Nintendo Gunakan DRM Denuvo, Cegah Bajakan Emulator!

Nintendo Gunakan Drm Denuvo

Denuvo Nintendo SwitchDRM Denuvo merupakan software anti pembajakan yang sering digunakan oleh para developer untuk menghalangi para peretas melakukan pembajakan terhadap game – game di berbagai platform.

Dan baru-baru ini muncul sebuah kabar bahwa Nintendo gunakan DRM Denuvo pada platform Switch. Benarkah itu?

Nintendo Gunakan DRM Denuvo Untuk Cegah Pembajakan dengan Emulator

Switch bakal dipasang software anti pembajakan milik Iderto?

Pengumuman tersebut diumumkan pada situs resmi Iderto dimana mereka mengatakan bahwa software proteksi yang menekan resiko pembajakan tersebut sudah ada pada Nintendo Developers Portal.

Pada Nintendo Developers Portal, para pengembang dapat mengakses program – program Iderto untuk pengembangan game. Software pertama yang ditawarkan oleh DRM ini adalah Nintendo Switch Emulator Protection.

Software ini bertujuan untuk menghalangi game agar tidak dapat dijalankan pada Emulator. Hal ini, menurut Iderto, dapat membantu para pengembang untuk menutup celah dimana game – game Switch dimainkan di PC melalui Emulator untuk menghindari proteksi sofatware tersebut pada game yang sama di platform PC.

Switch

“Dengan melakukan blokir authoritas emulasi di PC, studio dapat meningkatkan revenue mereka pada waktu perilisan game, dimana hal tersebut adalah periode penting dalam monetisasi”, ungkap Iderto.

“Nintendo Switch Emulator Protection ini akan memastikan siapapun yang ingin memainkan game tersebut harus membeli versi legalnya”, tutup pengembang DRM pelindung pembajakan tersebut.

Denuvo Bahas Isu Performa Menurun di Switch

Software milik Iderto Dituduh Sebagai Penyebab Turunnya Peforma Game

Software ini sudah lama dituduh sebagai penyebab permasalahan performa pada game – game yang menggunakan DRM tersebut, terutama pada game PC. Dan Iderto sendiri membantah tuduhan tersebut.

Pada pengumuman terbaru ini, Iderto sekali lagi membahas perihal permasalahan performa untuk menyakinkan para developer agar tidak takut akan permasalahan peforma yang terjadi di Switch nanti.

“Seperti solusi lainnya dari Denuvo, teknologi yang kami tawarkan terintegrasi secara mulu kedalam game tanpa adanya pengaruh pengalaman bermain”, ungkap Iderto. Developer DRM ini juga melanjutkan bahwa proteksi ini akan melakukan pengecekan untuk memblokir game pada Emulator.

Nintendo sendiri cukup kewalahan untuk perihal pembajakan dan emulator game – game Switch sejak perilisan konsol tersebut terutama setelah exploit hardware yang membuat versi awal konsol ini dapat diretas.

Dan memang selama ini perusahaan tersebut sering turun tangan memberantas pembajakan terhadap konsol mereka. Dan dengan adanya DRM ini, para developer juga dapat ikut memberantas pembajakan.

Para pengembang kini dapat menggunakan DRM tersebut untuk game – game mereka di Switch. Namun tidak ada indikasi apakah para pengembang game di platform tersebut akan menggunakan software yang ditawarkan oleh Iderto ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Denuvo atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version