama untuk kalian yang memang telah skeptis terkait dengan privasi kita di Internet. Parahnya lagi, fitur tersebut di aktifkan secara default oleh Chrome 94, namun membutuhkan persetujuan secara langsung oleh pengguna “Apakah kita bisa mengakses ____” seperti yang dilakukan oleh Chrome pada saat menggunakan Zoom ataupun Google Meets.

Mozilla sendiri mengatakan bahwa fitur ini menciptakan sebuah oportunitas untuk mengawasi sifat penggunanya.

As it is currently specified, I consider the Idle Detection API too tempting of an opportunity for surveillance capitalism motivated websites to invade an aspect of the user’s physical privacy, keep longterm records of physical user behaviors, discerning daily rhythms (e.g. lunchtime), and using that for proactive psychological manipulation (e.g. hunger, emotion, choice)…

Namun bukan Mozilla saja yang memiliki opini terkait dengan hal tersebut. Apple’s Safari browser juga mengatakan bahwa, tidak ada jaminan jika seorang pengunjung akan secara langsung mengunjungi website yang telah ditinggalkannya, dan jasa macam apa yang seharusnya tahu apa yang dilakukan oleh si pengunjung secara keseluruhan. Hal ini merupakan pelanggaran serius untuk privasi pengguna.

Yah, walaupun begitu kita masih belum tahu secara jelas fitur baru yang diimplementasikan oleh Google Chrome ini. Bagaimana menurut kalian brott? Apakah kalian akan mendownload dan menginstall Chrome 94?


Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Jay, dan artikel lain seputaran game Mobile! Tertarik melakukan kerjasama? Kontak kita di Author@Gamebrott.com

Exit mobile version