OPINI: Tencent Kembali Berbenah AOV, Sebuah Ambisi Baru Atau Hanya Sekedar Formalitas?

zzzzz e1578563322683

Setelah sekian lama tidak terdengar alias menghilang tipis-tipis, akhirnya Tencent bersama TiMi Studios kembali berikan gebrakan besar pada Arena of Valor. Dengan rumor beredar yang sudah sering dibahas oleh banyak pihak bahkan media-media besar tentang kerenggangan hubungan Tencent dan Riot karena hadirnya League of Legends Mobile (Wild Rift), disebut-sebut sebagai awal mula alasan Tencent terkesan acuh tak acuh kepada Arena of Valor.

Terlepas dari rumor yang saya pribadi percayai tersebut, muncul sebuah fakta bahwa akhirnya Tencent kembali berniat berbenah dan memberikan hal yang baru lewat update-update ciamik yang akan datang, mengapa saya percaya dengan rumor Tencent dan Riot tersebut? karena media besar ternama membahas itu, dan buktinya Tencent barulah memberikan update (berbenah) setelah LOL Mobile telah resmi dikonfirmasi, dalam artian LOL Mobile telah selesai digarap, karena banyak Youtuber dan bahasan di Reddit terkait alasan Tencent tersebut, dimana banyak yang percaya bahwa Tencent akan kembali mengurusi AOV pasca urusan degan Riot dinilai sudah reda atau kelar.

Dan akhirnya munculah kepedulian Tencent dengan gebrakan yang sekali lagi berpotensi memberikan AOV nyawa kedua dalam menghadapi persaingan Moba Mobile yang tentunya akan terlihat sebentar lagi, lewat update dan pembenahan sistem yang dijanjikan seperti 6 hal dibawah.


Apa Saja yang dijanjikan Tencent?

1. Sistem Korban AFK Mendapat Keuntungan

Pic: World of Horizon

Seperti yang telah saya tulis beberapa waktu lalu, Tencent kali ini memberikan kejutan yang dinilai menjadi daya tarik tersendiri, karena korban AFK pada Ranked Match akan mendapatkan sebuah keuntungan.

Dimana jika kamu menang Ranked Match dengan anggota tidak lengkap (AFK) maka kamu dapat keuntungan dengan mendapat bintang lebih dari 1, jadi tentu saja bermain AOV akan terasa tetap menjadi semangat tersendiri biarpun menjadi korban AFK.

AFK dinilai menjadi alasan utama mengapa pemain AOV banyak yang sudah bermalas-malasan berain Ranked Match, yah biarpun hal tersebut juga tidak terlepas dari Ping dan Sinyal dari Server Indonesia sendiri yang kurang Stabil, tidak semua AFK adalah kesengajaan.


2. Tidak Hilang Bintang Jika Kalah Ranked

Salah satu gebrakan yang hadir adalah sistem satu ini, dimana bagi Player dengan Skor bagus biarpun kalah kamu akan tetap mendapatkan sebuah hak istimewa, berupa No Drop Star, jadi kamu tidak akan kehilangan bintang jika bermain tetap bagus, biarpun kalah.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam bahasan ini, memang belumlah diperjelas secara gamblang, penilaian macam apa yang dapat menentukan seorang pemain ‘Kalah’ tidak mendapat kekurangan bintangnya setelah kalah dalam sebuah Ranked Match, kita tunggu saja.

Tencent juga berupaya melindungi KDA dan riwayat WinRate seorang pemain dengan sistem satu ini.


3. Kedatangan Item Baru

Arctic Guard, sebuah Item baru yang ditujukan untuk hero-hero Support, dimana memiliki kemampuan memberikan efek Slow (Attack Speed dan Movement Speed) jika sang pemegang Item terkena damage lebih dari 10% Max HP.

Bisa dibayangkan banyak Hero (terutama Support) yang dapat bersaing dengan hero Meta saat ini, dan tentu saja Gameplay akan semakin menarik dan menantang, karena akan ada banyak pilihan Hero yang mampu bersaing dalam pemilihan Ranked atau Turnamen, dan hal yang menarik dari Moba adalah salah satunya sebuah Fleksibelitas, Kreatifitas, dijamin banyak pemain yang semakin termotivasi dalam membuat Meta dan gebrakan baru.


4. Perbaikan Sistem Find Match

Find Match akan semakin adil dimana Solo akan bertemu Solo dan Party akan bertemu Party. Jadi akan dijamin tidak ada lagi hal-hal mengecewakan dimana kamu pemain Solo akan bertemu dengan party, tentunya hal tersebut menjadi salah satu hal menyebalkan bagi Solo Player.

Namun bukan berarti hal tersebut menutup kemungkinan kamu bertemu Party (Jika Solo) ada ketentuan seperti, jika lebih dari 30 Detik tidak bertemu Solo Player sebagai kawan dan lawan barulah kamu akan dipertemukan dengan Party Player.

Tentunya akan memiliki kemungkinan kecil bagi para Solo Player bertemu dengan Party Player, karena jika kita pikir saja dengan logika tentunya lebih banyak Solo Player daripada Party Player. Solo Player akan terasa aman Ranked setelah update mendatang.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.


5. Hadirnya Auto Chess AOV


Setelah secara resmi Tencent menjalin kerjasama dengan Drodo Studios dan merealisasikan KOG (AOV China) memiliki mode Auto Chess, tentu saja Tencent akan membawah hal tersebut pada AOV.

Seperti Video diatas, kita bisa lihat bahwa hal tersebut tidak lain hanyalah ‘Mini Game’ dari AOV, layaknya Hook Wars, Footbal Fever, Valley Skirmish dan Blitz Mode.

Dengan adanya Mini Game tambahan tentunya membuat AOV semakin menarik, karena dengan 1 game saja, kita dapat memainkan banyak Mode.


6. Perbaikan Sistem Hukuman AFK

AFK atau Disconnect adalah salah satu permasalahan yang tidak ada habisnya dalam sebuah Game Online, karena ada banyak Faktor yang menyebabkan seorang pemain meninggalkan sebuah permainan. Memang menyebalkan, hanya saja terkadang hal-hal seperti Sinyal dari Internet atau Server dari Game itu sendiri yang bermasalah dapat menjadi suatu alasan seorang meninggalkan permainan.

Namun hal diatas tentunya sangat berbeda dengan orang yang memang sengaja Trolling, dengan meninggalkan permainan secara sengaja, tentunya membuat pengalaman bermain seorang menjadi tidak dapat dinikmati, karena tentunya akan membuat kamu berpikiran membanting Smartphonemu, terutama jika bertemu pemain Trolling, AFK dan Toxic.

Maka dari itu Tencent menjanjikan akan ada penindak lanjutan terkait hal ini, dimana jika kamu adalah pemain yang AFK akibat sinyal (Diidentifikasi oleh server) maka akan mendapatkan keringanan berupa tidak kehilangan Brave Point.

Namun kejamnya, TiMi juga akan memantau permainan berdasarkan tingkah pemain, bahkan jika kamu bermain menggunakan hero yang tidak sesuai Role nya, jika ada yang melapor kamu dapat berkesempatan dihukum oleh server.

Tentunya hal tersebut menjadi salah satu kekhawatiran sendiri, takutnya kita bermain dan berlatih menggunakan Draft Pick Pro Player, yang menggunakan hero-hero tidak sesuai role nya akan dikira Troling, Contoh misalkan menggunakan Ryoma atau Raz sebagai Support seperti yang dilakukan EVOS AOV, biarpun bisa dan sudah dibuktikan lewat turnamen tapi jika server menganggap hal tersebut dugaan Troling, tentunya akan membuat kita merasa tidak tenang dalam bermain, dan hal tersebut merusak Kreatifitas dan Fleksibilitas dalam bermain MOBA.

Semoga TiMi dapat membedakan Troling dan Draft Pick Kreatif, agar unsur kesenangan bermain MOBA tidak berkurang.


Sebuah Ambisi Baru Atau Sekedar Formalitas?

Jika dilihat dengan langkah berbenah yang dilakukan Tencent, AOV seolah sudah dipersiapkan bersaing dengan MOBA Mobile yang ada, Tencent seolah tidak ingin kalah, terutama pada tahun ini juga akan ada pesaing baru dalam MOBA Mobile di region Indonesia, seperti LOL Wild Rift dan Lokapala buatan anak Indonesia, ditambah lagi MOBA pendatang baru seperti Marvel Superwars juga sedang ramai menjadi perbincangan dan dimainkan.

Atau disebut Formalitas karena memang sudah tugas sebuah Developer menjaga game-gamenya tetap berjalan dan diminati, atau jika saya berpikir ‘Suudzon’ Tencent hanya melakukan Update karena sudah banyak mendapatkan protes, terutama saat terjadi banyak kasus Cheat Maphack yang berkeliaran, respon yang kurang cepat menjadi salah satu alasan Netizen marah pada saat itu, sampai akhirnya saat ini TiMi sudah mulai membenahi dan membanned para pelaku Cheat.

Mana yang kalian percayai? Tencent melakukan langkah ini sebagai Ambisi Baru agar AOV tetap dapat menjadi MOBA Mobile yang diminati, dengan tujuan meraup pasar Internasional skala besar. Atau hanya formalitas agar Tencent tidak dikira Gabut sebagai sebuah Developer?


Sampai jumpa di Ocehan-ocehan saya yang lain, Terimakasih dan jangan lupa baca juga Artikel & Berita menarik lainya seputar AOV, Game dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Exit mobile version