Opini: Rumor Tencent Akan Rilis Kings of Glory Versi Global Berpotensi Gusur Arena of Valor?


Follow Us

Akhir dari Arena of Valor sudah sebentar lagi? Pertanyaan seperti ini banyak sekali di lontarkan para pemain AOV  di region Barat, hal ini disebabkan pernyataan Seorang Pro-Player dari North America Zane, yang menyebutkan bahwa KoG akan rilis keluar China dan akan mendapatkan Versi Internasionalnya pada pertengahan Tahun ini lewat Livestream Youtubenya yang bisa kamu lihat dibawah ini:

Nulis artikel dibayar

Baru-baru ini Garena AOV baru saja merilis hero-hero baru seperti Errol, Hayate dan Capheny, dimana hype akan kehadiran 2 hero tersebut disambut hangat oleh banyak Player yang memang sudah menantikan kehadiran mereka sejak akhir tahun 2018 lalu, namun hype itu seketika kalah semenjak muncul rumor akan rilisnya Kings of Glory (KoG) dimana kita pun sudah tahu bahwa permainan asli atau Original dari AOV adalah KoG, kami mendapatkan informasi terkait setelah membaca berita yang berasal dari TouchArcade dan menjelajah di situs Reddit.


Apakah Benar KoG Akan Rilis Versi Internasional?

Dari streaming Top NA jungler Zane awal bulan ini yang sudah kami sebutkan diatas, rumor tentang KoG, kakak dari game Arena of Valor yang sangat populer di China memanglah tidak diragukan lagi, Game ini sangat berpotensi bersiap-siap untuk rilis di Barat katanya, banyak yang bertanya-tanya apakah KoG akan menggantikan AOV atau tidak. Lagi pula, Tencent dapat dengan mudah memasarkan game KoG karena dinilai sebagai salah satu game Tencent paling populer sepanjang masa ini, mengingat basis pemainnya yang sangatlah besar di China .

BACA JUGA  Netmarble berikan Ras Baru 'Kamael' di Update baru Lineage 2 : Revolution dan berbagai Fitur Baru!

Dengan beberapa topik yang muncul di Reddit belakangan ini, sulit untuk menentukan dari mana tepatnya rumor ini berasal. Dari apa yang bisa saya kumpulkan, Tencent telah menyatukan para pemain dibuat semacam dokumenter tentang permainan ini, atau telah memberikan izin untuk membuat suatu Teaser/Trailer untuk dijadikan bahan pemasaran potensial untuk rilis di seluruh dunia.

Ketika ditanya tentang potensi rilisnya KoG selama streaming, Zane menjawab, “Saya pernah mendengar itu akan keluar pada paruh kedua tahun ini. Mereka mengatakan kemungkinan Game itu akan keluar pada bulan Juni atau Juli. “ Kemudian, dia berspekulasi bahwa Tencent akan “mewarisi” Kings of Glory dan secara aktif mengiklankannya. Saat ini, banyak orang yang melihat kurangnya hasil memuaskan dari pemasaran Arena of Valor sebagai alasan utama mereka berjuang untuk mencapai daya tarik Pasar Gaming MOBA, terutama di barat.


Apakah Tencent Akan Gusur Arena of Valor?

Terlepas dari pernyataan dan popularitas Zane selaku Pro Player dari AOV di North Amerika, hal ini semua hanya spekulasi tanpa bukti nyata (Pernyataan Official). Sudah jelas Arena of Valor dirancang untuk menjadi versi yang diperbarui dari pendahulunya yaitu Kings of Glory untuk tampil menjad Franchise besar di luar China, sehingga jika memang Tencent tiba-tiba merusak perjuangan dan pekerjaan mereka bertahun-tahun dan hanya merilis versi terjemahan dari game asli (KoG Versi Internasional) sepertinya akan menjadi langkah yang aneh dan kurang bijak menurut kami. 

BACA JUGA  Siap Kejar Samsung dan Apple, Huawei Siapkan Kirin 990

Namun jika dilihat dari pernyataan Tencent beberapa bulan ke belakang dimana Tencent memang sudah resmi mengumumkan akan memperluas Franchise KoG keluar China bukanlah isapan jempol belaka, Tencent rela menggelontorkan dana yang fantastis demi memperluas Kompetisi KoG dan Franchisenya, atau kamu bisa membaca beberapa Artikel terkait yang pernah kami bahas beberapa waktu lalu, di link berikut : Tencent Siapkan 2,36 Juta Dolar Untuk Hadiah Honor Of Kings World Champion Cup dan Tencent dan FEG Siapkan $ 15 M USD Untuk Perluas Kompetisi Kings of Glory ke Korea Selatan.


Penggabungan Game Mungkin Solusi Paling Tepat

Kings of Glory menjadi game dengan pemain terbanyak dan terlaris yang dimiliki Tencent di China, sedangkan Arena of Valor adalah harapan Tencent bahwa mereka akan mengulang keberhasilan mereka di kampung halaman dimata dunia lewat Franchise Arena of Valor.

Jika memang tujuan Tencent adalah merebut pasar Moba Gaming Global dan merilis KoG versi Internasional nampaknya akan mudah terealisasi dengan “Mudah” dengan cara menggabungkan 2 Game tersebut, memanglah kita tahu Hero-hero dari AOV rata-rata adalah turunan atau adaptasi dari KoG.

Jika memang solusi dari Tencent adalah penggabungan game, mungkin kesamaan Skill hero akan menjadi sedikit penghambat, karena mungkin akan ada beberapa karakter yang di korbankan, contoh Elsu di AOV adalah Bai Li Shou Ye di game KoG, tidak mungkin kan keduanya akan ada di dalam satu game dengan kemampuan yang sama hanya nama dan desain yang sedikit berbeda, pastinya akan dipilih salah satu saja. Kecuali memang Tencent memilih langkah gila untuk memasukan semua Hero AOV dan KoG dalam satu game dengan skill set yang sepenuhnya ditambah dan diubah.

BACA JUGA  Xiaomi Vendor Pertama Di Dunia Yang Gunakan Sensor Kamera 108 MP Milik Samsung

Terlepas dari bahasan diatas, ini semua memanglah rumor yang tidak berdasar karena memang belum ada bukti nyata, jadi kita hanya perlu menantikan apakah benar rumor ini adalah suatu hal nyata, kita hanya perlu menunggu sebentar lagi jika memang benar seperti apa yang dikatakan Zane adalah bulan Juni atau Juli akan menjadi keputusan Tencent akan merilis KoG versi Global atau tidak. Anggap saja sebagai micin pada tahu bulat favoritmu ya kan brott? hehehe

Namun jika memang KoG digabungkan dengan AOV dan ternyata ini benar-benar rencana Tencent sejak lama, maka kami tidak akan bisa berkata lain selain “Mantap Jiwa”, bayangkan akan bagaimana megahnya AOV nantinya? pastinya patut dinantikan brott!


Source: TouchArcade dan Reddit


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: abdolefathah@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item