Nintendo Resmi Tutup Program Wajibnya untuk Para Konten Kreator, Kabar Baik Bagi Komunitas Nintendo ?


Follow Us

“Hak”mu sudah tidak akan lagi diambil oleh Nintendo.

Sebagai pelaku industri game tertua yang masih aktif hingga saat ini, Nintendo memang dikenal sebagai pihak yang paling ketat dalam memberdayakan atau memperlakukan para komunitasnya. Baik itu dimulai dari kebijakan harga game-game mereka, ketegasannya dalam memberantas tindak pembajakan, hingga aturan yang mengatur secara terkontrol para konten kreator yang ingin menjadikan rasa kecintaannya terhadap game-game Nintendo sebagai mata pencaharian utama mereka.

Nulis artikel dibayar

Khusus mengenai yang terakhir, kalian mungkin sebelumnya tidak terlalu tahu banyak tentang cerita ini. Tapi sejak tahun 2015 lalu, Nintendo telah lama memberlakukan suatu kebijakan yang cukup kontroversial untuk para konten-konten kreator Nintendo di platform Youtube. Dimana satu-satunya cara agar para kreator ini bisa mendapat hasil monetisasi dari upaya kreatifnya dalam mengenalkan game-game Nintendo kepada para khalayak adalah wajibnya mereka untuk mendaftar ke dalam suatu program khusus yang dinamai Nintendo Creator Program (NCP).

BACA JUGA  Coba Simak Aksi Para Stuntmen Ini dalam "Mengapresiasi" Super Smash Bros

Jika tidak mendaftar, mereka memang masih bisa mengupload video yang berhubungan dengan game-game Nintendo di Youtube. Namun, mereka tidak akan mendapat sepeserpun hasil monetisasi karena seutuhnya akan diklaim oleh pihak Nintendo melalui pemasangan ads beserta dengan ajuan copyright-nya.

Bahkan segalanya pun juga tidak akan mudah apabila kamu mengikuti prosedur mereka secara baik-baik. Karena pada akhirnya kamu tetap harus menyisihkan jatah 30% hingga 40% adsensemu kepada pihak Nintendo (belum lagi dari jatah potongan pihak Youtube), dan total jumlahnya baru bisa dicairkan dalam beberapa bulan ke depan. Kamu pun juga tidak diperbolehi untuk melakukan live stream dari game-game Nintendo di Youtube apabila kamu tidak ingin hasil uangmu hangus.

 

Untungnya sejak bulan Desember nanti, Nintendo dengan berbesar hati dikabarkan akan segera menutup program NCP ini. Diungkapkan langsung dalam situs resminya, kini para konten kreator Nintendo akan bisa dengan lebih leluasa membuat konten tanpa harus terbeban dengan kewajiban untuk harus menyetor sebagian hasil monetisasi videonya kepada pihak Nintendo ataupun melakukan livestream.

BACA JUGA  Ngegame Pakai Mobil? Semua Tesla Akan Segera Dapatkan Update Game Baru

Gara-gara Super Smash Bros Ultimate ?

Namun, Nintendo masih tetap memberi sedikit aturan secara wajar bahwa kamu wajib memberi semacam input kreatif untuk konten-konten yang hendak dibuat, contoh mudahnya seperti memposting video playthrough yang diimbuhi oleh berbagai ocehanmu ketika bermain. Kamu di sana tentu juga tidak diperbolehkan untuk merupload video trailer, gameplay, ataupun acara turnamen secara mentahan, apalagi memposting video dari game-game Nintendo yang kamu mainkan dengan membajak. Bila ingin menambahkan musik di konten video ataupun acara livestream, kamu juga wajib meminta izin dari pihak pemegang hak cipta lagu tersebut sebelum menyisipkannya.

 

Kelonggaran aturan yang Nintendo umumkan baru-baru ini bisa diasumsikan merupakan buah dari kepopuleran game Super Smash Bros Ultimate yang nantinya siap untuk mereka luncurkan tepat pada tanggal 7 Desember ini. Game fighting crossover tersebut telah diantisipasi akan menjadi salah satu game terbaik dan terbesar yang sudah Nintendo rilis dalam beberapa waktu belakangan, terutama setelah game The Legend of Zelda: Breath of the Wild khususnya. Dengan perkembangan komunitas yang semakin merasa hype dengan seri terbaru Super Smash Bros itu, Nintendo pastinya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk melihat para komunitas gamer Nintendo sibuk membicarakan atau gencar mempromosikan game eksklusif Nintendo Switch ini di dunia maya.

BACA JUGA  Kumpulan Publisher Game Jepang Sambut Perilisan Super Smash Bros. Ultimate

Akhir kata, selamat berkarya bagi para konten kreator Nintendo di dunia atau bahkan di Indonesia yang sedang rindu-rindunya untuk mengenalkan pesona game-game Nintendo kepada para audiens kesayangan kalian.

Sumber: Nintendo


Jangan lupa untuk membaca informasi lain terkait Nintendo dan game Super Smash Bros Ultimate, beserta dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+