Next-Gen Xbox Console Diperkirakan akan Rilis Tahun 2028

Next-Gen Xbox Console

Next-Gen Xbox Console – Industri platform gaming saat dikuasai oleh 3 perusahaan besar, yaitu Sony dengan PS4-PS5, Xbox dengan Xbox One-Xbox Series X/S, dan Nintendo dengan Nintendo Switch. Belum lagi dengan keberadaan handheld gaming seperti Steam Deck milik Valve dan juga ASUS ROG Ally dari ASUS yang mencuri pusat perhatian gamer.

Dengan kondisi current gen konsol saat ini, banyak pihak berekspektasi next-gen konsol dari masing-masing perusahaan akan segera diumumkan cepat atau lambat. Dan baru-baru ini, pihak Xbox memberikan sedikit informasi terkait next-gen Xbox Console mereka.

Next-Gen Xbox Console Rencananya akan Dirilis Tahun 2028

Next-Gen Xbox Console rencananya akan dirilis tahun 2028 berdasarkan informasi dari Microsoft

Dilansir dari IGN, mereka mendapatkan sebuah informasi dari dokumen persidangan Federal Trade Commission (FTC) Amerika Serikat atas tuduhan kegiatan monopoli akuisisi Microsoft terhadap Activision Blizzard.

Pada dokumen tersebut tertulis hasil diskusi Microsoft mengenai komitmen untuk Sony agar dapat merilis game Call of Duty di platform PlayStation sampai kesepakatan tercapai. Tertulis juga kalimat kalau dalam kesepakatan Microsoft tersebut bisa sampai jangka next-gen konsol mereka di tahun 2028.

Xbox Series X/S

Berikut ini pernyataan dari Microsoft pada dokumen persidangan.

“Kesepakatan ini dalam kondisi apapun melampaui awal periode sampai next-gen console (di tahun 2028). Dengan demikian, Call of Duty akan dirilis pada konsol penerus PlayStation jika masih dirilis dalam jangan waktu kesepakatan. Persetujuan tersebut juga akan memastikan bahwa game Call of Duty ditawarkan di PlayStation setara dengan Xbox.”

Microsoft

Berdekatan dengan Rencana Perilisan PS6 Milik Sony

Rencana perilisan next-gen Xbox berdekatan dengan rencana rilis PS6 milik Sony

Jika kita kaitkan dengan berita sebelumnya terkait next-gen console milik Sony, yaitu PlayStation 6, bisa dipastikan rencana Microsoft merilis penerus konsol Xbox selanjutnya bisa berdekatan atau bersamaan dengan konsol tersebut.

Dalam sebuah dokumen baru dari Sony berjudul “Sony Interactive Entertainment Observations on the CMA’S Issues Statement”, banyak informasi internal yang sedang terjadi pada perusahaan tersebut dalam industri video gaming.

Terlebih hubungannya dengan akuisisi Microsoft-Activision Blizzard yang bikin heboh seluruh pihak, baik itu gamer maupun industri video game. Namun dari dokumen tersebut, ada satu informasi menarik diungkap oleh Sony, yaitu jadwal rilis dari konsol PS6.

Berdasarkan informasi dari dokumen milik Sony, PS6 baru bisa rilis setelah tahun 2027. Hal ini tertulis pada dokumen “Sony Interactive Entertainment Observations on the CMA’S Issues Statement” di paragraf awal halaman 8. Di dokumen tersebut tertulis seperti ini.

“Pada saat SIE (Sony Interactive Entertainment) meluncurkan konsol PlayStation generasi selanjutnya (yang kemungkinan akan terjadi sekitar tahun [dihapus]), hal ini memungkinkan akses Call of Duty dan judul game Activision lain membuatnya sangat rentan terjadi peralihan konsumen dan degradasi selanjutnya di dalam atas daya saing.”

Meskipun waktu pastinya telah dicoret dalam dokumen, setidaknya kita bisa mengetahui bahwa konsol PS6 tidak akan rilis ataupun diumumkan dalam beberapa tahun kedepan. Mengingat juga umur konsol PS5 masih terbilang baru untuk saat ini.

Jadi dari informasi diatas bisa kita spekulasikan kalau pihak Sony dan Microsoft/Xbox berencana merilis konsol next-gen baru mereka berdekatan atau mungkin bersamaan sama seperti sebelumnya.

Itulah informasi mengenai next-gen xbox console diperkirakan baru akan rilis pada tahun 2028. Harap diingat, informasi yang kami dapatkan ini masih perkiraan berdasarkan dokumen-dokumen resmi yang telah dipublikasikan.

Benar atau tidak informasi tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung dari keputusan dari Sony ataupun Microsoft/Xbox.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Xbox atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version