Neil Druckmann Naughty Dog Sesali Beberkan TLoU Part 2 dan Uncharted 4 Terlalu Cepat

Neil Druckmann Naughty Dog

Neil Druckmann Naughty Dog – Studio game Naughty Dog punya reputasi yang lumayan baik soal game yang mereka ciptakan. Jika kalian hiraukan TLoU Part 2 yang punya impresi terpolarisasi di kalangan gamer, game buatan mereka sejauh ini bisa dikatakan sukses dan menarik buat dimainkan.

Namun belakangan ini tampaknya studio tersebut malah sedikit sekali membocorkan informasi game terbaru yang sedang mereka kerjakan. Menurut Co-president Neil Druckmann, dia punya alasan tersendiri mengapa mereka seakan-akan radio silent belakangan ini soal proyek game baru. Apa ada alasan khusus?

Neil Druckmann Naughty Dog Menyesal Umumkan TLoU2 dan Uncharted 4 Kecepatan

Neil Druckmann Co-president Naughty Dog

Neil mengatakan pada wawancaranya di Comicbook.com, mereka memutuskan untuk tidak membeberkan informasi game terlalu cepat demi worklife balance atau keseimbangan waktu kerja dan istirahat.

Menurutnya, mengumumkan game terlalu cepat akan menyebabkan tekanan pada tim developer. Bahkan dia mengatakan sedikit menyesal mengumumkan Uncharted 4 dan TLoU Part 2 terlalu cepat. Membuat jadwal pengembangan jadi kacau balau dan karena itu dia belajar banyak dari insiden ini.

Studio Naughty Dog rajin sambet penghargaan

Dia menambahkan, dengan pengumuman yang lebih lambat, mereka jadi lebih leluasa dalam jadwal dan produksi yang ingin mereka capai. Tentunya ini akan berdampak besar pada karyawan mereka yang tidak sering diburu oleh deadline.

Pengembangan The Last of Us Part 2 Buat Developer Tidak Betah

TLoU2 yang sempat heboh karena berbagai hal

Naughty Dog sebelumnya memang sempat ramai dengan berita studio tersebut menerapkan crunch atau lembur berlebih demi mengejar deadline TLoU2 2020 lalu. Development game sendiri memang sangat membutuhkan pengerjaan dengan waktu yang cukup panjang dan dialami Naughty Dog sendiri pada pengembangan TLoU2.

Waktu itu mereka menerapkan lembur berlebihan sampai menyebabkan karyawan mereka tidak pulang kerumah hanya untuk lanjut mengerjakan pengembangan game.

Urusan lembur panjang ini memang sudah lumrah terjadi pada pengembangan game. Red Dead redemption 2 sendiri juga mengalami hal serupa. Jika didesak oleh publisher, mau tidak mau pengembangan game harus dikebut lebih cepat agar hype terjaga dan gamer pun tidak lupa akan game tersebut.

Pengembangan TLoU2 yang penuh dengan lembur panjang

Tidak sedikit pula yang hengkang dari perusahaan tersebut setelah game selesai dikembangkan. Menyebabkan hampir semua staf untuk game berikutnya adalah orang-orang baru hasil rekrutmen baru pula.

Neil sendiri mengaku sudah bebenah dan sebisa mungkin menghindari lagi kejadian seperti itu dimasa depan. Game terbaru mereka yaitu TLoU Part 1 yang merupakan remake dari versi TLoU PS3 itu menjadi game pertama dia dalam 13 tahun karirnya tidak perlu lembur panjang untuk menyelesaikannya.

Namun semua urusan lembur ini masih harus bergantung pada publisher. Jika mereka memberikan mandat kapan harus mengumumkan game tersebut, developer hanya bisa menuruti saja.

Nah menurut kalian apakah etis menambahkan jam lembur berlebihan seperti itu, brott? Bisa beri pendapat kalian di komentar ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait The last of Us atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version