[OPINI] Kenapa Manajemen Kabel PC Lebih Repot dari yang Dibayangkan?

Manajemen Kabel Pc

Manajemen Kabel PC – Kalau kalian demen merakit PC, entah itu untuk hobi atau tuntutan pekerjaan, hal terakhir yang tidak ingin kalian lakukan tentunya adalah lakukan manajemen kabel PC gaming.

Hal ini dikarenakan ada banyak sekali perkabelan di dalam casing, mulai dari kabel HSF, hardisk, front panel, fan hub, kartu grafis, dan kabel-kabel lain yang membuat kita merasa ogah untuk sekadar merapihkannya, karena toh tidak berimbas pada fungsinya.

Padahal, merapikan atau melakukan manajemen kabel rakit PC seharusnya dilakukan untuk meminimalisir potensi timbulnya masalah yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Namun, yang menjadi masalah adalah sulitnya untuk merapikan kabel tersebut supaya tidak mengurangi estetik.

Kali ini, kami ingin membagikan pengalaman kami saat melakukan manajemen kabel PC yang mungkin masih menjadi momok mengerikan untuk kamu yang mungkin tertarik atau kebetulan tengah merakit PC.

Benarkah Manajemen Kabel PC Lebih Susah Ketimbang Merakit PC?

Merapihkan kabel memang menyebalkan

Sebenarnya, manajemen kabel bisa dikatakan lebih susah ketimbang proses perakitan sebuah komputer. Hal ini dikarenakan kerapihan atau estetik tidak pernah menjadi prioritas dari para perakit pemula, atau mereka yang kebetulan pekerjaannya erat dengan komputer, teknisi misalkan.

Kasarnya sih, selama komputernya bisa menyala, faktor kerapihan tidak akan menjadi perhatian. Ditambah waktu pengerjaan yang bisa dibilang menyita waktu, khususnya untuk para pemula, menjadikan manajemen kabel komputer adalah hal opsional, dan bukan kewajiban.

Bila memang para pemula atau para teknisi yang makanan sehari-harinya kita minta untuk melakukan kabel manajemen, besar kemungkinan hasilnya tidak akan sesuai apa yang kita harapkan.

Kami contohkan teman penulis yang benar-benar awam yang pernah menanyakan gimana sih caranya merapihkan kabel di dalam komputernya, akhirnya menyerah di tengah jalan setelah habiskan kurang lebih empat hari, dan mengambil jalan pintas untuk melempar semua perkabelan di belakang casing.

Kabelnya dilempar ke belakang

Alhasil, kabel tersebut menumpuk dan secara tidak langsung mengundang debu untuk ikutan nimbrung, sampai membuat sirkulasi udara ke komponen yang ada di dalamnya menjadi tidak maksimal. Jadi, benar adanya debu merupakan musuh utama semua perangkat elektronik.

Dari sini dapat kita simpulkan kalau melakukan manajemen kabel jauh lebih sulit dari yang kita bayangkan. Dibutuhkan kombinasi waktu, ketelatenan, ketelitian, kesabaran, plus peralatan yang memadai untuk memudahkan proses merapikan kabel supaya tampilan komputer tampak estetik dan tentunya tidak malu-maluin.

Sayangnya, merapihkan kabel hanyalah level tersulit kedua, karena level tersulit nomer satu adalah menyembunyikan kabel supaya komputer tersebut benar-benar tampak rapi, tersembunyi, supaya penampilannya kian estetik.

Bahkan, kalau kalian ingin tantangan lebih, mungkin kalian akan merasa tertantang untuk coba terapkan manajemen kabel rakit PC pada komputer dengan ukuran case mini alias Small Form Factor PC (SFFPC). Sudahlah kombinasi komponennya sulit untuk ditemukan, harganya mahal, merapikan kabelnya luar biasa memakan waktu.

Lebih sulit merapikan perkabelan SFFPC

Jadi, tidaklah heran bila banyak sekali perakit pemula dan bahkan teknisi berpengalaman pun akan mengatakan pengaturan kabel di dalam komputer benar-benar tergolong susah dan jauh menyita waktu ketimbang proses perakitan, kecuali memang mereka benar-benar gabut dan utamakan tampilan.

Walau memang hasil akhirnya akan memberi kepuasan tersendiri, namun dalam kebanyakan kasus manajemen perkabelan bukanlah prioritas, karena mindset ‘yang penting nyala,’ dan akan kita ulik pada poin berikutnya.

Manajemen Kabel PC Gaming Masih Bukan Sebuah Prioritas

Perkabelan yang baik akan meningkatkan estetik secara keseluruhan

Yah, mungkin di antara dari kalian ada yang merasa manajemen kabel komputer sama sekali bukan prioritas, meski kalian semua paham (atau mungkin tidak) konsekuensi dari kabel yang berantakan entah kemana saja tujuannya.

Mungkin kalian saat ini sudah gunakan M.2 SATA atau NVMe alih-alih hardisk atau SSD 2.5” yang mungkin kalian rasa sudah tidak relevan. Bahkan meski kita asumsikan 70% orang sudah gunakan jenis penyimpanan M.2 SATA atau NVMe, lantas bagaimana dengan kabel front panel, HSF, Fan Hub, atau kabel-kabel lainnya?

Interface M.2 NVMe untuk menyimpan data

Kembali kalian bisa langsung meletakkannya di sela-sela compartment yang disediakan case. Misalkan case yang kalian gunakan tidak memiliki compartment, lantas bagaimana kalian akan mengatur perkabelan? Bisa sih kita mengakalinya dengan cable ties, tapi kok ya malah mengurangi estetik ketimbang mengatur dengan lebih niat?

Mengambil salah satu komentar netizen di Reddit terkait manajemen kabel PC misalkan. Ada banyak sekali yang merasa kabel manajemen di PC dirasa tidak diperlukan, hanya membuang waktu saja. Ada dua jenis netizen, di antaranya adalah:

A. Manajemen Kabel Rakit PC Sama Sekali Tidak Dibutuhkan

“Menurutku, proses merapikan kabel termasuk amat menyita waktu, malah lebih repot saat merakit komputernya. Aku menyarankan kalian untuk merapikan perkabelan saat proses perakitan ketimbang baru sadar dan baru akan merapikannya saat proses perakitan selesai.”

B. Meski Repot, Manajemen Kabel Komputer Memang Sebuah Keharusan

“Manajemen kabel PC akan lebih menantang saat kamu merakit komputer berukuran kecil atau SFFPC. Sudahlah pusing mencari komponen mana yang sekiranya akan muat ke dalam case, ditambah rumitnya mencari celah untuk perkabelan supaya tidak menimbulkan masalah, khususnya pada sirkulasi udara.”

Dua komentar netizen di atas hanyalah gambaran betapa menakutkannya momok kabel manajemen di PC. Padahal, dengan merapikan perkabelan justru akan dapat memudahkan kita bila terjadi masalah yang mungkin haruskan kita untuk membuka case di kemudian hari.

Tidak hanya itu, merapikan kabel secara terstruktur juga akan memudahkan kita saat akan membersihkan PC kesayangan dari debu yang menumpuk. Namun, tampaknya mayoritas masih meremehkan salah satu dari sekian banyaknya cara untuk merawat komputer yang temani mereka beraktivitas.

Kesimpulan

Mengatur perkabelan dalam komputer memang menantang

Sebelum menutup opini ini, siapa sangka masih banyak yang merasa kabel manajemen PC lebih merepotkan dari yang dibayangkan. Bahkan meski benefitnya sudah jelas pun, minat para perakit komputer baik itu pemula maupun teknisi yang berpengalaman, merapikan kabel sama sekali bukan sebuah prioritas.

Bahkan, selama menekuni serunya dunia rakit-merakit PC dari yang besar sampai yang mungil, penulis merasa manajemen kabel PC adalah sebuah keharusan yang memberikan keuntungan. Sebut saja sirkulasi udara dan suhu komponen yang lebih adem, menjamin usia komponen komputer kita lebih tahan lama.

Namun, di luar itu kami coba kembalikan kepada para pembaca sekalian, apakah kabel manajemen ini dirasa membuang waktu, atau memang mampu memberikan benefit walau mungkin kalian tidak menyadarinya?

Anyway, selama komputer kalian menyala, hal tersebut bukan masalah, bukan?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version