[Rumor] Nintendo Switch Pro Batal Diproduksi karena Nintendo Ingin Fokus ke Next-Gen

Nintendo Switch Pro

Nintendo Switch Pro – Dalam beberapa tahun terakhir sejak 2021, banyak rumor terkait Nintendo Switch Pro akan hadir sebagai upgrade dari versi originalnya. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Nintendo, kabar rumor terus bermunculan hingga saat ini.

Dan baru-baru ini sebuah rumor terbaru pun muncul yang menyebutkan bahwa konsol/handheld milik Nintendo ini batal diproduksi karena mereka sedang ingin fokus ke konsol Next-Gen. Benarkah demikian? Yuk, kita cari tahu bersama!

Rumor Alasan Nintendo Switch Pro Batal Produksi

Banyak rumor seputar Nintendo Switch Pro meskipun pihak Nintendo telah berikan konfirmasi resminya

Informasi ini berasal dari pengamat perkembangan industri hardware dan software video game bernama John Linneman dari Digital Foundry. Informasi tersebut dia ungkap pada sebuah acara Podcast Digital Foundry bertajuk apa saja yang telah terjadi sepanjang tahun 2022 di industri video game.

Menurut John Linneman, banyak developer game mengakui bahwa mid-generation Nintendo Switch pada awalnya ada direncanakan oleh Nintendo. Namun hingga saat ini proyek tersebut masih belum ada diumumkan, Nintendo terlihat seperti ingin lebih fokus untuk membuat konsol terbaru mereka. Linneman juga mengungkap pendapatnya kalau Nintendo tidak akan mengumumkan platform gaming baru mereka bahkan di tahun 2023 ini.

“Jadi menurutku pada satu hal dari apa yang kupahami setelah berbicara dengan berbagai developer game bahwa memang ada semacam rencana mid-generation Nintendo Switch. Namun tampaknya proyek tersebut tidak akan terjadi. Jadi dengan demikian, sudah jelas apapun yang mereka (Nintendo) rencanakan berhubungan dengan perangka generasi baru platform mereka. Dan kupikir tidak takan diumumkan pada tahun 2023.”

John Linneman

Nintendo Tak akan Rilis Konsol Baru ataupun Nintendo Switch Pro

Nintendo Switch

Pernyataan dari Linneman ini ada hubungannya dengan informasi dari Nintendo pada bulan Agustus 2022 yang lalu. Berdasarkan artikel terbitan Nikkei yang menganalisa laporan penjualan terbaru Nintendo, dijelaskan bahwa perusahaan ini mengalami penurunan tahun-ke-tahun dalam penjualan hardware serta perangkat lunak selama tiga bulan yang berakhir pada Juni 2022.

Nikkei mengklaim fokus Nintendo dalam mencapai rencana penjualannya saat itu membuat mereka berkonsentrasi sepenuhnya untuk mengembangkan unit Switch yang cukup berdasarkan komponen yang telah diamankan.

Shuntaro Furukawa selaku President Nintendo mengatakan bahwa situasi mereka tidak seperti biasanya dimana Nintendo biasanya menyediakan stok persediaan untuk menghadapi penjualan di akhir tahun. Namun pada tahun 2022, Nintendo tak memiliki banyak stok persediaan tersebut.

Saat ini, Furukawa mengatakan bahwa mereka akan lebih fokus untuk terus memperluas produksi dari Switch yang rencananya akan diproduksi hingga 21 Juta unit sampai Maret 2023 mendatang. Keberhasilan hal tersebut tentunya tergantung ketersediaan dari komponen utama dalam produksi.

Itulah informasi mengenai rencana Nintendo Switch Pro dibatalkan karena pihak Nintendo ingin berfokus pada konsol Next-Gen baru mereka menurut pendapat John Linneman. Apakah informasi ini memang sama dengan apa yang direncanakan oleh Nintendo? Mari kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari Nintendo.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Nintendo Switch atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via faisal@gamebrott.com.

Exit mobile version