OpenAI Sora Debutkan Buat Video AI Realistis Hanya dengan Teks

Openai Sora

AI yang bisa menghasilkan teks menjadi video memang bukan berita baru. Setahun lalu kalian mungkin ingat dengan video Will Smith memakan spaghetti yang sepenuhnya dibuat menggunakan AI ModelScope.

Hasil videonya tidak pula bisa dikatakan estetis dan rasanya kecerdasan buatan masih butuh banyak waktu untuk bisa membuat video yang natural. Betapa salahnya asumsi tersebut karena setahun setelah itu, tepatnya sekarang, OpenAI sudah bisa merealisasikan AI text-to-video dengan kemampuan dahsyat.

OpenAI Sora Bisa Bikin Video Realistis dari Prompt Teks

Text-to-video AI

OpenAI yang biasa kita kenal dengan produknya ChatGPT, merilis AI model baru yang mereka namakan Sora. Tugas AI baru ini adalah membuat video yang prompt-nya berbasis teks maupun gambar. Mengambil nama Sora (dalam bahasa Jepang punya arti langit), teknologi baru ini bisa hasilkan video berdurasi maksimal 1 menit lamanya.

Walau telah debut, Sora belum bisa diakses oleh khalayak umum. Ia baru terbuka untuk beberapa beberapa grup terpilih mulai dari peneliti, dan profesional di bidang visual. Masa-masa ini juga digunakan untuk mengambil langkah keamanan sehingga kelak tidak disalahgunakan untuk menyebarkan misinformasi, ujaran kebencian, dan semacamnya.

Melalui contoh yang diberikan oleh Adrian Weckler di platform X, dia memperlihatkan kemampuan Sora dalam membuat video seorang wanita yang berjalan di Tokyo pada malam hari dengan lampu neon yang menerangi dari belakang.

Masih Terlihat ‘Buatan AI’

Hasil video masih terlihat ‘buatan AI’

Dari contoh video yang sama, sekilas kalau kita tidak teliti atau bahkan tidak mengetahui video itu adalah buatan AI, mungkin tidak akan menyadarinya sama sekali. Tapi, begitu kita jeli langsung sadar masih ada banyak celah yang terlihat dan video tersebut memanglah murni buatan AI.

Mengenai kegunaan AI ini, OpenAI sendiri mengatakan kalau ia bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari menganimasikan gambar, menambah durasi video yang sudah ada, video editing, dan menggabungkan video.

Bagaimana menurut kalian brott? Apakah fitur AI baru ini mengesankan atau malah menakutkan? Coba beri komentar kalian ya.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version