Nintendo Switch Bisa Jalankan Game PC Setelah Di-Overclock oleh Modder

Switch Bisa Jalankan Game Pc

Nintendo Switch Bisa Jalankan Game PC – Nintendo Switch, konsol berumur 6 tahun ini secara diatas kertas memang tidak punya spesifikasi yang kompetitif. Konsol yang menggunakan NVIDIA Tegra X1 ini bahkan tidak bisa menjalankan game grafis tinggi dengan frame rate konstan.

Belum lagi saingan di dunia handheld gaming belakangan ini semakin serius berkat hadirnya Steam Deck dan Asus ROG Ally. Tentu Nintendo sudah seharusnya me-refresh konsol mereka untuk bisa bersaing dengan pasar gaming yang terus bergerak ke spesifikasi masa kini.

Nintendo Switch Bisa Jalankan Game PC dan Genshin Impact

Genshin Impact berjalan di Switch lewat emulator Android

Tapi, bagaimana kalau sebenarnya, dengan keterbatasannya sendiri, Nintendo Switch masih punya potensi dari segi hardware yang tidak diketahui orang banyak. Pertanyaan inilah yang coba dijawab oleh Geekerwan, seorang YouTuber ketika dia melakukan modifikasi pada konsol Switch miliknya.

Spesifikasi Switch sendiri tidak begitu wah di zaman sekarang. NVIDIA Tegra X1 yang ia bawa berisikan 4 core ARM Cortex-A57 dan 4 core ARM Cortex-A53 yang hanya berjalan di clock 1Ghz. Spesifikasi ini mirip-mirip dengan spesifikasi yang ada di chip smartphone Snapdragon 810, SoC tahun 2015.

Hanya saja Geekerwan sang modder berhasil melakukan overclock pada frekuensi CPU ke 2,3GHz dengan modifikasi yang ia lakukan pada bootloader Android. Tidak hanya itu, ia juga berhasil overclock frekuensi GPU dari semulanya 768MHz ke 1,267GHz.

Hasil benchmark 3DMARK WLE

Peningkatan 60% lebih dari segi GPU ini berarti Switch sekarang mampu berjalan tanpa ditahan-tahan oleh NVIDIA karena alasan suhu. Ini membuka banyak peluang untuk konsol tersebut bisa memainkan game platform lainnya, contoh PC, dan Android.

Benar saja, Geekerwan berhasil menjalankan Genshin Impact (bahkan lebih duluan dibanding versi resmi yang masih coming soon). Hanya karena Genshin Impact adalah judul game yang CPU-bound, game tidak mampu berjalan diatas 30 fps secara stabil.

Switch Dipasangi Linux, Bisa Jalankan God of War dan GTA5

Bisa mainkan GTA5 dengan framerate 1 digit

Lalu bagaimana kalau game PC? Geekerwan juga mencoba memasang Linux untuk bisa menjalankan game PC terbaru. Dan benar saja, judul-judul game seperti God of War, GTA5, dan Devil May Cry 5 ternyata bisa dijalankan, dengan fps tidak sampai 10 sayangnya.

Wajar saja, dengan hardware yang sudah sangat tua ini, bisa berjalan saja sudah sangat ajaib apalagi dengan berbagai modifikasi yang dipaksakan. Sang modder juga tidak menyarankan selain menghilangkan garansi, jika tidak dilakukan dengan benar akan berpotensi merusak hardware permanen.

Ilustrasi Switch Pro

Sekarang tinggal berharap kalau rumor soal penerus Switch beberapa waktu lalu benar-benar nyata dan Nintendo memang tengah menyiapkan pengganti konsol mereka.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version